9 Makanan dan Minuman yang Dapat Membuat Suasana Hati Menjadi Bahagia

Sangat menyehatkan dan mudah ditemui

7 September 2021

9 Makanan Minuman Dapat Membuat Suasana Hati Menjadi Bahagia
Freepik/pvproductions

Tak jarang anak-anak pasti terlihat sedih, lemas, dan tak bersemangat. Situasi ini pasti membuat Mama pusing. Apalagi jika hal suasana hati yang buruk pada anak itu terjadi ketika saat-saat penting, contohnya saat harus belajar di pagi hari. 

Namun, tenang aja, Ma. Semua hal itu dapat diatasi dengan memberinya makanan dan minuman tertentu. 

Sebab, ada beberapa makanan dan minuman yang memiliki kandungan penting untuk meningkatkan suasana hati. 

Berikut ini Popmama.com telah merangkum beberapa makanan dan minuman yang dapat membuat hati menjadi senang. Simak yuk, makanannya mudah dicari lho!

1. Cokelat 

1. Cokelat 
Freepik

Cokelat merupakan salah satu makanan yang digemari anak-anak karena rasanya yang manis. Hal inilah yang membuat anak menjadi senang ketika memakan cokelat. 

Salah satu jenis cokelat yang dapat membuat bahagia adalah dark choco.

Cokelat jenis ini mampu mengurangi hormon kortisol (hormon pemicu stres) dan menghasilkan hormon endorfin (hormon pemicu bahagia) yang ada di dalam tubuh. 

Selain itu, adapun kandungan magnesium dan mineral yang memainkan peran penting dalam mengatur suasana hati.

Untuk mendapatkan manfaat-manfaat di atas, pilihlan dark choco yang memiliki kandungan minimal 70% coklat. 

2. Madu 

2. Madu 
Freepik/Racool-studio

Selain cokelat, madu pun salah satu makanan manis yang bisa mengubah suasana hati menjadi bahagia lho. 

Hal ini karena di dalam madu terdapat kandungan kaempferol dan quercetin, bahan kimia yang mengurangi peradangan di otak dan karenanya membantu mencegah depresi. 

Selain itu, dengan mengonsumsi madu, seseorang akan mendapat asupan gula untuk tubuh sehingga tidak mengalami penurunan gula darah yang membuatnya merasa lelah dan depresi. 

3. Pisang 

3. Pisang 
Pexels/Vanessa Loring

Mengonsumsi buah memang sangat baik untuk tubuh. Sebab banyak sekali vitamin yang terkandung di dalamnya, contohnya adalah pisang. 

Selain kaya akan vitamin, menurut Ara DerMarderosian, University of the Sciences, pisang mengandung tryptophan, zat kimia yang membantu mengatur suasana hati.

Editors' Picks

4. Jeruk 

4. Jeruk 
Freepik/pch.vector

Jeruk yang terkenal kaya akan vitamin C dinyatakan mampu mengurangi kecemasan dan depresi. 

Dalam sebuah studi yang diterbitkan oleh American Journal of Clinical Nutrition  pada tahun 2016 menyatakan bahwa wanita yang mengonsumsi dua atau lebih buah jeruk setiap hari akan mengurangi risiko depresi hingga 18%. 

5. Bayam

5. Bayam
Freepik/racool-studio

Menurut Journal of Physiology, bayam mengandung asam folat yang dapat membantu meredakan depresi dan mengurangi kelelahan yang dirasakan oleh seseorang. 

Ada alasan mengapa Popeye memakannya. Bayam mengandung asam folat, yang meredakan depresi dan mengurangi kelelahan, menurut Journal of Physiology .

Itulah alasannya mengapa tokoh kartun Popeye menjadi lebih kuat ketika sudah memakan bayam. Bukan karena bayam miliknya ajaib, namun karena kandungan asam folat yang berada di dalam bayam. 

6. Ayam 

6. Ayam 
Freepik/azerbaijan-stockers

Ayam, kita semua pastinya sudah tidak asing dengan hewan yang satu ini. Hewan yang sering dijadikan lauk untuk makanan sehari-hari ini memiliki kandungan Vitamin B6, B12,  B6, potasium, dan seng.

Vitamin B6 akan menghasilkan serotonin di dalam tubuh, sedangkan vitamin B12 akan memproduksi dopamin. Kedua hormon yang diproduksi tersebut dipercaya sebagai pemberi perasaan nyaman dan senang.

Adapun kandungan asam amino yang mampu membuat seseorang menjadi lebih senang. Hal ini sudah dibuktikan oleh Neurochemistry International. 

Menurut data dari Neurochemistry International, kekurangan asupan triptofan dapat menyebabkan depresi sehingga mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan asam amino ini penting bagi mereka yang rentan terhadap depresi.

Namun, pastikan kamu memilih ayam tanpa lemak, serta tidak mengonsumsi ayam yang diproses dengan cara digoreng. Sebab, proses memasak dengan digoreng malah dapat memicu respons peradangan dalam tubuh, yang pada akhirnya juga dapat berdampak negatif terhadap suasana hati kita.

7. Salmon 

7. Salmon 
Freepik/Racool_studio

Salmon  mengandung asam lemak omega 3 yang terbukti dapat meningkatkan mood baik dalam diri kita lho. 

Selain itu, salmon pun mengandung vitamin B12 yang dapat membantu memproduksi zat kimia pada otak. Nantinya zat tersebut akan membantu membuat hati menjadi senang.

Tak hanya itu, Salmon dinyatakan sebagai makanan yang mampu meredakan peradangan. Menurut penelitian, peradangan dalam tubuh bisa membuat suasana hati menjadi buruk. 
Segudang manfaat tersebut sudah dipastikan dapat membantu meningkatkan perasaan bahagia, namun masih banyak sekali orang yang tak mengonsumsinya. 

Jika merasa memasak salmon adalah hal yang ribet dan memakan waktu, cobalah ganti dengan mengonsumsi vitamin minyak ikan. 

8. Susu 

8. Susu 
Pexels/Meraki Photos

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa susu memiliki kandungan nutrisi yang sangat melimpah. Hal tersebut sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia. 

Namun, manfaat susu lebih dari itu lho, Ma. 

Susu juga menjadi salah satu minuman yang mampu meningkatkan suasana hati manusia. 

Hal tersebut karena susu mengandung yodium yang berperan penting kinerja tiroid. Kelenjar tiroid sendiri berfungsi untuk menghasilkan berbagai macam hormon, salah satunya yakni hormon bahagia. 

Selain itu, di dalam susu pun terdapat protein whey yang mampu mengurangi kecemasan pada seseorang. 

9. Teh hijau 

9. Teh hijau 
Freepik/zirconicusso

Sebuah penelitian di Jepang menemukan fakta bahwa seseorang yang mengonsumsi lima cangkir teh hijau atau lebih memiliki stres psikologis yang lebih rendah. 

Hal tersebut karena kandungan epigallocatechin-3-gallate atau EGCG yang terkandung dalam teh hijau dapat memperbaiki suasana hati.

Nah, itulah beberapa makanan dan minuman yang dapat membantu meningkatkan kebahagiaan dan mengurangi depresi.

Makanan tersebut mudah sekali untuk ditemukan. Jadi, langsung coba yuk! 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.