9 Cara Mengenalkan Musik Pada Anak Sejak Usia Dini

Dorong minat anak pada dunia musik dengan cara yang menyenangkan

8 Januari 2022

9 Cara Mengenalkan Musik Anak Sejak Usia Dini
Freepik

Sejak lahir anak tentu pernah mendengar musik atau sejenisnya. Entah itu melalui lagu di radio, memainkan mainan alat musik, pergi ke konser, menonton iklan di televisi, atau bahkan mendengarkan Mama menyanyikan lagu pengantar tidur.

Setiap orang bersentuhan dengan musik di beberapa titik dalam hidup mereka. Sebagai orangtua, adalah ide bagus untuk memperkenalkan musik kepada anak-anak sejak usia muda. Mengapa?

Karena anak pasti akan bersentuhan dengannya di beberapa waktu, dan musik juga memberikan banyak manfaat bagi perkembangan dan keterampilan anak, mulai dari perkembangan secara kognitif hingga keterampilan sosial.

Untuk membantu Mama mengenalkan musik pada balita, berikut Popmama.com telah merangkum sembilan cara untuk mengenalkan anak pada musik sejak usia dini. Yuk simak tipsnya!

1. Memutar dan menyanyikan lagu anak-anak

1. Memutar menyanyikan lagu anak-anak
Freepik/Gangalo

Memutar lagu anak-anak adalah cara terbaik untuk membuat anak-anak bersemangat tentang musik. Mereka memiliki ritme dan sajak yang akan membuat si Kecil bertepuk tangan dan bernyanyi bersama.

Banyak lagu anak-anak juga memiliki pelajaran tertentu dalam liriknya, yang akan terus diingat anak ketika ia belajar dan menyanyikannya.

Mama juga bisa menyanyikan lagu anak-anak dengan keras sambil bermain alat musik yang tersedia di rumah, atau menjentikkan jari dan menghentakkan kaki. Ini akan membantu anak memahami cara kerja ritme.

2. Perkenalkan anak pada mainan berbetuk alat musik

2. Perkenalkan anak mainan berbetuk alat musik
Freepik/Gpointstudio

Mengenalkan anak pada beragam alat musik dengan mainan berbentuk instrumen dapat membantu si Kecil mendorong perjalanan musiknya. Saat si Kecil mempelajari alat musik baru, ia tidak hanya akan mempelajari keterampilan, lain tetapi juga tumbuh untuk menikmati musik.

Ketika usia anak sudah mulai besar dan bersekolah, dorong anak untuk ikut kursus musik atau bergabung dengan ekstrakulikuler yang berhubungan dengan musik, seperti paduan suara atau band sekolah. Karena ini bisa bermanfaat dalam jangka panjang kehidupannya.

3. Memutar musik dalam berbagai kesempatan

3. Memutar musik dalam berbagai kesempatan
Freepik/User17007025

Mama pasti telah memerhatikan bahwa akan lebih mudah dan lebih menyenangkan untuk melakukan pekerjaan tertentu ketika musik diputar. Bernyanyi dan bergoyang mengikuti irama akan membuat siapa pun menyelesaikan tugas yang membosankan dengan cepat.

Memutar musik yang menyenangkan ketika sedang berlibur bersama keluarga atau saat anak bermain, dan memutar musik yang tenang ketika jam tidur balita, akan membantu mengekspos anak ke dunia musik,

Selain itu, cara ini juga dapat menciptakan kenangan dan ikatan yang baik yang akan tersimpan dalam pikiran dan hati si Kecil selamanya

Editors' Picks

4. Menyaksikan film musikal di waktu luang

4. Menyaksikan film musikal waktu luang
Freepik

Meskipun film musikal bukan kesukaan setiap orang, menonton beberapa film musikal di waktu luang bersama keluarga akan sangat membantu anak-anak menjelajahi berbagai aspek musik.

Musikal memiliki banyak lagu dan tarian yang akan membuat anak tertarik mencoba bernyanyi dan menari. Hal ini karena balita terkadang mempelajari berbagai keterampilan hidup dan kekuatan dari para karakter film musikal tersebut.

Ada sejumlah film musik yang dapat Mama saksikan bersama keluarga di akhir pekan, jadi yuk langsung pilih filmnya!

5. Buatlah teater musikal sendiri di rumah

5. Buatlah teater musikal sendiri rumah
Freepik

Ketika anak mama sudah menyaksikan film musikal dan tertarik ingin mencobanya, kenalkan ia pada dunia musikal. Jika Mama pernah menyaksikan teater musikal, ini adalah kombinasi indah dari lagu, gerakan, dan tarian.

Mengajarkan si Kecil pada teater musikal adalah cara yang tepat untuk mengenalkan anak pada perasaan kegembiraan musik sambil juga bersenang-senang.

Teater musikal ini terkadang menunjukkan lirik yang menarik, gerakan terkoordinasi, akting, dan kesenangan, yang akan membuat semua orang terhibur dan menciptakan banyak kenangan indah.

Agar lebih menarik, cobalah pakai kostum yang sesuai dengan lagu aksinya, agar anak semakin tertarik untuk mencoba dan mencobanya lagi!

6. Bersabarlah dan tetap dukung pilihan anak

6. Bersabarlah tetap dukung pilihan anak
Pexels/Alena Shekhovtcova

Ketika Mama ingin anak mengenal musik lebih dalam, ingatlah untuk bersabar saat si Kecil berada di dalam perjalanan eksplorasi musiknya.

Tidak apa-apa jika anak tidak menyukai genre musik atau alat musik yang sama dengan Mama. Bersabar akan membantu saat Mama berdiskusi dengan anak di masa depan nanti, tentang apa yang menurutnya menarik dan apa yang tidak disukainya tentang musik tertentu.

Jika Mama mengenalkan anak pada alat musik tertentu, ingatlah bahwa tidak mudah untuk menguasai keterampilan baru dalam semalam. Dorong balita dengan usahanya dan beri penguatan positif setiap kali ia membutuhkannya.

7. Hindari terlalu mengontrol pilihan anak

7. Hindari terlalu mengontrol pilihan anak
Freepik

Meski hal yang baik untuk mengarahkan anak pada sesuatu yang Mama sukai, ada baiknya untuk tidak mencoba terlalu mengatur dan mengontrol pilihannya. Hal ini sangat penting untuk disadari Mama sebagai orangtua. Meskipun Mama berusaha untuk memperkenalkan musik kepada anak-anak.

Berikan ruang dan kebebasan bagi balita untuk mengeksplorasi dan menikmati lagu favoritnya sendiri dan dengan caranya sendiri. Terlalu mengontrol dalam hal apapun dapat menyebabkan anak menyingkirkannya sama sekali dan tentu Mama tidak menginginkannya, bukan?

8. Menyaksikan pertunjukkan musik bersama

8. Menyaksikan pertunjukkan musik bersama
Freepik/dmytro_sidelnikov

Mengajak anak-anak ke konser atau pertunjukan musik lokal akan menjadi tamasya keluarga yang menyenangkan, selain itu si Kecil juga dapat melihat dan mendengar alat-alat musik secara langsung.

Mama dapat mencari pertunjukkan teater, konser, opera, atau band yang lagu-lagunya berfokus pada penonton yang lebih muda atau anak-anak. Ini juga menjadi momen bersama keluarga untuk menikmati waktu luang yang luar biasa.

Jika anak-anak mama masih berusia balita yang mungkin berbahaya jika diajak ke tempat keramaian, Mama dapat memesan konser yang diselenggarakan secara online, atau sekadar mengajak balita ke restoran atau kafe yang menyediakan live music.

9. Menjadi contoh bagi anak

9. Menjadi contoh bagi anak
Freepik/dmytro_sidelnikov

Seringkali ketika Mama berusaha merencanakan berbagai kegiatan musik untuk anak, ia mungkin tidak selalu menganggapnya menarik dan tidak ingin berpartisipasi di dalamnya sama sekali.

Meskipun ini mungkin sedikit mengecewakan, jangan menyerah dan ingatlah untuk konsisten dalam memasukkan sedikit musik setiap kesempatan, tanpa memaksakan anak.

Sebagai orangtua, Mama juga bisa memberikan contoh dengan bernyanyi di berbagai kesempatan. Dengan melihat Mama yang nyaman saat bernyanyi dan membantu menghibur diri. Selain itu, tunjukkan pada anak bahwa Mama menghargai berbagai genre musik.

Tentu si Kecil akan tertarik mencoba bernyanyi dan mendengarkan berbagai genre lagu bersama Mama.

Nah itulah beberapa cara untuk mengenalkan musik pada anak sejak usia dini. Semoga ide dan tips ini dapat membantu Mama saat ingin memelihara dan mengembangkan minat dan kecintaan anak pada dunia musik.

Anak akan tumbuh untuk menghargai musik ketika Mama mengenalkannya pada berbagai genre dan gaya yang berbeda dengan cara yang menarik. Ingatlah untuk bersenang-senang dengan anak saat ingin menumbuhkan selera musiknya.

Baca terus:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk