7 Daftar Dokter Spesialis Anak di Medan

Beberapa dokter ini dapat menjadi pilihan Mama ketika anak sakit saat berada di Medan

20 November 2021

7 Daftar Dokter Spesialis Anak Medan
Pexels/Pavel Danilyuk

Saat anak sakit tentunya menjadi salah satu ke khawatiran bagi orangtua. Walaupun sudah diberikan berbagai penanganan pasti tidak lengkap rasanya apabila anak tidak dibawa ke rumah sakit, terlebih bila sakit anak tidak kunjung sembuh.

Menentukan dokter yang cocok dengan anak merupakan salah satu kesulitan yang kerap dihadapi oleh orangtua. Terkadang anak menjadi tidak mau diperiksa bila ia tidak memiliki ketertarikan dengan dokter tersebut. Maka dari itu sangat penting membangun hubungan antara dokter dan sang anak.

Berbeda halnya dengan anak yang sudah merasa nyaman bersama dokter, ia pun biasanya akan mau diperiksa sehingga memberi kemudahan dalam mengobati sang anak ketika sedang sakit. 

Berikut ini Popmama.com sudah merangkum dokter spesialis anak yang berada di Medan.

1. dr. Johannus S. Wibisono, Sp.A

1. dr. Johannus S. Wibisono, Sp.A
jswibisono.business.site

dr. Johannus dikenal dengan dokter yang sangat ramah, pintar dan juga sabar. Beliau juga senantiasa dalam melayani berbagai tanya jawab tentang kesehatan anak. 

Bahkan, dr, Johannus juga kerap memberikan berbagai referensi buku dasar dalam melakukan tindakan medis kepada para orangtua. Tidak heran jika beliau menjadi salah satu dokter yang direkomendasikan oleh banyak orang.

dr. Johannus sendiri memiliki jam praktik di H.O.S Cokroaminoto No. 14B/28, Medan.

2. Prof. dr. Guslihan Dasa Tjipta, Sp.A (K)

2. Prof. dr. Guslihan Dasa Tjipta, Sp.A (K)
usu.ac.id

Prof. Guslihan adalah salah satu dokter yang juga sering direkomendasikan. Beliau termasuk orang yang mudah untuk dihubungi baik saat jam praktik ataupun bukan. Gelar K yang terdapat dibelakang nama prof. Guslihan ini juga menunjukkan bahwa ia merupakan konsultan.

Pada saat berada di kondisi darurat, Mama dapat langsung membawa anak ke rumah dokter untuk melakukan pemeriksaan. Bahkan, beliau pun juga tidak sungkan untuk menerima pasien yang datang di hari minggu.

Di tempat praktiknya sendiri, prof. Guslihan juga menyediakan ruang tunggu yang cukup lega dan dilengkapi oleh berbagai banyak permainan yang tentunya akan membuat anak merasa senang dan tidak mudah bosan.

Prof. Guslihan memiliki tempat praktik di Jalan Sekip No.4 Medan

Editors' Picks

3. Dr. dr. Bugis Mardina Lubis, SpA (K)

3. Dr. dr. Bugis Mardina Lubis, SpA (K)
rsiastellamaris.com

Dokter spesialis anak yang satu ini termasuk dokter yang sangat mendukung ASI, MPASI, dan juga RUM (Rational Use of Medicine), yakni dr. Bugis Mardina. Hal inilah yang membuat beliau tidak sembarangan dalam memberikan resep antibiotik.

Dokter Bugis juga selalu memberikan penjelasan dengan sabar dan cukup telaten kepada para orangtua. Beliau bahkan juga disebut sebagai dokter yang sangat ahli dalam menenangkan kegalauan dan ke khawatiran para orangtua.

Selain itu, Mama juga dapat berkonsultasi kepada dokter Bugis, lho! Konsultasi tersebut dapat berupa beran badan bayi, vaksin PCV, ataupun berbagai masalah lainnya. 

Dokter Bugis memiliki tempat praktik di RS. Stella Maris tepatnya di Jalan Samanhudi Nomor 20, Medan.

4. dr. King Chandra, SpA

4. dr. King Chandra, SpA
risastellamaris.com

Dr. King Chandra ini termasuk dokter yang sangat populer di Medan. Beliau cukup ramah ketika berhadapan dengan anak-anak. Tentunya, hal ini dapat membuat anak merasa senang dan semangat ketika harus diperiksa.

Selain itu, dokter Chandra juga tidak sungkan dalam mendengarkan berbagai kegundahan para orangtua terhadap si Kecil. Hal inilah yang membuat orangtua termasuk Mama tidak perlu harus terburu-buru ketika sedang berkonsultasi dengan beliau.

Dokter Chanda memiliki tempat praktik di RS. Stella Maris tepatnya di Jalan Samanhudi Nomor 20, Medan.

5. Prof. dr. Chairul Yoel, Sp.A(K)

5. Prof. dr. Chairul Yoel, Sp.A(K)
halodoc.com

Prof. dr. Chairul Yoel, Sp. A(K) merupakan salah satu Dokter Spesialis Anak Konsultan Emergensi dan Rawat Intensif Anak yang memiliki praktik di Columbia Asia Hospital Medan. Beliau juga terhimpun dalam Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan juga Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI).

Prof. Chairul dulunya menjalani pendidikan Spesialis Anak di Universitas Sumatera Utara. Beliau juga diketahui dapat membantu layanan konsultasi kesehatan anak secara menyeluruh.

Selain itu, beliau juga dikenal dengan dokter yang sangat berpengalaman serta dapat menenangkan para orangtua. Beliau bukan termasuk tipe dokter yang senang memberi obat pada anak, terlebih lagi bila memang tidak diperlukan.

Anak-anak yang sering berobat dengan bolak-balik terkadang juga diberi pelayanan konsultasi yang gratis. Sehingga, orangtua hanya perlu membayar biaya obat saja. 

Prof. Chairul memiliki jam praktik di RS. Columbia Asia Jalan Listrik Nomor 2A, Medan Petisah.

6. dr. Romer Danial, SP.A

6. dr. Romer Danial, SP.A
columbiaasia.com

Dokter spesialis anak selanjutnya dalah dr. Romer Danial. Dokter ini juga memiliki tempat praktik di RS. Columbia Asia.

Beliau diketahui juga memiliki banyak sekali berbagai macam ulasan positif dari para pasien yang sudah pernah berobat dan mendapatkan pelayanan darinya. Hal inilah yang membuat dokter ini juga di senangi dan direkomendasikan.

dr. Romer biasanya juga memberikan pengobatan kepada bayi yang mengalami diare, demam ataupun penyakit umum lainnya.

Dokter Romer juga membuka praktik di daerah Komplek Tasbih Tahap 1 Blok YY, Medan Sunggal.

7. Prof. dr. ABDULLAH AFIF SIREGAR

7. Prof. dr. ABDULLAH AFIF SIREGAR
columbiaasia.com

Rekomendasi dokter spesialis anak selanjutnya adalah Prof. dr. Abdullah Afif Siregar, Sp.A(K), Sp.JP, FIHA. Beliau merupakan salah satu dokter anak dan juga jantung yang memiliki praktik di RS. Columbia Asia serta Rumah Sakit Sri Ratu, Medan.

Beliau diketahui juga membantu dalam memberikan layanan Konsultasi kesehatan anak secara menyeluruh. Dokter Afif Siregar ini adalah anggota dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), dan juga Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI).

Beliau mendapatkan gelar spesialis setelah menamatkan pendidikan di Pengukuhan Dokter Spesialis Kardiovaskular pada tahun 2006 silam.

Nah, itulah beberapa dokter spesialis anak yang dapat Mama jumpai ketika anak sakit saat berada di Medan.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.