Lakukan Hal Ini, 20 Kegiatan Seru Papa dan Anak saat Masih Kecil

Setidaknya lakukan kegiatan ini sekali saat anak masih kecil ya!

12 November 2020

Lakukan Hal Ini, 20 Kegiatan Seru Papa Anak saat Masih Kecil
Freepik

Memiliki kesibukan di kantor tidak membuat seorang Papa melupakan waktu bermain bersama anak. Saat si Kecil menghabiskan waktu bersama sang Papa, mungkin mereka lebih banyak melakukan aktivitas seperti memancing, menonton sepak bola, dan juga bermain bola di halaman belakang rumah.

Walaupun itu semua bagus untuk dilakukan bersama, ternyata masih banyak kegiatan keluarga menyenangkan yang perlu dilakukan Papa bersama anak setidaknya sekali ketika anak masih dalam masa pertumbuhannya.

Kira-kira ada kegiatan apa saja ya?

Berikut ini Popmama.com akan memberikan 20 kegiatan seru Papa dan anak yang setidaknya dilakukan sekali ketika anak masih kecil!

1. Melakukan foto selfie bersama

1. Melakukan foto selfie bersama
Freepik/Pressfoto

Terdengar sederhana, namun ketika sedang bersenang-senang bersama si Kecil sebaiknya Papa mendokumentasikannya. Melakukan foto selfie berdua dapat menyimpan banyak kenangan bersama anak.

Ditambah lagi dengan kemudahan teknologi saat ini, Papa bisa mengunggahnya di media sosial. Tentunya, perhatikan juga privasi anak ya Ma, Pa.

Sehingga ketika anak sudah lebih besar, Papa bisa menggunakannya sebagai pengingat masa lalu yang menyenangkan.

2. Menari bersama

2. Menari bersama
Freepik

Menari bersama tidak harus bersama anak perempuan saja lho! Papa juga bisa mengajak anak laki-laki untuk menari bersama.

Selain mendekatkan hubungan antara Papa dan si Kecil, menari bersama juga bisa menjadi olahraga ringan, sekadar untuk menghasilkan keringat di pagi hari!

Papa bisa mulai dari tari daerah atau modern dance, kalau itu semua terasa susah, mulai dari goyang Toktok dulu juga boleh.

Ini bisa jadi kegiatan papa bersama anak yang sangat seru dan manis.

3. Bermain LEGO tanpa aturan

3. Bermain LEGO tanpa aturan
Freepik

Setiap anak tentunya pernah bermain menyusun LEGO, permainan yang satu ini bisa melatih kreativitas anak dalam membentuk sesuatu.

Namun ketika Papa ingin ajak anak bermain LEGO, buatlah permainan menjadi lebih menyenangkan.

Caranya dengan membuat kebebasan dalam menyusun LEGO. Mendapat kebebasan dari sang Papa adalah hal menyenangkan bagi anak.

Tidak perlu takut salah atau bentuk tidak beraturan, karena intinya adalah menikmati kebebasan membangun LEGO tanpa aturan.

4. Belajar memasak makanan menggunakan barbeque

4. Belajar memasak makanan menggunakan barbeque
Freepik/Dusanpetkovic

Salah satu kebiasaan yang dilakukan sejak masa kanak-kanak menuju remaja adalah belajar memasak makanan di atas api.

Ketika seorang anak mulai beranjak dewasa, Papa bisa mengajarinya cara-cara yang tepat memanggang sosis, marshmallows, atau daging bakar di atas api.

Namun jangan lupa untuk memastikan pengawasan agar anak tetap terjaga ya!

5. Pergi ke museum bersama

5. Pergi ke museum bersama
Freepik/Davit85

Mampu mengapresiasi budaya itu penting bagi semua orang, terlebih lagi bagi keluarga yang hidup di Indonesia yang memiliki beragam budaya. Maka cobalah untuk mengajak anak pergi ke museum yang berada di kota.

