Doa Malam Anak Katolik, Puji Syukur dan Mohon Perlindungan

Yuk berterimakasih kepada Allah untuk segala kebaikan-Nya sepanjang hari ini!

3 Agustus 2022

Doa Malam Anak Katolik, Puji Syukur Mohon Perlindungan
crosswalk.com

Setelah beraktivitas sepanjang hari tubuh akan terasa sangat lelah. Anak-anak pastinya ingin segera berbaring di kamar atau bahkan tidur dengan nyeyak. Tapi sebelum itu selalu ingatkan mereka untuk membersihkan diri, sikat gigi, dan berdoa malam. 

Meskipun kelihatannya sederhana, berdoa malam sangatlah penting untuk si Kecil lakukan sebelum tidur. Mengapa begitu?

Dengan berdoa malam mereka memohon perlindungan Tuhan sehingga dapat tidur nyenyak tanpa diganggu oleh hal-hal yang menakutkan. 

Ketika berdoa malam, anak-anak juga dapat mengucap syukur atas perlindungan dan kebaikan Tuhan sepajang hari melalui orangtua, sanak saudara, ataupun sesama mereka. Dengan mengucap syukur, anak-anak dapat menyadari betapa besar kasih Yesus yang tercurah untuk mereka setiap harinya. 

Doa malam tidak perlu diucapkan dengan panjang dan kata-kata yang bagus. Cukup mendoakannya dengan hati penuh syukur kepada Allah. 

Jika binggung bagaimana, Popmama.com menyediakan kumpulan doa malam katolik puji syukur dan mohon perlindungan bagi anak dalam agama Katolik.  

1. Doa malam puji syukur 1

1. Doa malam puji syukur 1
Freepik/Justinboat29

Pada doa malam katolik puji syukur ini, anak-anak diajarkan untuk meminta pertolongan Roh Kudus dan malaikat di surga. Melalui pertolongan Roh Kudus, anak-anak dapat dipimpin untuk menjadi pribadi yang lebih baik sepanjang hari esok. Sedangkan malaikat bertugas melindungi mereka dari bahaya dan malapetaka. 

Dalam nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus, Amin.

Allah, Bapa di surga aku berlutut di hadapan-Mu dan bersembah sujud kepada-Mu. Aku mengucap syukur atas segala kemurahan-Mu, terlebih ats pemeliharaan-Mu pada hari yang lalu. Terimakasih pula atas bimbingan-Mu terhadap pikiran, perkataan, dan perbuatan sepanjang hari tadi.

Utuslah Roh Kudus menerang budiku, supaya aku dapat mengetahui dosa-dosaku, dan berilah aku rahmat-Mu supaya aku dapat menyelesaikannya dengan sungguh.

(Pemeriksaan batin, disusul Doa Tobat)

Bapa, utuslah malaikat-Mu selalu melindungi, menerangi, membimbing dan menghantar aku. Sucikanlah jiwaragaku, agar aku pun hidup suci seperti Maria yang dikandung tanpa noda.

Ya, Bapa berilah aku berkat-Mu, lindungilah aku terhadap segala yang jahat, dan bimbinglah aku kepada kehidupan yang kekal. (Amin.)

Dan semoga orang yang sudah meninggal, khususnya … beristirahat dalam ketentraman karena kerahiman Tuhan. (Amin.)

Dalam nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus, Amin.

Editors' Picks

2. Doa malam puji syukur 2

2. Doa malam puji syukur 2
Freepik/A3pfamily

Sepanjang hari ini berlangsung tentunya anak-anak membuat kesalahan, besar ataupun kecil. Kesalahan dan dosa ini melukai hati sesama, orang tua, bahkan Tuhan sendiri.

Itulah mengapa sebaiknya Mama perlu membiasakan si Kecil meminta ampun kepada Yesus Kristus dalam doa malam agar mereka terbebas dari dosa dan kuasa kegelapan. 

Dalam nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus, Amin.

Allah, Bapa kami yang ada di surga, pada malam hari ini, kami menghadap Engkau. Kami mengucap syukur atas penyelenggaraan-Mu pada siang hari tadi. Bapa, kami sadar bahwa kami manusia lemah. Maka berilah kami hati yang tulus dan jujur untuk melihat dan membuka kekurangan-kekurangan kami di hadapan-Mu. Berilah kami karunia tobat agar dapat meyesali semua dosa kami dengan tulus.

