12 Profesi Seru yang Perlu Dikenalkan pada Anak

Bagun masa depan dan keberhasilan si Kecil sejak dini

18 September 2020

12 Profesi Seru Perlu Dikenalkan Anak
wonderopolis.org

Ketika beranjak dewasa nanti, anak-anak akan dihadapkan dengan luasnya pilihan hidup, terutama masalah pekerjaan. Ada begitu banyak karier yang dapat dipilih dan semuanya membutuhkan penguasaan bidang yang berbeda-beda. 

Mungkin selama ini orangtua hanya memberi informasi mengenai pekerjaan yang umum, sebut saja guru, dokter, pilot, dan pemadam kebakaran. Nyatanya, saat ini dunia pekerjaan terbuka luas di berbagai macam bidang, dan semuanya sama-sama bermanfaat bagi masyarakat.

Sedari dini, kenalkan si Kecil dengan berbagai pilihan pekerjaan menarik baginya. Selain menambah pengetahuannya, ini juga dapat menjadi langkah pertama baginya dalam menentukan cita-cita dan tujuan hidup kedepannya. 

Yuk berkenalan dengan 12 profesi seru yang perlu diketahui si Kecil bersama Popmama.com! Temukan apa cita-cita anak mama di masa mendatang, berikan juga dukungan dan bimbingan bagi si Kecil dalam meraih mimpi.

1. Dokter gigi

1. Dokter gigi
Freepik/mdjaff

Ada banyak pilihan karier bagi mereka yang bercita-cita ingin menjadi seorang dokter. Tidak hanya dokter umum, tetapi doter gigi dapat menjadi pilihan lainnya. 

Dokter gigi bekerja melakukan perawatan dan pemeriksaan berkaitan gigi, seperti mencabut gigi, memasang kawat gigi, juga masalah pembersihan karang atau kotoran yang menempel pada gigi. 

Ada banyak sekali yang bekerja sebagai seorang dokter gigi. Mereka dapat membuka tempat praktik sendiri, ataupun bekerja di rumah sakit yang besar. 

2. Pengacara

2. Pengacara
legalcheek.com

Jika anak mama punya kemampuan berbicara yang membuatnya terhindar dari hukuman, dapat dipastikan ia akan menjadi seorang pengacara hebat. 

Kebanyakan pengacara bekerja kantor hukum swasta atau perusahaan, namun beberapa juga ada yang bekerja untuk pemerintah. Terdapat beberapa jenis pengacara, mulai dari pengacara pidana dan pembela hingga pengacara lingkungan.

Kebanyakan pengacara memiliki jam kerja yang cukup panjang, namun itu sepadan dengan apa yang mereka dapatkan. 

3. Psikolog anak

3. Psikolog anak
s-i.huffpost.com

Psikolog anak merupakan pekerjaan mulia yang dibutuhkan di era modern ini. Alasannya sederhana, karena banyaknya penyimpangan yang terjadi di masyarakat, khususnya dalam membesarkan dan mendidik anak-anak.

Untuk menjadi seorang psikolog, si Kecil perlu memiliki kemampuan berkomunikasi dan mendengar yang baik. Ia juga perlu memiliki kesabaran ketika berhadapan dengan paseinnya. 

Menjadi seorang psikolog anak berarti si Kecil ikut ambil bagian dalam menjaga pertumbuhan generasi muda bangsa ini.   

4. Atlet

4. Atlet
caterina

Ada banyak anak-anak yang bercita-cita menjadi atlet profesional ketika beranjak dewasa nanti, apalagi jika mereka menyukai olahraga. Mereka akan memainkan olahraga kesukaan mereka dan dibayar untuk itu.

Menjadi atlet profesional memerlukan banyak latihan dan perjuangan. Mereka biasa mengikuti latihan berjam-jam setiap harinya, juga menjaga keseimbangan gizi yang diperlukan dalam tubuh. Meskipun berat, kerja keras mereka akan terbayar sudah ketika sukses nanti.

Ada beberapa contoh atlet Indonesia yang dikenal karena permainannya, sebut saja Jonatan Christie di dunia badminton, dan Bambang Pamungkas di dunia sepakbola.

5. Penulis

5. Penulis
habyts.com

Kamu pastinya tidak asing dengan nama J. K. Rowling ataupun Andrea Hirata. Mereka berdua merupakan para penulis yang karyanya amat diminati masyarakat luas. 

Jika si Kecil suka bercerita atau membuat karya tulisan, mengapa ia tidak menjadi penulis? Seorang penulis tidak bekerja secara terikat, ini memberikan mereka keleluasaan dalam mengolah daya imajinasi dan kreatifitas. 

Tidak hanya terbatas menjadi penulis novel, anak mama juga dapat menjadi penulis di blog, penulis berita, penulis naskah film, juga menulis buku motivasi yang bermanfaat.  

Editors' Picks

6. Penyanyi atau pemain musik

6. Penyanyi atau pemain musik
Pixabay/khamkhor

Coba perhatikan tingkah laku si Kecil ketika ia bertemu dengan irama lagu. Jika ia senang mengikuti musik yang ia dengar, atau bahkan ikut bernyanyi, ada kemungkinan ia memiliki bakat sebagai seorang pemusik. 

Berkarier di dunia musik tidaklah buruk. Apalagi saat ini musik seolah menjadi hiburan yang tidak bisa ditinggalkan. Ketika berada di acara-acara besar, di tempat makan, ataupub di tempat berbelanja, selalu saja terdengar alunan musik diputar di sana. 

Ada banyak lho contoh pemusik dalam negara yang meraih kesuksesan. Contohnya saja seperti Agnes Monica yang berhasil berkarya di ranah musik dunia.  

7. Ilmuan

7. Ilmuan
todaysparent.com

Beragam eskperimen dalam dunia sains selalu berhasil menarik rasa perhatian si Kecil. Tidak heran, mengapa menjadi ilmuan merupakan salah satu impian kebanyakan anak.  

Bekerja di bidang sains ini ternyata menarik dan menyenangkan. Seorang ilmuan akan melakukan berbagai macam penelitian dan perkembangan terhadap hal yang berguna bagi umat manusia. Tidak hanya itu, si Kecil pun akan memiliki segudang ilmu dan pengeahuan yang akan ia dapatkan dari penelitiannya. 

Tidak perlu melirik ilmuan dunia seperti Thomas Alva Edison, Indonesia juga punya kok beberapa ilmuan yang luar biasa. Contohnya seperti Prof. Josaphat T. S. Sumantyo, penemu radar 3 dimensi juga Dr. Eniya Listiani Dewi, penemu membran sel bahan bakar menggunakan unsur Vanadium.

8. Doktor hewan

8. Doktor hewan
carpetgurus.com

Apakah si Kecil merupakan penyayang hewan? Kalau ia ada satu karier yang bagus untuknya, yaitu dokter hewan. 

Menjadi dokter tidak harus selalu berurusan dengan manusia, ada para dokter hewan yang pekerjaannya merawat binatang dan mengobati penyakitnya. Beberapa dokter hewan bekerja di klinik, namun ada juga yang bekerja ke peternakan, laboratorium, juga kebun binatang. 

Jangan meremehkan pekerjaan yang satu ini, sebab para dokter hewan juga dapat memiliki penghasilan yang lumayan besar.

9. Desainer grafis

9. Desainer grafis
Freepik

Anak mama suka menggambar? Luar biasa, itu berarti ada banyak peluang pekerjaan untuknya. Keahliannya di bidang seni tidak hanya membuka jalannya menjadi seorang arsitek, tetapi juga designer grafis. 

Di dunia dengan perkembangan komunikasi yang pesat seperti sekarang dibutuhkan para desainer dengan kemampuan menyampaikan pesan yang baik.  Para desainer grafis akan bekerja sebagai pembuat iklan di media, poster, dan platform lainnya.

Bahkan ada banyak desainer grafis Indonesia yang telah berhasil membanggakan bangsa dengan bekerja di dunia internasional. Ada Rini Sugianto, seorang desainer animasi dan visual efek yang telah menggarap berbagai proyek film ternama seperti The Avengers, The Hobbit: An Unexpected Journey, Ironman 2, dan The Hunger Games. 

Ada juga Bayu “Bayo Gale” Santoso, yang berhasil memenangkan kompetisi mendesain logo album V miliki band internasional Maroon 5.

10. Aktor

10. Aktor
workingmomsagainstguilt.com

Ketika melihat aktor kesayangannya tampil di layar kaca, apakah si Kecil pernah bermimpi untuk menjadi seorang aktor terkenal seperti tokoh idolanya? Jika ia, Mama dapat mendukungnya untuk mengejar mimpi besarnya itu.

Seorang aktor memiliki jenjang karier yang cukup luas. Mereka dapat bekerja di acara televisi, film, teater, atau bahkan tampil di berbagai iklan. Apalagi didukung dengan dunia hiburan yang terus menerus berkembang pesat.

Beberapa contoh aktor Indonesia yang berhasil sukses diantaranya ialah, Reza Rahadian, Chelsea Olivia, dan Ario Bayu. Ada juga loh para aktor Indonesia yang berhasil bermain di film internasional, seperti Joe Taslim, dan Iko Uwais. Wow!

11. Pengusaha

11. Pengusaha
Freepik/User11472009

Pengusaha merupakan karier yang digandrungi oleh banyak orang. Pekerjaan ini membutuhkan kemampuan memimpin yang baik, serta merancang dan membangun usaha dalam jangka panjang. 

Tidak ada batasan ketika menjadi pengusaha. Si Kecil dapat bekerja di bidang apapun yang ia mau. Seorang pengusaha juga tidak dibatasi oleh aturan yang ditetapkan orang lain. 

Seorang pengusaha memiliki peluang lebih besar untuk meraih kesuksesan. Lihat saja pengusaha sukses Indonesia seperti Rachel Vannya, William Tanuwijaya, dan Chairul Tanjung. 

12. Content creator dan Youtuber

12. Content creator Youtuber
Freepik

Perlu kita akui bahwa terdapat banyak pekerjaan yang dapat kamu temukan hanya dengan berbekal kemampuan membuat konten menarik dan media massa. Diantaranya ialah content creator dan youtuber. 

Kedua istilah ini mulai sering kita dengar terutama setelah banyaknya muncul pembuat konten Youtube yang berhasil meraih kesukesannya. Menjadikan pekerjaan ini sebagai salah satu profesi pekerjaan yang menjanjikan. Terutama jika anak mama merupakan seorang pribadi yang kreatif, terbuka, dan pandai berkomunikasi. 

Siapa yang tidak kenal dengan content creator seperti Jess No Limit, Deddy Corbuzier dan Atta Halilintar? Mereka merupakan beberapa contoh youtuber yang berhasil menuai kesuksesan. 

Itu dia 12 pekerjaan yang perlu anak mama ketahui. Kira-kira pekerjaan mana ih yang menjadi impian anak mama? Tulis di kolom komentar yah!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.