Sering Ada di Kartun, Kenalkan 8 Jenis Beruang di Dunia ke Anak Yuk

Di balik wajahnya yang menggemaskan, ternyata mereka buas lho!

14 Januari 2021

Sering Ada Kartun, Kenalkan 8 Jenis Beruang Dunia ke Anak Yuk
Freepik/wildmedia

Si Kecil tentunya sudah tak asing dengan boneka beruang, bahkan mungkin memilikinya. Ya, memang beruang sejak dulu sudah menjadi hewan ikonik. Bahkan beberapa kartun atau animasi anak menampilkan beruang sebagai tokoh utama yang menggemaskan.

Wajahnya yang menggemaskan dan tingkah lakunya seringkali menjadi sorotan, sehingga tak mengherankan jika beruang sangat populer dikalangan anak-anak hingga orang dewasa.

Hewan beruang memang sudah diketahui hampir semua anak, namun anak juga perlu tahu ternyata ada banyak jenis beruang yang tersebar di seluruh dunia lho! Lalu apa saja jenis-jenis beruang?

Kali ini Popmama.com akan mengajak Mama untuk menambah pengetahuan anak dengan membahas 8 jenis beruang yang tersebar di seluruh dunia. Yuk simak informasinya di bawah ini!

1. Beruang Kutub (Polar Bear)

1. Beruang Kutub (Polar Bear)
Freepik/Gudkov

Beruang kutub atau polar bear dengan istilah Ursus Maritimus ini merupakan beruang yag hidup di bagian paling utara bumi. Walaupun berwarna putih yang jauh dari kata menyeramkan, beruang kutub merupakan predator darat terbesar di dunia.

Mereka berukuran sekitar 2,4 meter hingga 2,6 meter, dengan bobot tubuh sebesar 400-600kg. Sesuai dengan tempat tinggalnya, beruang kutub senang dan sangat ahli ketika berenang di laut Arktik yang sangat dingin.

Beruang kutub juga memiliki kemampuan adaptasi yang hebat karena habitatnya yang ekstrem. Seperti bulu tebal berwarna putih di tubuhnya juga melapisi lapisan lemak dan bahkan ada di bawah telapak kakinya. Sehingga mereka bisa menjaga suhu tubuh agar tetap hangat.

Tak hanya sekadar menghangatkan diri, bulu putihnya tersebut juga berguna sebagai kamuflase di habitatnya yang bersalju lho!

2. Panda

2. Panda
Freepik/Goinyk

Si Kecil tentunya sudah kenal dengan beruang berwarna hitam-putih yang satu ini! Panda atau Ailuropoda melanoleuca merupakan jenis beruang yang populer karena menggemaskan dan sering bertingkah lucu saat terekam oleh kamera.

Hewan asal Negara Tirai Bambu ini, ternyata termasuk hewan penyendiri ketika berada di alam liar. Dilansir dari National Geographic, panda jantan memiliki indra penciuman yang sangat tajam. Panda menggunakan kemampuan tersebut untuk menghindari individu lain, kecuali saat musim kawin.

Panda identik dengan bambu sebagai makanan utamanya, namun sebenarnya panda termasuk hewan omnivora alias pemakan daging dan tumbuhan. Dalam beberapa kesempatan panda juga dapat memakan burung serta binatang pengerat.

3. Beruang Coklat (Brown Bear)

3. Beruang Coklat (Brown Bear)
Freepik/Riccosta

Beruang coklat atau Ursus Arctos ini merupakan jenis beruang dengan persebaran terluas diantara jenis beruang lainnya. Beruang ini tersebar mulai dari Amerika Utara, Eropa, hingga Asia dengan banyak sub-spesies sesuai tempat mereka ditemukan.

Memiliki wajah yang menggemaskan, ternyata beruang coklat ini merupakan predator darat terbesar nomor 2 di dunia setelah beruang kutub lho! Dilansir dari National Geographic, beruang coklat selalu mempersiapkan masa hibernasi mereka.

Saat musim gugur, hewan ini makan sebanyak mungkin hingga berat tubuhnya dua kali lipat dari ukuran normal. Kemudian mereka membangun sarang besar untuk dipakai beristirahat hingga masuk musim semi.

Beruang coklat juga termasuk hewan yang berbahaya jika didekati oleh manusia, karena mereka bisa berlari hingga 50km/jam, yang tentunya jauh lebih cepat dibanding kemampuan manusia berlari.

Editors' Picks

4. Beruang Sloth (Sloth Bear)

4. Beruang Sloth (Sloth Bear)
Freepik/User9145455

Beruang sloth atau Melursus Ursinus ini memiliki ciri fisik bulu kusut berwarna hitam legam dengan garis putih berbentuk “U” atau “V” pada bagian dada, serta moncong yang panjang berwarna pucat. Beruang sloth ini hidup di sekitar India, Nepal dan Sri Langka.

Umumnya, beruang jenis ini hidup di daerah hutam lebat, padang rumput, dan daerah berbatu, yang menjadi tempat perlindungan bagi mereka. Beruang sloth juga termasuk hewan Myrmecophagous, artinya mereka mengonsumsi rayap, semut, dan serangga lainnya.

Namun, ketika memasuki musim hujan, mereka juga memakan buah-buahan seperti mangga, buah ara, dan buah-buahan lainnya.

Beruang sloth ini dikenal sebagai hewan yang cukup aktif, dan mereka mengeluarkan suara keras seperti mendengus keteika merobohkan batang pohon atau saat menggali sarang semut dan rayap.

5. Beruang Berkacamata (Spectacled Bear atau Andean Bear)

5. Beruang Berkacamata (Spectacled Bear atau Andean Bear)
Peruaves.org

Spectacled bear, Andean bear, atau beruang berkacamata ini berasal dari daerah hutan lebat di Pegunungan Andes. Disebut berkacamata karena beruang ini memiliki garis berwarna putih atau kekuningan di area sekitar matanya yang tampak seperti kacamata. Unik bukan?

Beruang berkacamata yang memiliki istilah Tremarctos Ornatus ini merupakan satu-satunya beruang yang hidup di Amerika Selatan. Dilansir dari National Geographic, beruang berkacamata ini seperti vegetarian karena kebanyakan makan buah-buahan, beri, kaktus, dan madu. Padahal sebenarnya mereka merupakan hewan omnivora.

Namun terkadang mereka juga memangsa hewan lain seperti hewan pengerat, burung kecil, serangga, dan bahkan anak sapi. Hal ini yang membuat beruang berkacamata juga dinobatkan sebagai predator terbesar yang hidup di wilayah Amerika Selatan.

6. Beruang Hitam Asia (Asian Black Bear)

6. Beruang Hitam Asia (Asian Black Bear)
Bearbiology.org

Beruang hitam asia atau Ursus Thibetanus seringkali disebut sebagai beruang bulan atau beruang dada putih. Mereka disebut sebagai beruang dada putih karena terdapat garis putih panjang yang terdapat di dadanya.

Menurut Animal Diversity, persebaran beruang hitam asia ini cukup luas. Mulai dari Pakistan Utara, Afghanistan Selatan, Himalaya Timur, Vietnam Utara, China bagian Selatan, dan Thailand. Beruang hitam umumnya menghuni hutam lembab, pegunungan curam, dan daerah dengan vegetasi lebat.

Hewan yang satu ini juga aktif di malam hari untuk mencari makanan, dan akan tidur di lubang pohon atau gua pada siang harinya. Saat memasuki musim gugur, beruang hitam asia akan semakin aktif pada malam hari guna mempersiapkan datangnya musim dingin.

7. Beruang Hitam Amerika (American Black Bear)

7. Beruang Hitam Amerika (American Black Bear)
Humanesociety.org

Memiliki bulu hitam pada tubuhnya, beruang hitam Amerika atau American Black Bear ini memiliki isitlah Ursus americanus, mereka merupakan beruang yang paling kecil dari tiga beruang lainnya yang tersebar di Amerika Utara. Beruang ini umumnya ditemukan di sekitaran hutan lebat Kanada hingga Meksiko.

Beruang hitam ini umumnya mengonsumsi buah-buahan, kacang-kacangan, serta tumbuhan lainnya. Dilansir dari Discover Wildlife, beruang ini termasuk hewan yang pandai memanjat. Hal ini karena mereka memiliki cakar kuat untuk mencengkram pohon. Mereka juga menggunakan pohon sebagai tempat perlindungan anak-anaknya dari predator.

Walaupun disebut beruang hitam, namun tidak selamanya beruang ini ditemukan dengan bulu berwarna hitam. Terkadang beruang hitam ditemukan dengan warna bulu yang kecokelatan, pirang, dan bahkan abu-abu.

8. Beruang Madu (Sun Bear)

8. Beruang Madu (Sun Bear)
Freepik/Jiradej

Beruang madu atau Sun Bear atau Helarctos malayanus ini merupakan jenis beruang terkecil diantara tujuh jenis beruang di atas. Ukurannya hanya sekitar separuh dari beruang hitam Amerika Utara. Beruang Madu dijumpai mulai dari Tiongkok Selatan, India Timur, hingga kawasan Asia Tenggara seperti Indonesia.

Menurut laman National Geographic, mereka disebut Sun Bear karena memiliki bercak berwarna emas atau putih yang ada di bagian dadanya, bercak tersebut kemudian melambangkan matahari sehingga mereka memiliki nama Sun Bear.

Beruang madu ini memakan beri-berian, serangga, burung kecil, kadal, binatang pengerat, hingga tanaman manusia pada beberapa kesempatan.

Jika si Kecil melihat film animasi, mungkin beruang merupakan hewan gemuk, berbulu, lucu, dan menggemaskan ya? Namun kenyataannya beruang termasuk sebagai hewan buas lho! Terbukti dari beberapa jenis beruang di atas yang dinyatakan sebagai predator terbesar.

Beruang apa yang menjadi favorit anak, Ma?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.