7 Obat Alami yang Dapat Membantu Meredakan Maag pada Anak

Mama dapat mengatasi maag si Kecil dengan pilihan obat alami berikut.

19 Oktober 2020

7 Obat Alami Dapat Membantu Meredakan Maag Anak
theconversation.com

Penyakit maag merupakan penyakit yang umum terjadi pada orangtua, maupun pada anak-anak. Maag dapat terjadi akibat infeksi bakteri, konsumsi jenis makanan tertentu, juga pola makan yang buruk. 

Maag sendiri sebenarnya bukan tergolong sebagai penyakit yang berbahaya jika diatasi. Ketika anak-anak berpikiran tenang dan mampu menjaga pola makanannya, maag dapat sembuh dengan sendirinya. 

Namun tidak ada salahnya jika Mama berniat mengobati maag si Kecil.

Apalagi jika obat yang kamu gunakan merupakan obat dari makanan-makanan alami yang menyehatkan dan tidak memberikan efek samping. 

Kira-kira makanan apa saja ya yang dapat dijadikan obat alami maag pada si kecil? Mama penasaran?

Ikuti pembahasan Popmama.com mengenai 7 obat alami yang dapat berkhasiat mengatasi maag si Kecil.  

Simak ya Ma, pilihan obat maag alami untuk anak berikut ini.

1. Kunyit

1. Kunyit
Selfhacked.com

Kunyit merupakan salah satu obat tradisional dengan beragam manfaat, dan salah satunya ialah membantu meredakan gangguan pada lambung. 

Dalam kunyit terdapat kandungan curcumin yang dapat membantu meredakan rasa sakit dan perih akibat maag. Selain itu, ada juga kandungan polifenol senyawa antioksidan yang bersifat antiperadangan dan membantu meredakan peradangan pada perut. 

Anak-anak sebaiknya mengonsumsi kunyit dengan cara diseduh. Oh ya, selain kunyit, jahe juga dapat membantu mengatasi maag.

2. Air Kelapa

2. Air Kelapa
Parentinghealthybabies.com

Tahukah kamu jika air kelapa juga dapat dimanfaatkan untuk menyembuhkan penyakit maag? Ternyata memang benar begitu, air kelapa bahkan minyaknya dapat membantu menyembuhkan maag si Kecil.

Melansir dari medium.com, air kelapa sangatlah baik untuk mereka yang maag. Faktanya, pada kelapa terdapat sejumlah antibakteri yang dapat membantu mencegah bakteri penyebab maag, yaitu Helicobacter pylori. Lebih dari itu, air kelapa juga memiliki sifat anti maag.

Selain bermanfaat, air kelapa juga sangatlah segar dan enak. Si Kecil pastinya suka minuman menyehatkan satu ini.

Editors' Picks

3. Kacang hijau

3. Kacang hijau
Pixabay/PDPics

Obat maag alami berikutnya yang dapat Mama pilih ialah kacang hijau. 

Ketika dikonsumsi, kacang hijau bekerja menebalkan lapisan lambung, sehingga membuat rasa nyeri akibat maag berkurang. Tidak hanya itu, obat alami ini juga berperan menetralkan kadar asam lambung yang berlebih.

Kacang hijau sendiri memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Serat tersebut dapat mengurangi perut kembung yang diakibatkan oleh maag.  

Menyajikan kacang hijau tidaklah sulit, Ma. Kamu dapat mengolahnya menjadi berbagai makanan yang lezat semisal bubur kacang hijau.

4. Lidah Buaya

4. Lidah Buaya
Freepik

Lidah buaya merupakan tanaman yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Ia dikenal sebagai obat alami perawatan kulit wajah dan tubuh. 

Lidah buaya juga dapat meredakan iritasi di lambung dan pembengkakan lapisan lambung akibat maag. Tanaman ini juga dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab maag. 

Mama dapat menjadikan lidah buaya menjadi minuman berkhasiat untuk menyembuhkan sakit maag si Kecil. Caranya campurkan 2 sendok teh gel lidah buaya segar dengan satu gelas air putih, lalu biarkan si Kecil meminumnya. Obat dari lidah buaya dapat anak mama minum 1-2 gelas setiap harinya.

5. Teh hijau

5. Teh hijau
Freepik

Selain digunakan sebagai minuman menghangatkan, teh hijau juga menjadi minuman kesehatan dengan berbagai manfaat. 

Teh hijau dikenal kaya akan kandungan antioksidan yang melimpah. Antioksidan dalam teh hijau bermanfaat untuk melindungi lapisan lambung dan mengurangi gejala maag, seperti mual. 

Mama dapat memberikan si Kecil minuman menyehatkan ini. Tambahkan juga madu agar semakin berkhasiat bagi tubuh, rasa manisnya pasti membuat anak-anak mau meminum teh hijau. 

6. Akar manis

6. Akar manis
healthline.com

Akar manis atau dikenal dengan istilah licorice seringkali menjadi dijadikan obat alami. Licorice berkhasiat dalam mengobati gangguan lambung.

Ketika dikonsumsi, akar manis dapat melapisi dinding lambung juga menahan asam lambung agar tidak naik ke kerongkongan. Secara efektif hal tersebut dapat meredakan gejala sakit maag dan radang lambung.

Akar manis tidak hanya bermanfaat bagi maag saja, obat alami ini juga dapat dapat mengatasi berbagai penyakit seperti; mengatasi sembelit, meningkat kualitas tidur, juga meningkatkan kebugaran tubuh.

7. Makanan yang mengandung flavonoid

7. Makanan mengandung flavonoid
Pixabay/Pexels

Flavonoid merupakan senyawa bioaktif yang banyak ditemukan pada makanan yang berasal dari tumbuhan. Flavonoid sendiri merupakan kandungan yang dikenal kaya akan antioksidan dan sangat bermanfaat bagi tubuh.   

Beberapa manfaat dari flavonoid sendiri ialah dapat memperbaiki sel yang rusak akibat radikal bebas, risiko kanker, hipertensi, dan diabetes. Flavonid ini mampu membuat tubuh kebal menghadapi bakteri yang menyebabkan maag. 

Menemukan makanan yang kaya akan kandungan flavonoid tidaklah sulit, ada beragam buah dan sayuran yang tinggi flavonoid. Beberapa diantaranya ialah, apel, brokoli, tomat, beri-beri, juga teh. 

Obat alami ini sangatlah aman dan berkhasiat. Mama dapat mencoba menggunakan beberapa ketika si Kecil sakit maag.

Itulah obat alami untuk mengobati maag pada anak. Semoga bermanfaat ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.