TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

5 Macam Tipe Perilaku Kakek dan Nenek Terhadap Cucunya

Lakukanlah kunjungan rutin untuk anak bertemu kakek neneknya

16 Juli 2021

5 Macam Tipe Perilaku Kakek Nenek Terhadap Cucunya
parent4success.com

Kehadiran cucu di dalam sebuah keluarga tentu menjadi anugerah dan kebahagiaan yang tak ternilai harganya bagi kakek nenek.

Setelah si Kecil lahir, ada sebagian besar orangtua merasa jauh lebih aman mempercayakan perawatan dan pengasuhan anak di tangan kakek neneknya.

Sementara anak yang diasuh oleh kakek neneknya akan mendapatkan stabilitas, keamanan, kebijaksanaan, dan kesenangan tersendiri. Hal itu dikarenakan para kakek nenek sudah dipastikan memberikan yang terbaik untuk cucunya.

Namun pada kenyataannya setiap perilaku kakek nenek kepada cucunya berbeda-beda.

Sebaiknya ketahui 5 macam tipe perilaku kakek nenek terhadap cucunya yang sudah dirangkum oleh Popmama.com. Ulasannya sebagai berikut.

1. Distant figure hanya memainkan peran kecil

1. Distant figure ha memainkan peran kecil
Freepik/prostooleh

Tipe perilaku kakek nenek terhadap cucunya yang pertama adalah distant figure. Ya, pada tipe ini jarak menjadi faktor utama pemisah antara kakek nenek dan sang cucu. Biasanya mereka hanya berjumpa cucu saat liburan atau acara tertentu saja.

Our Everyday Life.com mengungkapkan, bahwa kehilangan figure penting dalam kehidupan seorang anak dapat memengaruhinya dan termasuk langkah kakek nenek. Sementara jika seorang anak dekat dengan kakek neneknya, yakni dapat membantu mengurangi dampak emosional negatif.

Pada tipe distant figure yang hanya memainkan peran kecil dalam kehidupan cucu mereka, seharusnya kakek nenek tetap berusaha untuk terlibat dan dekat dengan cucunya.

Editors' Picks

2. Formal grandparent tidak ingin terlalu ikut campur

2. Formal grandparent tidak ingin terlalu ikut campur
Freepik

Tipe perilaku kakek nenek terhadap cucunya yang kedua yaitu formal grand parent. Di sini kakek nenek memberikan dukungan latar belakang dan memainkan peran dalam kehidupan sang cucu yang tidak banyak terlibat.

Di mana mereka menyayangi cucunya, namun tidak ingin terlalu ikut campur dalam urusan keluarga anaknya.

Dilansir dari laman Psychology Today.com, tipe formal grandparent merupakan kakek nenek hanya mengikuti apa yang diyakini sebagai pedoman mereka dan selalu mendukung peraturan yang diterapkan oleh orangtua dari cucunya.

3. Fun seeker hanya memikirkan kesenangan sang cucu

3. Fun seeker ha memikirkan kesenangan sang cucu
Freepik/tirachardz

Tipe perilaku kakek nenek terhadap cucunya yang selanjutnya ada fun seeker.

Di sini peran kakek nenek hanya memikirkan kesenangan dan kebahagiaan sang cucu. Mereka suka membawa cucunya keluar untuk bermain dan menghibur.

Ya, pada intinya tipe fun seeker menekankan aspek waktu luang dan menyediakan hiburan untuk cucu tersayang.

Menurut Oversixty.com.au, anak-anak cukup beruntung memiliki kakek nenek. Mereka tahu betapa berpengaruh dan pentingnya hubungan antara kakek dan neneknya. Di mana kakek nenek memainkan banyak peran dalam kehidupannya.

4. Reservoir of family wisdom banyak memberikan dukungan

4. Reservoir of family wisdom banyak memberikan dukungan
Freepik/katemangostar

Sebagian kakek nenek ada yang memiliki tipe reservoir of family wisdom. Kakek nenek pada tipe ini berperan sebagai pemegang kewenangan dan masukan untuk seluruh anggota keluarga.

Altura Learning.com menjelaskan, pengaruh positif yang dimiliki kakek nenek terhadap perkembangan cucu mereka sangat besar. Kebanyakan kakek nenek menawarkan cinta, bimbingan dan menanamkan kebijaksanaan yang akan dihargai cucunya selama sisa hidup mereka.

Di mana pada tipe reservoir of family wisdom, pilar kebijaksanaan dan sumber dukungan adalah sebuah kasih sayang tanpa syarat yang mereka berikan kepada cucunya.

Hubungan ini dapat mempengaruhi anak untuk menentukan nilai dari banyaknya nasihat serta gagasan tentang apa dan bagaimana hal-hal yang perlu dilakukan.

5. Surrogate parent sebagai pengganti peran orangtua

5. Surrogate parent sebagai pengganti peran orangtua
Freepik/pressfoto

Banyak orangtua memiliki kendala kesehatan, sebuah pekerjaan atau situasi tertentu dan mempercayakan kehidupan sang anak kepada kakek neneknya.

Dalam tipe surrogate parent yakni kakek nenek turun tangan mengurus, merawat dan mendidik cucunya sebagai pengganti peran orangtua mereka.

Health.US News.com mengatakan, bahwa kakek nenek adalah ibarat selimut keamanan sebagai orang yang dipercayai dan menjadi nilai tambah emosional bagi anak. Mereka memiliki kakek nenek yang menghibur, memeluk dan duduk bersama dengan kesabaran tanpa batas.

Ini berarti kakek nenek bisa menjadi figure penting, sehingga hubungannya pun bahkan lebih dekat dari orangtua mereka sendiri.

Itulah kelima macam tipe perilaku kakek nenek terhadap cucunya. Coba lakukan kunjungan rutin setiap minggu atau dua minggu sekali untuk anak bertemu kakek neneknya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk