TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

10 Ide Kado Natal untuk Anak Usia 5 Tahun

Pilih kado Natal yang dapat mengedukasi dan sesuai minat anak ya, Ma!

20 Desember 2021

10 Ide Kado Natal Anak Usia 5 Tahun
Freepik/Gpointstudio

Tak ada yang lebih menyenangkan sekaligus mengharukan ketika melihat kegembiraan di wajah si Kecil saat membuka kado natal di Malam Natal, terutama ketika Mama memilih sesuatu yang benar-benar disukai anak.

Beberapa anak mungkin memiliki keinginan kado Natal yang diucapkan sebelumnya, namun terkadang Mama ingin memberinya lebih sebagai apresiasi akan sesuatu. Mengingat ada banyak pilihan dalam kado Natal untuk anak, memilih apa yang akan diberikan bisa jadi pilihan yang sulit.

Mama perlu mencari tahu apa kado yang tepat dan bisa bermanfaat untuk si Kecil. Agar tidak bingung lagi, berikut Popmama.com akan merekomendasikan 10 ide kado Natal untuk anak 5 tahun. Inilah daftarnya!

1. Mainan edukatif

1. Mainan edukatif
Freepik/Fwstudio

Bagi si Kecil, mainan menjadi kado Natal yang paling ia tunggu-tunggu. Namun, daripada hanya memberikan mainan biasa, cobalah Mama mencari referensi mainan yang bisa mengedukasi anak serta mendatangkan kecerian bagi anak.

Mainan edukatif seperti puzzle, lego, ataupun boardgame seperti ular tangga dapat membantu anak melatih fokus, mengasah otak, serta daya pikirnya. Tak hanya itu saja, namun permainan-permainan tersebut juga menyenangkan dilakukan bersama Mama dan Papa.

2. Buku cerita

2. Buku cerita
Freepik/Gpointstudio

Tentunya Mama telah mengetahui bahwa buku dapat meningkatkan imajinasi anak serta pengetahuannya, sehingga buku bisa selalu menjadi pilihan hadiah yang tepat dan bermanfaat bagi anak. Khususnya di usia balita untuk menumbuhkan minatnya membaca.

Mama bisa memberikan kado pada anak buku-buku cerita bergambar dengan warna yang menarik, atau dengan tambahan boneka didalamnya agar anak menjadi semakin giat membaca. Selain itu, Mama juga bisa mengajarkan pada anak nilai-nilai moral kehidupan dari buku cerita yang diberikan sebagai kado Natal.

3. Peralatan seni

3. Peralatan seni
Freepik/Racool_studio

Alat-alat seni juga bisa menjadi ide kado Natal untuk si Kecil. Menggambar, mewarnai, bermain tanah liat merupakan kegiatan yang disukai oleh anak-anak dari segala usia. Selain menyenangkan, aktivitas ini juga bisa membantu anak melatih kreativitas serta imajinasinya.

Mama juga bisa mengenalkan anak pada berbagai macam warna, bentuk, serta komposisi dari belajar melukis, mewarnai, serta bentuk-bentuk dari tanah liat. Berikan kado Natal berupa seperangkat krayon, cat air, kanvas/buku gambar, spidol, tanah liat, kuas, dan lain-lain.

4. Seperangkat alat-alat makan

4. Seperangkat alat-alat makan
Freepik/Tamaradigovets

Jika anak termasuk suka pilih-pilih makanan, Mama bisa memberikan kado Natal berupa seperangkat alat makan seperti piring, sendok, garpu, kotak bekal, dan botol minum dapat melatih anak untuk memiliki kebiasaan pola makan yang baik, yaitu mengonsumsi makanan sehat dan bersih.

Mama bisa memilih seperangkat alat makan tersebut yang disesuaikan dengan warna atau tokoh favorit anak, agar ia bisa lebih semangat dalam mengonsumsi makanan bergizi dan memiliki energi yang cukup untuk beraktivitas.

Editors' Picks

5. Jas Hujan

5. Jas Hujan
Freepik/Freepic-diller

Sesuai dengan musim hujan, Mama juga bisa memberikan kado Natal yang bermanfaat seperti jas hujan untuk anak. Tentunya, jas hujan ini dapat melindungi anak dari hujan agar terhindar dari penyakit seperti demam dan flu.

Mama juga tidak perlu khawatir, karena saat ini banyak jas hujan yang modelnya khusus untuk anak-anak dengan berbagai pilihan motif dan warna yang menarik. Namun, ada beberapa hal yang harus Mama perhatikan sebelum membeli jas hujan untuk anak.

Salah satunya adalah dengan memastikan bahan yang digunakan adalah kualitas yang terbaik, misalnya seperti PVC yang dapat menahan air dengan baik serta materialnya yang tahan lama dan tidak mudah sobek.

6. Kolam renang pompa

6. Kolam renang pompa
Freepik/Andreonegin

Hampir setiap anak selalu menikmati bermain basah-basahan, terutama saat mengunjungi kolam renang. Namun sayangnya, tentu anak tidak selalu pergi ke kolam renang publik terdekat, apalagi dengan kondisi mewabahnya Covid-19 yang menyebabkan kekhawatiran penularan di tempat umum.

Untuk mengatasinya, Mama bisa membelikan kado Natal berupa kolam renang pompa yang bisa digunakan kapan saja saat dirumah. Untuk mempersiapkannya juga tidak sulit, tinggal dipompa dengan alatnya dan diisi air.

Kolam renang karet dapat membuat anak merasa seperti diajak bermain air di kolam renang. Mama juga bisa membelikan mainan di air seperti bola atau bebek karet untuk menambah keseruan anak bermain.

7. Peralatan olahraga mini

7. Peralatan olahraga mini
Freepik/Maria-sbytova

Mulai mengajarkan anak untuk giat berolahraga dari usia dini adalah cara yang baik agar nantinya anak terbiasa olahraga dan menjaga kesehatan. Membantu anak bergerak aktif dan menghabiskan energi sesuai minat dan bakatnya bisa menjadi ide yang tepat untuk kado Natal anak.

Mama bisa memberikan beberapa kado Natal bertemakan olahraga seperti ring bola basket mini, permainan golf mini, bowling, sepak bola, dan lain-lain. Kini anak bisa semangat berolahraga yang aman dan sehat dimulai dari usia dini.

8. Boneka

8. Boneka
Freepik/Davit85

Kado selanjutnya yang bisa diberikan untuk si Kecil saat Natal adalah, boneka. Kado boneka tidak hanya cocok untuk diberikan pada semua suasana, namun juga disukai oleh semua anak, baik perempuan dan laki-laki.

Saat ingin membeli boneka, Mama perlu memperhatikan beberapa faktor seperti bahan boneka, keempukan boneka, kelembutan boneka, serta bentuk boneka, Mama bisa menyesuaikan dari tokoh kartun favorit anak atau hewan favorit anak.

Tak hanya sekadar menjadi dekorasi, boneka juga dapat melatih anak untuk menumbuhkan rasa kasih sayang, dan khususnya pada anak perempuan dapat menanamkan sifat keibuan.

9. Mobil-mobilan atau tempat penyimpanannya

9. Mobil-mobilan atau tempat penyimpanannya
Freepik/user14907079

Kebanyakan anak laki-laki menyukai permainan mobil-mobilan, memberikan hadiah mobil-mobilan untuk kado Natal tidak selalu buruk, karena mainan ini dapat menumbuhkan jiwa maskulin anak serta mengenalkannya berbagai variasi mobil.

Atau jika anak sudah memiliki banyak mobil-mobilan, Mama juga bisa membelikan tempat perawatan khusus agar mainan anak tidak mudah rusak, kotor, dan hilang. Seperti memberikan rak mobil-mobilan berbahan acrylic, rak ini juga bermanfaat agar mainan mobil-mobilan anak selalu rapih.

10. Lampu tidur

10. Lampu tidur
Freepik/Nestea06

Beberapa anak seringkali takut saat sudah tidur di kamarnya sendiri, yang bisa disebabkan karena ruangan yang gelap dan ia harus tidur sendiri. Agar anak menjadi lebih nyenyak dan nyaman saat tidur, Mama bisa memberikan kado Natal berupa lampu tidur.

Pilihlah lampu tidur dengan warna yang cahayanya tidak terlalu terang seperti warm white agar anak lebih mudah tidur. Selain itu, Mama juga bisa memilih lampu tidur dengan karakter favorit anak. Beberapa lampu tidur juga dilengkapi dengan suara musik yang membantu anak tidur lebih cepat.

Nah itu dia Ma, 10 ide kado Natal untuk anak 5 tahun. Sebelum membeli kado Natal, Mama bisa pertimbangkan dari segi kebutuhan anak, edukasi, dan kenyamanan anak selama di rumah. Pilihlah kado-kado Natal yang sesuai minat anak agar dapat bermanfaat untuknya setiap hari.

Mau pilih kado Natal anak yang mana, Ma?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk