Penyebab Anak Kekurangan Gizi yang Harus Mama Ketahui

Kekurangan makronutrisi dapat membuat anak mengalami kekurangan gizi

25 Januari 2022

Penyebab Anak Kekurangan Gizi Harus Mama Ketahui
Pexels/Jill Wellington

Anak yang kekurangan gizi dapat berdampak buruk pada pertumbuhan dan perkembangannya. Biasanya, anak yang kekurangan gizi disebabkan oleh kurangnya makronutisi yang terdiri dari karbohidrat, lemak dan juga protein.

Kurang gizi merupakan sebuah dampak yang terjadi ketika kebutuhan gizi anak tidak terpenuhi dengan baik dan sudah berlangsung sejak lama.

Anak yang mengalami berat badan yang kurang, perawakan tubuh yang lebih pendek bahkan hingga mengalami gagal tumbuh merupakan hal-hal yang dialami oleh anak yang kurang gizi.

Anak yang masih berada di dalam kandungan pun biasanya juga dapat mengalami kurang gizi. Pemenuhan gizi pada anak harus diperhatikan oleh orangtua sampai ia menginjak usia 2 tahun. Maka dari itu sangat penting perhatian orangtua dalam memenuhi gizi anak.

Berikut ini Popmama.com sudah merangkum informasi mengenai penyebab anak kekurangan gizi yang perlu Mama ketahui.

1. Kurangnya pengetahuan orangtua tentang gizi anak

1. Kurang pengetahuan orangtua tentang gizi anak
Pexels/Katerina Holmes

Salah satu penyebab anak mengalami kurang gizi karena kurangnya pengetahuan dari orangtua mengenai pola makan yang sehat untuk anak. Hal ini merupakan salah satu penyebab umum yang sering terjadi, sehingga membuat gizi anak menjadi tidak seimbang.

Apabila orangtua tidak mengetahui berapa jumlah kalori dan nutrisi yang dibutuhkan untuk memenuhi gizi anak, maka orangtua pun akan kesulitan memberikan makanan apa yang cocok untuk mendukung nutrisi dan gizi anak.

Akhirnya, asupan nutrisi yang harus dipenuhi dan diberikan pada anak pun menjadi tidak tercukupi dan membuat anak mengalami kekurangan gizi.

Editors' Picks

2. Memiliki tingkat sosial ekonomi yang rendah

2. Memiliki tingkat sosial ekonomi rendah
Pexels/Dazzle Jam

Ekonomi yang rendah juga menjadi penyebab anak mengalami kekurangan gizi. Hal ini karena kebutuhan yang diperlukan untuk memenuhi gizi anak terhalang karena kurangnya tingkat ekonomi pada suatu keluarga.

Hal ini menyebabkan mereka menjadi kesulitan dalam memenuhi segala kebutuhannya, terlebih untuk memenuhi kebutuhan lengkap sang anak. Sehingga membuat anak mengalami kurang gizi karena tidak terpenuhinya kebutuhan dan nutrisi dalam tubuh anak.

Walaupun begitu, Mama sebenarnya juga dapat memenuhi kebutuhan gizi sang anak walaupun berada dalam kondisi seperti ini, dengan mengetahui sumber nutrisi lengkap yang mudah ditemui. Adanya sumber makanan yang bernutrisi tidak hanya berasal dari berbagai macam makanan yang mahal. 

Namun, yang paling penting adalah dengan menjaga kebersihan dari sumber-sumber makanan tersebut.

3. Lingkungan yang tidak bersih

3. Lingkungan tidak bersih
Pexels/Lisa

Adanya lingkungan yang tidak bersih dapat menjadi penyebab munculnya berbagai macam penyakit. Hal inilah yang membuat lingkungan kotor selalu disebut dengan rumah dan sarang bagi beragam penyakit.

Lingkungan yang tidak bersih tentunya juga berpengaruh pada pertumbuhan dan gizi anak. Hal ini dikarenakan penyerapan pada gizi anak menjadi terhambat walaupun asupan makannya cukup baik.

Selain itu, lingkungan yang kotor dapat menyebarkan penyakit pada anak, khususnya melalui makanan yang diolah dengan tidak bersih dan higienis.

4. Mempunyai alergi

4. Mempunyai alergi
Freepik/jcomp

Alergi biasanya juga menjadi pemicu mengapa anak mengalami kekurangan gizi. Hal ini dikarenakan oleh anak yang memiliki alergi terhadap suatu jenis makanan. 

Biasanya, sumber makanan yang memiliki nutrisi penting ada yang tidak sesuai dengan tubuh anak, sehingga menyebabkan anak akhirnya tidak dapat mengonsumsi makanan tersebut. Karena hal ini pula yang membuat anak mengalami kekurangan gizi.

5. Menderita penyakit tertentu

5. Menderita penyakit tertentu
Pexels/cottonbro

Selain karena faktor lingkungan dan juga makanan itu sendiri, kekurangan gizi juga dapat disebabkan oleh masalah kesehatan. Adanya kondisi kesehatan yang cukup parah atau mempunyai riwayat penyakit tertentu dapat membuat anak mengalami kekurangan gizi.

Hal ini tentunya sangat berdampak pada tumbuh dan kembang anak, terutama pada anak yang memiliki penyakit pada saluran pencernaanya. Sehingga membuat sang anak pun sulit dalam mencerna maupun menyerap makanan tersebut.

Selain itu, beberapa penyakit bawaan, ataupun penyakit ganas dapat menjadi penyebab anak juga mengalami kekurangan gizi

Nah, itulah penyebab dari anak kekurangan gizi yang harus Mama ketahui. Tentunya Mama harus memenuhi gizi anak untuk menunjang pertumbuhan si Kecil.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk