10 Benda Pembawa Keberuntungan di Jepang yang Perlu Anak Ketahui

Bukan sekadar pajangan tapi dipercaya bisa membawa keberuntungan dan kemakmuran bagi pemiliknya

25 Februari 2021

10 Benda Pembawa Keberuntungan Jepang Perlu Anak Ketahui
Freepik/Demkat

Jepang merupakan negara yang sangat kental akan tradisi dan kebudayaannya. Di Jepang, mungkin anak bisa melihat benda-benda berupa patung kucing atau gantungan berbentuk ikan yang sering diletakkan di depan pintu toko.

Namun hal tersebut bukan hanya sebagai pajangan biasa, melainkan keberadaannya bertujuan untuk mendatangkan keberuntungan dan kebaikan bagi pemilik toko tersebut. Masyarakat Jepang mempercayai beberapa benda atau simbol bisa membawa hal baik.

Hal ini tentunya membuat anak tertarik untuk menambah pengetahuan tentang tradisi dan kebudayaan di Jepang. Kali ini Popmama.com akan membahas 10 benda pembawa keberuntungan dalam tradisi di Jepang yang bisa Mama beritahukan ke si Kecil.

Simak daftarnya di bawah ini!

1. Maneki Neko

1. Maneki Neko
Livejapan.com

Maneki Neko merupakan patung kucing yang dipercaya bisa membawa keberuntungan. Maneki dalam bahasa Jepang berarti mengundang atau memanggil, sementara Neko artinya adalah kucing,

Maneki Neko umumnya terbuat dari bahan keramik, plastik, atau logam, dengan warna putih, emas, merah, dan atau hitam. Warna yang berbeda memiliki makna yang berbeda. Misalnya, emas untuk mendatangkan kemakmuran dan kekayaan, sedangkan hitam dipercaya untuk menangkal roh jahat.

Maneki Neko seringkali disebut sebagai “waving cat” karena bentuk kaki kucingnya seperti tangan yang melambai,patung ini seringkali diletakkan di pintu masuk toko.

2. Omamori

2. Omamori
Sugoii-japan.com

Omamori merupakan jimat pelindung yang dibungkus dengan kain, yang diambil dari kata mamoru yang berarti “melindungi”. Orang Jepang percaya kalau Omamori bisa mendatangkan keberuntungan, kesehatan, dan kemakmuran

Setelah dibeli jangan pernah membuka bungkusnya, karena dipercaya keberuntungannya bisa hilang. Omamori bisa dibeli di kuil-kuil.

3. Daruma

3. Daruma
Sugoii-japan.com

Daruma merupakan boneka Bodhidharma, biksu yang mendirikan zen Buddhisme. Boneka berwarna merah ini dipercaya menjadi jimat yang membawa keberuntungan, keberanian, dan cinta. Saat Mama membelinya, Mama akan menerima Daruma dengan keadaan mata yang masih kosong.

Namun, ini menjadi cara agar anak bisa melukis satu bagian matanya sambil menyebutkan keinginannya. Setelah menjadi kenyataan, anak boleh melengkapi satu bagian mata lainnya.

4. Ema

4. Ema
Tadaimajp.com

Selanjutnya adalah Ema, yaitu plakat kayu seukuran telapak tangan untuk menuliskan harapan dan doa. Dengan cara ini, orang Jepang percaya bahwa Dewa akan mendengarkan dan mengabulkan permintaan mereka.

Ema dapat ditemukan di kuil-kuil yang berada di Jepang, biasanya Ema akan dibakar pada saat upacara keagamaan.

Editors' Picks

5. Koinobori

5. Koinobori
Goodsfromjapan.com

Koinobori merupakan pita berbentuk ikan mas, yang biasanya dipasang dalam memperingati Hari Anak pada bulan April hingga Mei setiap tahunnya. Tradisi ini berasal dari legenda Tiongkok yang menceritakan perjalanan ikan koi yang berenang ke hulu dan berubah menjadi naga.

Orang Jepang umumnya akan menggantungkan Koinobori di depan rumah dan di tepi sungai. Mereka percaya bahwa Koinobori tersebut akan membawa perlindungan, keberuntungan, dan kesehatan untuk anak-anaknya.

6. Senbazuru

6. Senbazuru
Mainichi.jp

Senbazuru merupakan origami bangau yang dipercaya dapat mengabulkan permintaan. Mama mungkin pernah melihatny di kisah Sadako Sasaki yang melipat hampir seribu origami bangau.

Dalam tradisi Jepang, bangau merupakan makhluk mistik yang diyakini memiliki umur panjang. Sejak dulu, senbazuru atau legenda seribu bangau kertas telah menjadi simbol kesehatan, keberuntungan dan kebaikan. Jika bisa melipat seribu bangau, maka permintaan akan dikabulkan.

7. Kit Kat

7. Kit Kat
Livejapan.com

Kit Kat mungkin hanya sebatas camilan coklat di Indonesia. Namun siapa sangka, bahwa di Jepang Kit Kat yang mempunyai lebih dari 300 varian rasa ini dipercaya sebagai simbol keberuntungan. Nama Kit Kat sendiri, dipercaya mirip dengan istilah Kitto Katsu yang berarti “pasti menang”.

Di Jepang, Kit Kat seringkali menjadi hadiah yang diberikan pada siswa sebelum mereka ujian. Umumnya, camilan coklat ini dibungkus dengan kertas dan pita merah, karean warna merah juga identik dengan keberuntungan.

8. Daikokuten

8. Daikokuten
Japantrendshop.com

Kemudian juga ada Daikokuten, yang merupakan satu dati tujuh Dewa Keberuntungan di Jepang. Ia diyakini merupakan Dewa Kemakmuran di agama Hindu dan Buddha. Patung Daikokuten umumnya diletakkan di rumah dan toko untuk membawa kekayaan dan keberuntungan.

9. Hotei

9. Hotei
Thespruce.com

Hotei atau biasa disebut dengan Laughing Buddha merupakan simbol keberuntungan bagi orang Jepang. Hotei umumnya terbuat dari logam atau keramik yang biasanya berwarna emas.

Laughing Buddha digambarkan memegang rantai manik-manik di tangan dan membawa tas besar di bahunya. Hotei bisa ditemukan di rumah-rumah atau toko agar mendatangkan rezeki, keberuntungan, dan kesehatan bagi pemiliknya.

10. Kadomatsu

10. Kadomatsu
Tadaimajp.com

Matsu atau pohon pinus merupakan pohon yang bisa bertahan hidup di iklim yang paling keras sekalipun. Karena karakteristiknya tersebut, Matsu dipercaya sebagai simbol keberuntungan dan membawa umur panjang.

Saat pergantian tahun, orang Jepang akan merangkai pinus, bambu, dan plum menjadi Kadomatsu. Rangkaian ini umumnya bisa ditemui di pintu masuk rumah, kantor, dan kuil.

Nah itulah 10 benda yang dipercaya membawa keberuntungan dalam budaya Jepang. Hal ini menunjukkan walaupun Jepang telah maju di sisi teknologi dan pendidikan, mereka masih melestarikan tradisi dan budayanya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.