Agar Anak Selalu Ramah, Ajarkan Hadis tentang Senyum Yuk Ma!

Senyum mudah, senyum ibadah

27 April 2021

Agar Anak Selalu Ramah, Ajarkan Hadis tentang Senyum Yuk Ma
Freepik/Cookie-studio

Tersenyum saat bertemu orang lain adalah hal paling mudah untuk dilakukan. Dengan tersenyum kita akan terlihat ramah dihadapkan orang lain. 

Namun terkadang senyum menjadi sulit untuk dilakukan, misalnya ketika dalam kondisi hati yang buruk. Walau demikian, tetap usahakan tersenyum yuk! Bisa jadi setelah membagi senyuman kondisi hati yang buruk bisa baik kembali. 

Nah, agar anak mama bisa selalu tersenyum dan terlihat ramah saat bertemu orang lain, beritahu beberapa hadis tentang senyum yang telah popmama.com rangkum berikut ini. 

1. Berbuat baik terhadap orng tidak melulu harus dengan harta dan benda. Bisa juga dengan tersenyum. Maka, mari tersenyum

1. Berbuat baik terhadap orng tidak melulu harus harta benda. Bisa juga tersenyum. Maka, mari tersenyum
iihfd.org

Jadi berbuat baik untuk orang lain itu mudah. Kita hanya perlu tersenyum. Karena berbuat baik kepada orang lain bukan perihal harta atau benda, tetapi tentang seberapa bagahianya orang tersebut saat bertemu kita. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Kamu tidak akan mampu berbuat baik kepada semua manusia denga hartamu, maka hendaknya kebaikanmu sampai kepada mereka dengan keceriaan (pada) wajahmu.” (H.R. al-Hakim (1/212)

Editors' Picks

2. Tersenyum merupakan salah satu perbuatan baik paling sederhana 

2. Tersenyum merupakan salah satu perbuatan baik paling sederhana 
Freepik

Senyum perbuatan yang mudah bukan? Walaupun mudah jangan diremehkan ya! Sebab, perbuatan mudah dan sederhana ini bernilai kebaikan. 

Rasulullah pernah bersabda, diriwayatkan dalam Hadits Riwayat Muslim,

لَا تَحْقِرَنَّ مِنَ الْمَعْرُوفِ شَيْئًا، وَلَوْ أَنْ تَلْقَى أَخَاكَ بِوَجْهٍ طَلْقٍ

Artinya: “Janganlah engkau meremehkan kebaikan sedikitpun, meskipun hanya dengan bertemu dengan saudaramu dengan wajah yang berseri”. [H.R. Muslim].

3. Walaupun sederhana, ternyata tersenyum bernilai sedekah lho

3. Walaupun sederhana, ternyata tersenyum bernilai sedekah
Freepik

Seseorang yang tersenyum kepada sesama muslim akan mendapatkan kebaikan sebagaimana kebaikan orang yang memberi sedekah dan akan mendapat pahala sebagaimana pahala sedekah. Hal tersebut ditegaskan dalam hadis riwayat Tarmizi. 

Saat kepada orang lain dari Abu Dzar radhiyallahu ‘anhu, dia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

تَبَسُّمُكَ فِى وَجْهِ أَخِيكَ لَكَ صَدَقَةٌ

Artinya:
“Senyummu di hadapan saudaramu adalah (bernilai) sedekah bagimu“ (HR. Tirmidzi)

4. Jika kita tersenyum terhadap orang lain berarti kita mengikuti teladan Rasullah SAW

4. Jika kita tersenyum terhadap orang lain berarti kita mengikuti teladan Rasullah SAW
muslimmatters.org

Rasulullah selalu tersenyum saat beliau bertemu dengan para sahabat. Hal tersebut ditegaskan dalam hadis riwayat Bukhari dan Muslim. 

مَا رَآنِي رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مُنْذُ أَسلَمْتُ إِلَّا تَبَّسَم فِي وَجْهِي

Artinya: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak pernah melarangku untuk menemui beliau sejak aku masuk Islam, dan beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak pernah memandang ku kecuali dalam keadaan tersenyum di hadapanku“ [HR Bukhari dan Muslim].

Selain itu, beliau pun selalu tersenyum saat berbicara. 

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَا يُحَدِّثُ بِحَدِيثٍ إِلَّا تَبَسَّمَ

Artinya: “Ketahuilah bahwa tidaklah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam membicarakan sesuatu kecuali beliau tersenyum.“ [HR Ahmad].
 

5. Membuat orang lain bahagia

5. Membuat orang lain bahagia
myfreshdental.com

Jika kita tersenyum kepada orang lain akan membuat orang lain bahagia. Secara tidak sadar kita telah melakukan hal positif dan memberikan energi positif kepada orang lain. 

Sebagaimana yang dipaparkan dalam kitab Tuhfatul Ahwadzi yang berbunyi:

Menampakkan wajah manis di hadapan seorang muslim akan meyebabkan hatinya merasa senang dan bahagia, dan melakukan perbuatan yang menyebabkan bahagianya hati seorang muslim adalah suatu kebaikan dan keutamaan. (Lihat kitab “Tuhfatul ahwadzi” no. 6 hal 75-76)

Nah, itu tadi hadis tentang senyum yang dapat Mama beri tahu pada anak guna membuat anak-anak percaya bahwa senyum merupakan hal baik. Hal baik tersebut sudah tertera dalam hadis dan sangat dianjurkan dalam agama Islam. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.