5 Cara Tepat Mengatasi Kakak Adik yang Bertengkar Akibat Cemburu

Kakak dan adik mungkin sering bertengkar tetapi ada cara untuk mengurangi pertengkaran mereka

24 Juli 2021

5 Cara Tepat Mengatasi Kakak Adik Bertengkar Akibat Cemburu
Freepik

Hidup dalam kontak dekat, tentu akan menimbulkan beberapa konflik. Ditambah dengan anak-anak kecil yang masih memiliki sedikit kontrol impuls dan emosi yang belum matang. Pertengkaran dapat terjadi setiap hari sampai batas tertentu dan bisa sangat menguras tenaga untuk diatasi.

Pertengkaran antara saudara kandung bisa muncul dari perbedaan kepribadian atau kecemburuan atas perhatian dari Mama dan Papa. Mungkin ada banyak saudara kandung yang bertengkar karena menganggap tidak mendapatkan perlakuan yang adil.

Walaupun pertengkaran itu wajar, ketika anak-anak bertengkar terus-menerus, itu bisa melelahkan dan menyakitkan untuk dilihat.

Popmama.com akan membantu Mama dalam mengatasi pertengkaran kakak dan adik akibat kecemburuan dan membuat rumah menjadi lebih damai

1. Jadilah proaktif

1. Jadilah proaktif
Pexels/Ketut Subiyanto

Tidak ada yang tahu anak-anak lebih baik dari Mamanya sendiri. Gunakan koneksi ini dengan mereka untuk proaktif dengan apa pun, yang mungkin menjadi masalah di antara anak-anak.

Ada hal-hal yang jelas tidak boleh dilakukan, seperti memberi kakak hadiah dan tidak memberikan adik. Atau memiliki hari atau waktu khusus dengan adik dan mengabaikan kakak. Itu adalah cara yang pasti untuk memulai kecemburuan saudara kandung.

Pikirkan tentang apa yang disukai anak-anak dan selalu pertimbangkan minat masing-masing ketika memutuskan apa yang harus dilakukan untuk hari itu, atau ke mana harus pergi makan, atau apa yang harus dilakukan untuk bersenang-senang di akhir pekan.

Ketahui apa yang sudah anak inginkan dan bimbing mereka ke keputusan yang sudah disetujui bersama. Mama tahu apa yang disukai masing-masing anak, jadi pastikan setiap anak bersenang-senang. Selesaikan masalah sebelum ada masalah.

Editors' Picks

2. Buatlah jadwal masing-masing untuk permainan dan aktivitas di rumah

2. Buatlah jadwal masing-masing permainan aktivitas rumah
Pexels/Marta Wave

Dilansir dari Kids Health, Mama dapat membuat semacam jadwal untuk permainan dan aktivitas yang lebih besar di rumah. Ketika kakak dan adik berebut waktu komputer, video game, atau remote TV, biarkan anak-anak tahu bahwa mereka akan bergiliran, dan masing-masing akan memiliki waktu yang sama.

Buat jadwal waktu di mana setiap anak memiliki kesempatan yang sama dengan kegiatan yang berbeda atau jam yang berbeda. Jika masalah terus berlanjut, singkirkan apa pun yang terus mereka perebutkan selama seminggu atau lebih sampai mereka setuju untuk bergiliran lagi.

3. Menunjukkan rasa hormat satu sama lain

3. Menunjukkan rasa hormat satu sama lain
Pexels/August de Richelieu

Menunjukkan rasa hormat satu sama lain membantu mengurangi persaingan antar saudara dan kecemburuan, buatlah aturan rumah di mana Mama ingin semua anggota keluarga dihormati setiap saat.

Ini berarti tidak boleh memukul, mendorong, menyebut nama, meneriaki, atau menggoda. Penting untuk menerapkan kata-kata baik dan tindakan yang baik. Dengan rasa hormat, anak-anak akan tetap tenang dan percakapan akan lebih mudah.

Tentu saja, konflik masih bisa terjadi, tetapi anak-anak mama masih dalam masa kanak-kanak yang mudah lupa untuk menjaga tangannya sendiri atau untuk bersikap baik. Pahami perkembangan anak dan selalu dorong mereka untuk terus berusaha.

4. Kenali kebutuhan akan ruang pribadi

4. Kenali kebutuhan akan ruang pribadi
Pexels/olia danilevich

Jika Mama memiliki saudara kandung, Mama mungkin tahu bagaimana rasanya diganggu oleh saudara dan ingin memiliki ruang sendiri.

Sekarang setelah menjadi orangtua, lihat anak-anak mama sebagai individu dengan pikiran, perasaan, dan pendapat yang berbeda. Meskipun mereka mungkin hanya anak-anak, terkadang ia juga perlu waktu untuk menyendiri.

Sarankan agar anak-anak pergi ke ruang yang terpisah dan melakukan apa yang ingin mereka lakukan sendirian. Terlebih lagi, mereka tidak bisa bertarung jika tidak bersama. Bahkan, anak-anak bahkan mungkin merindukan satu sama lain di waktu mereka terpisah.

5. Mendengarkan kekhawatiran anak

5. Mendengarkan kekhawatiran anak
Pexels/Ketut Subiyanto

Jika Mama mulai menangkap salah satu kecemburuan diantara kakak atau adik, berikan perhatian khusus untuk mencari tahu apa yang terjadi.

Ada alasan untuk kecemburuan dan biasanya dapat diselesaikan dengan cinta dan perhatian tambahan. Dengarkan dengan sungguh-sungguh kekhawatiran anak dan pertimbangkan perasaannya.

Tentu saja, setelah menanyakan dengan anak yang tampak kesal, periksalah dengan anak yang lain dan lihat bagaimana perasaannya. Anak-anak ingin dan mendambakan perhatian, dan berikan kepada mereka secara sama rata.

Nah itulah beberapa cara untuk mengatasi saudara kandung yang bertengkar akibat kecemburuan. Walaupun pertengkaran tidak dapat selalu dicegah, ketahuilah ada berapa hal yang bisa Mama lakukan untuk membuat intensitas pertengkaran.menjadi lebih berkurang.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.