7 Rekomendasi TK di Jakarta Pusat yang Bisa Jadi Pilihan Nih, Ma

TK merupakan jenjang pendidikan penting bagi anak usia dini

10 November 2020

7 Rekomendasi TK Jakarta Pusat Bisa Jadi Pilihan Nih, Ma
Unsplash/Gautam Arora

Tumbuh kembang anak-anak di usia 4–5 menjadi masa yang penting dan perlu perhatian khusus. Hal ini karena anak biasanya telah aktif dalam bereksplorasi.  

Salah satu bentuk dukungan orangtua pada masa ini, yaitu dengan menyekolahkan anak di Taman Kanak-Kanak. TK merupakan jenjang pendidikan pertama bagi anak-anak yang bertujuan untuk mengenalkan mereka pada dunia luar rumah. 

Selain itu, pendidikan TK juga akan membantu perkembangan struktur otak anak menjadi lebih baik, mengasah kemampuan membaca, menulis, berhitung, dan meningkatkan kemampuan emosional maupun sosial. Anak pun akan lebih siap menghadapi jenjang pendidikan berikutnya. 

Saat ini, ada banyak pilihan TK bagus yang dapat orangtua pilih untuk si Kecil. Terutama di kota besar, seperti wilayah Jakarta Pusat. 

Berikut Popmama.com berikan beberapa rekomendasi TK di Jakarta Pusat. Barangkali dapat membantu Mama dan Papa dalam memilih pendidikan anak. 

1. TK Babussalam

1. TK Babussalam
http://Instagram.com/tk_babussalam

TK Babussalam merupakan salah satu lembaga pendidikan anak-anak yang berlokasi di Jakarta Pusat. Tepatnya beralamat di Jl. Kembang Raya No.24, RT.9/RW.2, Kwitang, Senen, Kota Jakarta Pusat. 

TK ini menghadirkan konsep bermain sambil belajar. Dengan beberapa sentra atau pembelajaran yang berpusat pada 1 area saja.

Misalnya, sentra bahan alam untuk meningkatkan rasa cinta anak terhadap alam, sentra seni sebagai wadah anak untuk mengembangkan minat, bakat, atau keterampilannya, dan sentra persiapan agar anak siap memasuki jenjang pendidikan lanjutan, yaitu sekolah dasar. 

Apabila Mama dan Papa berminat menyekolahkan anak di TK Babussalam, dapat langsung datang ke lokasi yang tertera di atas atau menghubungi 081 382 863 510. 

2. TK Negeri Besuki

2. TK Negeri Besuki
Instagram.com/mega_harles

TK N Besuki merupakan taman kanak-kanak yang telah terakreditasi A sebagai lembaga pendidikan. Melaksanakan kegiatan pengajaran menggunakan kurikulum 2013 sesuai anjuran pemerintah. 

Didukung fasilitas pendidikan yang cukup sehingga menghasilkan peserta didik berakhlak mulia, disiplin, percaya diri, dan mandiri. Dengan suasana belajar aktif, kreatif, inovatif, dan menyenangkan untuk anak-anak. 

Bagi Mama dan Papa yang berdomisili di Jakarta Pusat dan berminat untuk memilih TK N Besuki, dapat mencari informasi lanjutan ke Jl. Besuki No. 4, Menteng, Kota Jakarta Pusat atau menghubungi nomor (021) 3148 756.

Editors' Picks

3. TK Cempaka

3. TK Cempaka
Google Street View/Gb Jkt

TK Cempaka merupakan lembaga pendidikan usia dini yang memberikan pengajaran untuk mempersiapkan anak-anak ke jenjang pendidikan berikutnya.

Peserta didik TK Cempaka akan diberikan cara belajar yang menyenangkan sesuai dengan usia anak. Dengan menggunakan permainan sebagai model pembelajarannya. 

Mama dan Papa yang tertarik menyekolahkan TK Cempaka dapat datang langsung ke lokasi di Jl. Suwiryo No.16, RT.3/RW.2, Gondangdia, Kecamatan Menteng, Kota Jakarta Pusat atau menghubungi nomor (021) 3140 805.

4. TK Islam Cikal Harapan I

4. TK Islam Cikal Harapan I
Google Street View/path rizk

TK Islam Cikal Harapan I merupakan lembaga pendidikan bagian dari Yayasan Permata Sari. Taman kanak-kanak ini telah terbukti bagus untuk menunjang pendidikan anak usia dini. 

Terlebih, yayasan yang menaungi TK Islam Cikal Harapan I telah memiliki banyak cabang. Jadi, tidak hanya di wilayah Jakarta Pusat saja dan memiliki lembaga pendidikan lain, setingkat SD, SMP, hingga SMA. 

Sekolah yang beralamat di Jl. Percetakan Negara XI No.18, RT.9/RW.4, Rawasari, Kecamatan Cempaka Putih, Kota Jakarta Pusat ini menyelenggarakan pendidikan usia toddlers, kelompok bermain, dan taman kanak-kanak. 

Dengan konsep belajar dan bermain sebagai sistem pengajarannya. Jadi, anak pun dapat tetap aktif sekaligus nyaman dalam belajar. 

Jika Mama dan Papa berminat memilih TK Islam Cikal Harapan I untuk pendidikan si Kecil, dapat mendatangi lokasi yang tertera di atas atau menghubungi nomor (021) 4246 090.

5. TK Islam Istiqlal

5. TK Islam Istiqlal
Instagram.com/madrasahistiqlaljakarta

TK Islam Istiqlal dapat menjadi pilihan para orangtua yang berdomisili di Jakarta Pusat untuk pendidikan anak. Taman kanak-kanak ini telah cukup dikenal sebagai sekolah terbaik. 

Menariknya, TK Islam Istiqlal menggunakan metode belajar melalui bermain yang terintregasi dengan nilai-nilai kehidupan beragama. Dengan menggunakan beberapa model sentra seperti pada TK pada umumnya. 

Model sentra yang digunakan sebagai cara belajar pada TK ini, yaitu sentra ibadah, sentra bahan alam, sentra main peran makro, sentra peran mikro, sentra balok, sentra persiapan, sentra seni dan kreatifitas, sentra olah tubuh, sentra memasak, dan sentra musik. 

Mama dan Papa dapat mendatangi lokasi TK langsung di Jl. Istiqlal 82, RT.5/RW.2, Gambir, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat atau menghubungi nomor (021) 3459 525 untuk informasi lanjutan. 

6. TK Perguruan Cikini

6. TK Perguruan Cikini
Instagram.com/tkpercik

TK Perguruan Cikini berada di Jl. Cikini Raya No.74-76, RT.14/RW.5, Cikini, Kecamatan Menteng, Kota Jakarta Pusat. Merupakan lembaga pendidikan untuk anak usia dini yang menyelenggarakan pembelajaran dengan konsep bermain. 

Cara belajar dengan bermain ini akan memberikan kesempatan bagi anak untuk bereksplorasi, menemukan, mengekspresikan perasaan, berkreasi dan belajar secara menyenangkan. 

Kegiatan bermain juga dapat membantu anak mengenal tentang diri sendiri, dengan siapa anak hidup, serta lingkungan dimana anak hidup.

Selain itu, cara belajar melalui permainan dapat mengasah bakat atau minat anak-anak sehingga lebih siap menghadapi pendidikan lanjutan. 

Mama dan Papa bisa datang langsung ke alamat yang tertulis di atas atau menghubungi nomor (021) 3102 287 untuk mengetahui informasi pendaftaran, biaya, dan lainnya. 

7. TK Mini Pak Kasur

7. TK Mini Pak Kasur
Instagram.com/tkminipakkasurcikini

TK Mini Pak Kasur merupakan lembaga pendidikan anak usia dini yang berada di bawah Yayasan Setia Balita. Sesuai namanya, sekolah ini merupakan bentuk kontribusi Pak Kasur dan Bu Kasur sebagai seniman di bidang pendidikan. 

Terbukti sejak didirikan pada tahun 1965, TK Mini telah menghasilkan lulusan-lulusan terbaik. Mulai dari mantan presiden Megawati Soekarnoputri, Guruh Soekarnoputra, Hayono Isman, dan Ateng.  

Hingga kini, TK Mini Pak Kasur telah dipercaya banyak orang sebagai tempat menuntut ilmu. Salah satu cabang TK Mini berada di wilayah Jakarta Pusat. Tepatnya di Jl. Cikini V No.2, RT.12/RW.5, Cikini, Kecamatan Menteng, Kota Jakarta Pusat. 

Taman kanak-kanak ini menyelenggarakan pendidikan dengan kurikulum atau metode Pak Kasur. Peserta didik pun dapat mencapai tumbuh kembang optimal dan lebih siap menghadapi pendidikan lanjutan. 

Bagi Mama dan Papa yang tertarik, dapat datang langsung ke lokasi tertera di atas atau menghubungi nomor (021) 3193 8179.

Itulah 7 rekomendasi TK di wilayah Jakarta Pusat yang bisa dijadikan pilihan untuk pendidikan si Kecil. Semoga informasi ini dapat bermanfaat ya, Ma. 

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.