(Pemeriksaan batin, disusul Doa Tobat)

Bapa, kami berterimakasih karena rahmat pengampunan yang telah membebaskan kami dari kuasa kegelapan. Dalam sukacita pengampunan ini kami teringat akan semua orang yang hidupnya masih dikuasai kegelapan. Utuslah Putera-Mu ke tengah mereka sebagai terang sejati yang menghalau kegelapan; semoga mereka terbuka untuk menerima terang Putera-Mu, dan Kaumasukan ke dalam kerajaan terang.

Ya Bapa, berilah kami hati yang damai dan malam yang tenang. Apa pun yang terjadi, semoga kami percaya dan pasrah pada kebijaksanaan-Mu. Semoga esok pagi kami boleh bangun dengan tenaga dan semangat yang baru untuk memuji Engkau. (Amin.)

Dalam nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus, Amin.

3. Doa malam puji syukur (anak-anak)

3. Doa malam puji syukur (anak-anak)
Freepik/Sewcream

Berkat dan kebaikan dari Tuhan dapat anak-anak dapatkan dari siapa saja, seperti orangtua, saudara, juga orang-orang di sekitar mereka. Hal inilah yang perlu anak syukuri sebelum mereka tertidur. 

Tuhan sungguh baik hingga memberikan orang-orang ini untuk berada, menemani, menolong, membimbing anak-anak sepanjang hari hingga mereka dapat menjalankan harinya dengan luar biasa.

Dalam nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus, Amin.

Allah Bapa yang mahabaik, aku berterimakasih kepada-Mu. Engkau telah membimbing aku sepanjang hari tadi. Terimakasih karena Yesus yang telah menemani aku. Terimakasih atas Roh Kudus yang menuntun aku. Terimakasih pula karena orangtua yang selalu memperhatikan dan mendidik aku; terimakasih karena sanak saudara, dan terimakasih karena segala anugerah yang telah aku terima pada hari ini. Sekarang utuslah Roh Kudus menerangi aku, supaya aku dapat mengetahui dosa-dosaku, dan bantulah aku supaya dapat menyesalinya dengan sungguh.

(Pemeriksaan batin, disusul Doa Tobat)

Ya Bapa, lindungilah aku malam ini supaya dapat tidur nyenyak. Semoga besok pagi aku dapat bangun kembali dengan segar. Aku mohon berkat-Mu untuk orangtua dan sanak saudaraku, terutama untuk orang-orang yang sakit dan menderita.

Utuslah malaikat-Mu selalu berjaga di sampingku, melindungi aku sepanjang malam, dan membangunkan aku besok pagi.

Bapa, selamat malam. Aku serahkan jiwa-ragaku ke dalam tangan-Mu, dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami. (Amin).

Dalam nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus, Amin.

4. Doa malam mengucap syukur, mohon perlindungan dan kesembuhan

4. Doa malam mengucap syukur, mohon perlindungan kesembuhan
Freepik/Sewcream

Doa malam si Kecil akan lebih baik lagi jika mereka ikut mendaraskan doa Bapa Kami, Salam Maria, dan Kemuliaan di dalamnya, sebagaimana yang terdapat pada doa malam (syukur, mohon perlindungan dan penyembuhan).

Selain berisi permohonan perlindungan di hari esok, anak-anak juga dapat berdoa bagi kondisi pandemi virus  corona yang masih merebak hingga saat ini. Agar Tuhan berkenan selalu melindungi mereka, keluarga, dan orang-orang di dunia dari bahaya Covid-19.  

Dalam nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus, Amin.

Bapa yang penuh kasih, terimakasih atas perlindungan dan penyertaan-Mu sepanjang hari ini kepada kami sekeluarga.

Terimakasih pula atas berkat-Mu terhadap usaha dan pekerjaan kami hari ini. Semoga rejeki yang kami terima hari ini menjadi berkat bagi kami sekeluarga dan juga bagi sesama kami yang membutuhkan. Bagi mereka yang hari ini belum mendapatkan rejeki yang cukup, kiranya esok hari berkat-Mu melimpah atas mereka sehingga mereka dapat memenuhi kebutuhan hidup dengan layak.

Bapa, saat ini dunia masih dilanda pandemi virus corona. Kami memohon perlindungan-Mu untuk diri kami, untuk keluarga kami, dan untuk orang-orang yang kami sayangi agar kami semua dihindarkan dari serangan virus corona. Bungkuslah kami sekeluarga dengan darah Yesus yang kudus sehingga kami semua terlindung dari virus yang mematikan tersebut.Kami juga berdoa bagi orang-orang yang saat ini sudah terserang oleh virus corona di seluruh dunia, kiranya Engkaulah yang menolong dan menyembuhkan mereka.

Bapa kami juga berdoa untuk orang-orang yang saat ini sedang menderita sakit, baik itu sakit berat, maupun sakt ringan. Segala bentuk cidera dan segala bentuk kelemahan tubuh. Kiranya Engkau berkenan menjamah sakit penyakit mereka dan memberikan rahmat kesembuhan bagi mereka. Kami percaya oleh bilur-bilur Yesus, segala sakit penyakit mereka telah disembuhkan oleh Tuhan Yesus. Sebab Tuhan Yesuslah yang memikul segala kelemahan mereka, dan menanggung segala sakit penyakit mereka. Terimakasih Tuhan atas kebaikan-Mu yang telah menanggung segala dosa, sakit penyakit, dan kelemahan kami. Kami sungguh bersyukur memiliki Allah yang seperti Engkau.

Semoga berkat penyembuhan dan penjagaan-Mu sepanjang malam ini kami dapat beristirahat dengan tenang. Semoga besok pagi, kami dapat bangun dengan sehat dan penuh semangat, sehingga kami dapat menunaikan tugas dan tanggung jawab kami esok hari dengan baik dan lancar.

Bapa, kami panjatkan doa-doa ini, dengan pengantaraan Tuhan Kami, Yesus Kristus, Amin.

Bapa Kami…

Salam Maria…

Kemuliaan…

Dalam nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus. Amin.

5. Doa malam anak

5. Doa malam anak
teachingcatholickids.com

Melalui doa malamnya, anak-anak dapat menaikan ucapan puji syukur atas bimbingan Tuhan sepanjang hari ini, seperti yang terdapat pada doa malam anak dari Youtube. 

Bukan hanya berterimakasih, mereka juga dapat memohon perlindungan tangan Tuhan untuk aktivitas mereka di hari esok.  

Dalam nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus. Amin.

Allah Bapa yang mahabaik, aku berterimakasih kepada-Mu. Engkau telah membimbing aku sepanjang hari tadi. Terimakasih karena Yesus yang telah menemani aku, terimakasih atas Roh Kudus yang menuntun aku. Terimakasih pula karena orangtua yang selalu memperhatikan dan mendidik aku. Terimakasih karena sanak saudara, dan terimakasih karena segala anugerah yang telah aku terima sepanjang hari ini.

Sekarang utuslah Roh Kudus menerangi aku supaya aku dapat mengetahui dosa-dosaku, dan bantulah aku supaya dapat menyesalinya dengan sungguh.  

(Pemeriksaan batin, disusul Doa Tobat)

Ya Bapa, lindungilah aku malam ini supaya dapat tidur nyenyak. Semoga besok pagi aku dapat bangun kembali dengan segar. Aku mohon berkat-Mu untuk orangtua dan sanak saudaraku, teruma untuk orang-orang yang sakit dan menderita.

Utuslah malaikat-Mu selalu berjaga di sampingku, melindungi aku sepanjang malam, dan membangunkan aku esok pagi.  Bapa selamat malam, aku serahkan jiwa ragaku ke dalam tangan-Mu dengan perantaraan Kristus Tuhan kami. Amin.

Dalam nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus. Amin.

Doa malam katolik puji syukur tidak perlu dilakukan dengan sulit. Cukup menggunakan kata-kata sederhana yang mengungkapkan rasa syukur dan terimakasih mereka atas perkenanan Tuhan dalam hidup mereka. Yuk biasakan si Kecil berdoa malam dari sekarang!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk