Cerita ke Anak, Ini Hewan yang Menginspirasi Karakter Naga Dalam Film

Anak tidak asing dengan hewan Naga. Yuk asah kecerdasan dan kreativitas anak melalui dongeng!

29 Juli 2020

Cerita ke Anak, Ini Hewan Menginspirasi Karakter Naga Dalam Film
Pixabay/BlackDog1966

Anak-anak pastinya suka sekali dengan cerita dongeng. Mungkin biasanya mereka meminta Mama membacakan satu sampai dua dongeng sebelum tidur. Atau mungkin menonton cerita-cerita tersebut di waktu senggang. 

Cerita dongeng memang seolah tidak pernah membosankan. Cerita tersebut selalu dapat mengasah imajinasi dan fantasi si Kecil.

Ada saja hal yang membuat anak terkesima, seperti hewan-hewan yang mampu berbicara, sihir, peri, bahkan kisah yang sangat imajinatif.

Naga merupakan salah satu mahluk dalam dongeng yang paling menarik. Mahluk satu ini juga digemari dan disukai si Kecil.

Di balik semua itu, tersimpan banyak misteri di balik naga. Seperti mengapa ia bisa muncul di berbagai budaya, dan hewan apa yang menginspirasinya. 

Popmama.com akan memberikan si Kecil jawaban atas rasa penasarannya. Yuk cari tahu 5 hewan yang menjadi inspirasi naga pada artikel ini! 

1. Sosok Naga dalam Kisah-Kisah Berbagai Budaya

1. Sosok Naga dalam Kisah-Kisah Berbagai Budaya
Freepik

Ada banyak sekali wujud naga yang berbeda-beda di setiap budaya. Mungkin ini membuat si Kecil bertanya-tanya, hewan apa yang sebenarnya yang menjadi inspirasi munculnya naga. 

Jika melihat naga dalam kisah atau cerita dongeng Eropa anak mama akan melihat sosok naga besar dan bersayap. Tapi bagaimana dengan naga dalam cerita wayang Nagagini yang wujudnya menyerupai ular naga? Atau mungkin naga dalam cerita rakyat Tionghoa dan perayaan Tahun Baru Imlek?

Sosok naga yang ditampilkan berbeda-beda setiap budayanya merupakan pengaruh dari perkembangan manusia yang beragam. Ini juga dapat dipengaruhi dari beragam jenis mahluk hidup menyerupai naga di sana. Bisa jadi naga diambil dari bentuk ular, buaya, atau bahkan kadal raksasa. 

2. Naga yang terinspirasi dari dinosaurus

2. Naga terinspirasi dari dinosaurus
Freepik/macrovector

Sama-sama memiliki penampilan yang menyeramkan, sejenis reptil, dan besar. Itulah beberapa alasan sederhana yang membuat hewan purba ini dipercaya sebagai sumber inspirasi dari naga. Ini terjadi saat penemuan fosil dinosurus yang besar dan berleher panjang.

Ada kemungkinan orang-orang yang menemukan fosil tersebut menciptakan cerita tentang naga. Terutama ketika penemuan dinosaurus Qijianglong di China. Kejadian ini sendiri terjadi sejak abad ke-4, dan sejak saat itu telah banyak yang mempelajari fosil dinosaurus. Ada kemungkinan itulah penyebab munculnya naga di sana.

Editors' Picks

3. Naga yang terinspirasi dari ular

3. Naga terinspirasi dari ular
Pixabay/SeppH

Naga merupakan mahluk dari dongeng dengan perawakan seperti reptil. Jika membayangkan mengenai reptil yang berbahaya seperti naga, mungkin pikiran kita akan tertuju pada ular. 

Ular sangan mirip dengan beberapa naga dari dongeng negara-negara di Asia. Berbeda dengan naga Eropa yang memiliki perawakan seperti monster besar lengkap dengan kaki, tangan, dan sayap. Naga di Asia ditampilkan menyerupai ular. Mereka memiliki tubuh yang panjang dan mampu meliuk-liuk layaknya ular. 

Lihat saja naga budaya rakyat China, atau mungkin dari negara Jepang. Bahkan dalam cerita mitologi Mesir kuno, terdapat naga berbentuk ular yang merupakan dewa kekacauan. Mereka semua digambarkan memiliki bentuk panjang seperti ular. .

Bentuk naga yang seperti ular ini menyimpan penjelasannya sendiri lho. Menurut ahli antologi, David E. Jones, naga digambarkan menyerupai seperti itu merupakan bentuk rasa takut manusia akan ular. 

4. Naga terinspirasi dari komodo

4. Naga terinspirasi dari komodo
britannica.com

Siapa yang tidak kenal dengan hewan asli indonesia ini? Hewan dengan nama komodo dragon ini berasal dari Pulau Komodo di Nusa Tenggara Timur. 

Sesuai dengan namanya, hewan ini sangat mungkin jadi inspirasi mahluk fiktif naga. Bagaimana tidak, komodo merupakan spesies kadal terbesar di dunia, dengan panjang mencapai 3,13 meter dan berat sebesar 166 kilogram.

Tidak berhenti sampai di situ, komodo juga memiliki liur beracun yang dapat melumpuhkan mahluk hidup apa saja. Ditambahdengan kemampuan berlari secepat 20 km per jam dan kemampuan berenang yang baik. Ini membuat mereka menjadi hewan yang menakutkan seperti sosok naga. 

5. Naga yang terinspirasi dari buaya

5. Naga yang terinspirasi dari buaya
Freepik

Selain ular dan komodo, ada pendapat lain yang mengatakan kalau naga terinspirasi dari salah satu hewan reptil yang ganas. Tidak lain dan tidak bukan, itu adalah buaya. 

Buaya yang dimaksud di sini merupakan buaya Sungai Nil. Mengapa buaya Sungai Nil?

Alasannya mudah, buaya yang berasal dari Afrika ini merupakan salah satu jenis buaya terbesar.

Ini sangat cocok dengan sosok naga yang besar dan juga ganas. Buaya ini bahkan dipercaya sebagai mahluk yang menginspirasi legenda naga di Eropa. 

Pada zaman dahulu, buaya ini senang menjelajahi wilayah yang lebihluas. Dipercaya bahwa buaya ini telah berenang sampai perairan Mediterania, contohnya Italia, Spanyol, juga Yunani. 

Bukan hanya kemampuan berenang, buaya ini juga memiliki kemampuan mengangkat tubuhnya, ini biasa dikenal dengan sebutan high walk. Karena kemampuan inilah kemungkinan alasan mengapa naga digambarkan sebagai reptil. 

6. Naga terinspirasi dari kadal terbang

6. Naga terinspirasi dari kadal terbang
earthtouchnews.com

Ada banyak yang beranggapan kalau naga berasal dari mahluk yang bisa terbang. Dan itu bukanlah burung ataupun serangga, lalu apa? Nah hewan yang satu ini jawabannya. 

Kadal dengan nama ilmiah Draco sp. merupakan reptil yang dapat terbang meluncur. Ini merupakan bentuk adaptasi yang sesuai dengan habitat hidup mereka pada hutan di Asia Tenggara. 

Kadal terbang memiliki sayap seperti pesawat dengan penyangga dari selaput yang membentang. Dilengkapi dengan ekor ramping sebagai kemudi. Ini memungkinkan mereka meluncur sejauh 8 meter ketika mereka melompat di antara pohon. 

Kadal ini juga memiliki otot-otot khusus, membuat mereka menjadi "naga" yang mampu melebarkan sayap mereka sesuka hati, atau melipatnya kembali ketika tidak digunakan.

Itu dia 6 hewan yang mungkin jadi inspirasi mahluk naga dalam dongen. Bagaimana menurut anak mama? Kira-kira hewan apa yang paling menyerupai naga?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.