5 Prediksi Mainan Anak yang akan Tren Tahun 2022

Mainan mana yang disukai si Kecil?

5 Desember 2021

5 Prediksi Mainan Anak akan Tren Tahun 2022
Pexels/ Visually Us

Tahun baru 2022 sudah sebentar lagi. Tentunya berbagai macam produk akan menghiasi wajah baru lagi, salah satunya mainan. Setiap tahun, biasanya terdapat beberapa hal yang selalu berubah dan menjadi tren pada saat itu.

Begitu pula dengan mainan. Beberapa mainan mungkin sangat familiar dan juga viral pada beberapa tahun belakang ini, namun bisa saja mainan tersebut sudah tidak diminati lagi dan beralih dengan jenis mainan yang baru.

Lalu, jenis mainan anak apa saja yang berkemungkinan akan tren lagi?

Berikut ini Popmama.com sudah merangkum prediksi mainan anak yang tren tahun 2022.

1. Mainan yang membuat anak belajar suatu hal

1. Mainan membuat anak belajar suatu hal
Pexels/Victoria Borodinova

Beberapa permainan yang dapat membantu anak-anak dalam mempelajari berbagai keterampilan baru mulai meningkat semenjak adanya pandemi Covid-19 pada 2020.

Para orangtua pun semakin menyadari bahwa saat ini banyak sekali permainan yang tidak hanya memberi kesenangan pada anak.

Namun juga tetap mengajari keterampilan anak dalam tingkatan emosional, mental, maupun secara fisik. Tentunya, model permainan seperti ini pun akan membuat anak menyukainya sehingga akan semakin berkembang di tahun berikutnya.

Permainan seperti membuat dan merangkai mobil-mobilan, sepeda motor, atau pun berbagai mainan lainnya dapat melatih keterampilan fisik anak serta motorik mereka.

Editors' Picks

2. Mainan yang memberikan solusi dan memecahkan masalah

2. Mainan memberikan solusi memecahkan masalah
Pexels/Alena Darmel

Di tahun 2022, berbagai industri mainan tentunya diharapkan dapat memproduksi dan memberikan lebih banyak jenis mainan yang nantinya dapat dinikmati oleh orangtua dan anak-anak. Jenis mainan seperti ini menggunakan konsep 'kidult', yang dapat dimainkan oleh anak-anak dan orang dewasa.

Setiap orang, tentunya masih memiliki jiwa anak di dalam diri masing-masing, termasuk orang dewasa. Dengan adanya permainan dengan konsep ini tentunya akan membuat orangtua dapat memainkannya.

Bahkan, Mama dan anak juga dapat bermain bersama, contoh permainan ini adalah permainan lego, bola labirin ataupun menyusun teka-teki.

3. Mainan yang berhubungan dengan musik

3. Mainan berhubungan musik
Pexels/Yan Krukov

Saat ini, keinginan dan kepiawain anak dalam menari cukup meningkat. Meningat munculnya berbagai macam aplikasi yang dapat menyalurkan bakat anak.

Maka dari itu, tidak heran bila nantinya di tahun berikutnya muncul rangkaian mainan yang dapat menggabungkan musik dan juga gerakan. Anak-anak pun akhirnya banyak yang mencoba terjun ke dunia musik dari skill yang ia dapatkan.

Beberapa contoh mainan yang menggabungkan gerakan dan juga musik yang sudah ada sebelumnya seperti mesin karaoke ataupun tikar dansa.

4. Mainan yang mengajarkan anak tanggung jawab dalam sosial dan emosional

4. Mainan mengajarkan anak tanggung jawab dalam sosial emosional
Pexels/Ron Lach

Anak-anak kedepannya tentu akan berhubungan dengan dunia luar, sehingga ia pun tentu harus dapat bertanggung jawab dalam lingkup sosial maupun emosionalnya sendiri. Rasa tanggung jawab ini penting untuk diajarkan pada anak sedari dini.

Hal ini dapat dilakukan melalui permainan yang biasanya dilakukan oleh anak-anak. Dengan mengajarkan anak bagaimana rasanya harus bertanggup jawab dalam lingkungan sosial maka dapat sekaligus mengajarkan anak menjadi anggota masyarakat yang baik.

5. Mainan yang diperlukan di luar ruangan

5. Mainan diperlukan luar ruangan
Pexels/Monstera

Pada era saat ini, tentu membuat generasi sekarang cenderung lebih berfokus pada teknologi. Hal ini tentunya tidak lepas dari adanya aspek kehidupan modern. Walaupun begitu, berkemungkinan di tahun 2022 anak-anak kembali menyukai permainan yang bersifat tradisional.

Permainan ini pun akan mendorong anak agar lebih bersosialisasi dengan teman sebayanya dan menjauhkannya dari layar dan teknologi serta lebih menikmati keadaan yang bebas dengan menikmati alam. 

Hal seperti ini tentunya dapat terjadi mengingat selama ini masyarakat hanya berkutat di rumah guna menghindari terjadi penyebaran virus, terutama anak-anak. Anak yang terlalu lama di rumah pun tentunya tidak baik karena dapat mengganggu kesehatan mental mereka.

Beberapa contoh permainan yang dapat dimainkan di luar ruangan seperti sebelumnya, yaitu lompat tali, sepeda, bermain layangan, trampolin, rumah bermain dan lain sebagainya.

Nah, itulah perkiraan permainan yang kemungkinan akan tren pada tahun 2022. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk