7 Buah yang Mengandung Vitamin A untuk Anak

Baik untuk kesehatan tubuh khususnya kesehatan mata anak

20 Desember 2021

7 Buah Mengandung Vitamin A Anak
Freepik

Vitamin A merupakan vitamin yang larut dalam lemak yang berperan penting dalam menjaga penglihatan, tumbuh kembang anak, serta fungsi kekebalan tubuh dalam melawan berbagai penyakit.

Memberikan jumlah vitamin A yang cukup untuk anak konsumsi, dapat mencegah gejala defisiensi, yang meliputi rambut rontok, masalah kulit, mata kering, rabun senja, bahkan peningkatan kerentanan terhadap infeksi.

Kekurangan Vitamin A merupakan penyebab utama kebutaan di negara berkembang. Namun, konsumsi Vitamin A yang berlebihan dapat menyebabkan anak mengalami penyakit kuning, mual, kehilangan nafsu makan, sensitif, muntah, dan bahkan rambut rontok.

Memiliki berbagai macam manfaat untuk tumbuh kembang anak, tentunya Mama jangan ragu untuk menambahkan Vitamin A dalam asupan sehari-hari anak.

Kali ini Popmama.com akan membahas 7 buah yang mengandung vitamin A untuk anak.

Namun ketahui terlebih dahulu berapa jumlah vitamin A yang dibutuhkan anak perharinya yuk!

Berapa Banyak Vitamin A yang Dibutuhkan Anak?

Berapa Banyak Vitamin A Dibutuhkan Anak
freepik.com/irrmago

Vitamin A berperan penting dalam penglihatan dan pertumbuhan tulang anak, serta membantu melindungi tubuh dari infeksi. Vitamin A juga meningkatkan kesehatan dan pertumbuhan sel dan jaringan dalam tubuh, terutama pada rambut, kuku, dan kulit.

Berikut adalah kebutuhan Vitamin A untuk anak:

Usia 1 hingga 3 tahun: 1.000 unit internasional (IU), atau 300 mikrogram (mcg) setara aktivitas retinol (RAE), vitamin A per hari

Usia 4 tahun ke atas: 1.333 IU, atau 400 mcg RAE per hari

Anak tidak harus mendapatkan cukup vitamin A setiap hari. Sebaliknya, usahakan untuk mendapatkan jumlah yang disarankan sebagai rata-rata selama beberapa hari atau dalam kurun waktu seminggu.

1. Aprikot

1. Aprikot
Freepik/4045

Aprikot mungkin buah yang kecil, tapi dibalik ukurannya yang kecil buah ini kaya akan rasa dan nutrisinya. Buah yang berwarna kuning-oranye ini kaya akan vitamin dan mineral. Termasuk Vitamin A. Kaya vitamin A, beta-karoten, dan karotenoid lainnya, aprikot sangat baik untuk meningkatkan kesehatan mata.

Selain itu, lutein dalam aprikot juga membantu mendukung retina dan kesehatan lensa mata anak, sementara karotenoid dan vitamin E mendukung penglihatan secara keseluruhan. Nutrisi aprikot juga membantu mengurangi risiko katarak.

Pada satu cangkir aprikot, akan memberikan 4.685 IU Vitamin A, serta zat besi, Vitamin B6, dan magnesium.

2. Blewah

2. Blewah
Freepik/jcomp

Sepotong blewah yang manis dan berair sering disajikan pada musim panas yang terik. Seperti melon lainnya, blewah memiliki kandungan air yang tinggi sekitar 90 persen, walaupun memiliki banyak kandungan air bukan berarti buah populer ini kekurangan nilai gizi.

Faktanya, blewah kaya akan nutrisi, yaitu sarat dengan Vitamin A dalam bentuk beta-karoten, satu cangkir blewah mengandung 270 mikrogram Vitamin A. Tak hanya itu, blewah juga memiliki kandungan Vitamin C dan sumber mineral kalium dan magnesium yang baik untuk kesehatan anak.

Manfaat lain yang didapatkan adalah daging buahnya yang berwarna oranye tua kaya akan cita rasa, namun tetap rendah kalori.

Editors' Picks

3. Grapefruit

3. Grapefruit
Freepik/Racool_studio

Grapefruit adalah bagian dari keluarga jeruk dan tumbuh berkelompok di pohon, seperti anggur yang konon dari sanalah namanya berasal. Grapefruit tersedia dalam berbagai warna termasuk kuning, merah muda, dan merah, buahnya memiliki berbagai rasa dari manis hingga asam.

Meski rendah kalori, grapefruit mengandung banyak nutrisi. Secara khusus, buah ini adalah sumber Vitamin A yang baik, penting untuk mendukung sistem kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan mata dan kulit. Selain Vitamin A, grapefruit juga mengandung folat, Vitamin C, magnesium, potasium, dan kalsium.

4. Goji berry

4. Goji berry
Freepik

Goji berry mengandung antioksidan yang sehat. Antioksidan dikenal karena kualitasnya yang meningkatkan kekebalan dan kemampuannya untuk melawan radikal bebas dan peradangan berbahaya.

Goji berry mengandung banyak Vitamin A dan C, mirip dengan buah beri lainnya, termasuk blueberry dan raspberry. Vitamin A dan C tersebut sangat penting untuk membangun kekebalan dan mencegah penyakit, mulai dari flu biasa hingga kanker.

Buah Goji berry ini juga disebut sebagai makanan super. Karena dalam setengah cangkir goji berry kering, anak bisa mendapatkan 26.822 IU. Goji berry kering bisa dikonsumsi sebagai camilan sehat atau campuran dalam oatmeal.

5. Mangga

5. Mangga
Freepik/Topntp26

Siapa yang tidak suka buah tropis yang manis ini? Dalam satu buah mangga mengandung 3.636 IU Vitamin A. Memasukkan mangga dalam camilan sehat anak juga dapat membantu meningkatkan kesehatan matanya.

Mangga kaya akan beta-karoten yang membantu produksi Vitamin A, selain itu juga ada kandungan antioksidan lutein dan zeaxanthin yang ditemukan dalam mangga juga meningkatkan kesehatan mata dalam beberapa cara.

Dua senyawa alami tersebut melindungi retina dan lensa, telah terbukti meningkatkan jangkauan visual, mengurangi ketidaknyamanan akibat silau, meningkatkan kontras visual, dan mengurangi waktu yang dibutuhkan mata untuk pulih dari tekanan cahaya terang.

Selain itu lutein dan zeaxanthin jugamelindungi mata dari sinar ultraviolet yang berbahaya, dan melawan atau memperlambat perkembangan katarak pada anak.

Bisa dibilang mangga menjadi salah satu buah yang mengandung vitamin A favorit anak-anak, mungkin karena rasanya yang menyegarkan dan warnanya yang cerah dan menarik.

6. Butternut squash

6. Butternut squash
Freepik

Butternut squash adalah salah satu varietas labu musim dingin yang paling umum. Buah ini juga lebih dikenal dengan sebutan labu madu. Butternut Squash menawarkan kandungan Vitamin A, kalium, dan serat yang baik.

Memiliki kandungan Vitamin A yang tinggi, dapat bermanfaat untuk membuat rambut anak tetap lembab. Tak hanya untuk rambut, Vitamin A juga berperan penting dalam pertumbuhan semua jaringan tubuh, termasuk kulit.

Dalam satu cangkir butternut squash, anak bisa mendapatkan 14.882 IU Vitamin A. Selain itu, buah ini juga mengandung Vitamin C yang juga membantu membangun dan memelihara kolagen, yang memberikan struktur pada kulit dan rambut.

7. Semangka

7. Semangka
Freepik/Xb100

Semangka sekitar 92 persennya mengandung air, tetapi buah yang memberikan rasa segar ini memiliki berbagai nutrisi. Semangka mengandung Vitamin A, Vitamin B6, dan Vitamin C yang signifikan, selain itu juga mengandung likopen, antioksidan, dan asam amino.

Satu irisan semangka berukuran sedang dapat memberi anak sekitar 9-11% Vitamin A yang dibutuhkan setiap hari. Nutrisi ini adalah salah satu kunci untuk menjaga kesehatan mata. Bahkan juga ada jumlah kalium yang sedikit.

Nah itu dia Ma, beberapa contoh buah yang mengandung vitamin A untuk anak. Jaga kesehatan tubuh anak, khususnya mata dengan memberikan asupan buah-buahan di atas. Namun jangan lupa untuk memperhitungkan kadar dosis yang tepat agar anak tidak kelebihan vitamin.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.