Tunjukkan pada anak bahwa dengan mengapresiasi budaya dapat meningkatkan kreativitas, yang sama pentingnya dengan menjadi kuat, kompetitif, dan juga berani.

6. Ajak anak bermain pasir

6. Ajak anak bermain pasir
Freepik/User6699736

Bagi beberapa anak, bermain pasir merupakan hal yang menyenangkan. Karena mereka bisa membentuk gunung, bangunan, atau bidang geometri. Namun, setiap anak perlu mempelajari takaran pasir dan air yang tepat.

Sehingga, Papa dapat mengajari anak tentang jumlah pasir dan air yang tepat agar bisa membuat pondasi yang sempurna untuk membuat bentuk yang diinginkan.

Wah semoga pandemi segera berlangsung ya, biar bisa main di pantai bersama si Kecil.

7. Membuat "ring gulat" di ruang tamu

7. Membuat "ring gulat" ruang tamu
Freepik/Yanalya

Ciptakan “ring gulat” di ruang keluarga, tidak perlu membeli peralatan yang sulit.

Cukup persiapkan matras yang lembut dan pakaian yang nyaman. Tambahkan bantal yang empuk sebagai pemukulnya. 

Pilihan lain kamu juga bisa menjadikan sofa sebagai benteng pertahanan. Anggaplah itu sebagai sebuah kerajaan. Anak bisa bermain sambil berfantasi bersama papanya merupakan hal yang sangat menyenangkan baginya.

Serta jangan lupa untuk menjauhkan meja kopi atau benda tajam lainnya dari matras agar tidak berbahaya ketika bermain.

8. Membacakan dongeng anak

8. Membacakan dongeng anak
Freepik

Kebiasan favorit hampir setiap anak adalah istirahat di tempat tidur, menutup diri dengan selimut, dengan mendengarkan cerita yang bagus. Membaca dongeng yang sama berulang kali bisa membuat anak bosan.

Tetapi seiring bertambahnya usia anak, Papa bisa berbagi dengannya beberapa cerita favorit Papa sejak kecil atau cerita dari kehidupan Papa sendiri yang bisa menginspirasi anak.

9. Membuat kejutan kecil untuk Mama

9. Membuat kejutan kecil Mama
Freepik/Kuprevich

Buatlah kejutan kecil dan sederhana untuk Mama, baik itu membeli seikat kecil bunga di toko bunga, atau mengajak ajak untuk membuat sarapan dan menyajikannya di kamar.

Ajari anak cara memberikan kejutan untuk Mama dengan cara-cara yang sederhana, karena cara praktis seperti ini dapat mengungkapkan rasa cinta tanpa syarat dari Papa dan anak untuk Mama.

Editors' Picks

10. Ajari anak untuk menghormati orang lain

10. Ajari anak menghormati orang lain
Freepik/Rawpixel-com

Anak-anak secara alami akan mengikuti arahan orangtua dalam hal belajar bagaimana menghormati orang lain, terutama perempuan dan orang yang lebih tua. Perhatikan cara Papa berbicara dengan orang-orang disekitar, dan anak juga akan mengikutinya nanti.

Seiring bertambahnya usia, jelaskan bahwa setiap orang harus diperlakukan setara, dan kemudian ajari anak untuk menjadi seorang pemimpin dengan memberinya contoh.

11. Mengajak anjing peliharaan berjalan-jalan setiap pagi

11. Mengajak anjing peliharaan berjalan-jalan setiap pagi
Freepik/Wavebreakmedia-micro

Mungkin ada banyak keluarga yang memiliki peliharaan anjing di rumah, namun tidak rutin mengajaknya olahraga yang seharusnya dibutuhkan.

Maka dari itu, siapkan tali pengikat dan tunjukkan pada anak bagaimana cara mengambil kendali. Selain itu kebiasaan mengajak anjing olahraga dapat dilakukan setiap pagi bersama anak, sekaligus sebagai cara menjaga kesehatan.

12. Pergi hiking atau berkemah di akhir pekan

12. Pergi hiking atau berkemah akhir pekan
Freepik/Rawpixel-com

Beberapa anak secara alami tertarik pada alam bebas, sementara beberapa anak perlu didorong. Saat ada waktu luang, ajak anak keluar untuk hiking singkat. Atau ajak anak untuk perjalanan kemah di akhir pekan.

Luangkan waktu untuk berhenti dan melihat tempat-tempat wisata yang belum pernah dikunjungi di sepanjang jalan. Tunjukkan pada anak bahwa ada lebih banyak hal di dunia ini daripada apa yang hanya ia lihat di layar gadgetnya.

13. Bermain air di kolam renang

13. Bermain air kolam renang
Freepik/Kuprevich

Bermain air memang menjadi salah satu permainan favorit anak-anak, dan secara tidak langsung dapat membuat Papa merasa lebih muda juga.

Jika tempat wisata taman air terlalu mahal, maka cobalah kolam renang di kota setempat. Saat ini, banyak kolam renang kota yang sudah dilengkapi seluncuran air dan kolam percikan sendiri dengan harga tiket yang lebih murah.

14. Buatlah permainan menarik ketika anak tidak mau membereskan mainannya

14. Buatlah permainan menarik ketika anak tidak mau membereskan mainannya
freepik/master1305

Ketika anak tidak mau membereskan mainannya, buatlah itu menjadi sebuah permainan menarik. Tantang anak untuk melihat seberapa cepat ia menyimpan lima barang di kotak mainan.

Hitung perlahan sambil mulai mengumpulkan barang. Jika sudah berhasil, berikan selamat dan bersiaplah untuk melakukannya lagi dan lagi sampai seluruh mainan masuk ke kotak mainannya.

15. Bermain jenga atau Uno

15. Bermain jenga atau Uno
Freepik

Permainan Jenga atau Uno selalu menjadi tren seolah selalu jadi permainan yang bisa membuat kondisi menjadi seru. Manfaat permainan jenga adalah dapat melatih konsentrasi anak serta melatih kesabarannya.

Siapapun yang menjatuhkannya, Papa dan anak harus saling membantu untuk merapihkan permainan bersama ya!

16. Ajak anak pergi ke taman bermain

16. Ajak anak pergi ke taman bermain
Freepik/Satura86

Saat ini, Papa dapat menemukan semakin banyak taman bermain yang mampu membuat Papa ingin sesekali bermain bersama anak. Maka manfaatkan peluang ini bersama anak.

Si Kecil tentunya akan bersenang-senang bermain bersama sang Papa.

Ini bisa menjadi pilihan sebagai kegiatan seru papa dan anak yang terjangkau.

17. Mencari pengetahuan di perpustakaan

17. Mencari pengetahuan perpustakaan
Freepik/Oneinchpunch

Percaya atau tidak, anak-anak masih butuh membaca buku dengan halaman aslinya. Meskipun ia memiliki banyak buku di rumah, bawalah anak ke perpustakaan untuk mencari tahu apa yang sedang menjadi tren saat ini.

Perkenalkan anak pada pengetahuan umum yang belum pernah diketahuinya, sehingga anak bisa membawa pulang ilmu yang baru.

18. Memberikan makanan pada hewan-hewan liar sekitar rumah

18. Memberikan makanan hewan-hewan liar sekitar rumah
Freepik/User6923317

Papa dapat menumbuhkan rasa tanggung jawab dan empati anak dengan cara membagikan makanan hewan kepada hewan-hewan liar yang ada di lingkungan rumah.

Cara ini juga sekaligus mengajarkan anak pentingnya menjaga makhluk hidup yang ada di dunia.

Meski sederhana tapi bermakna penting, ini merupakan kegiatan seru papa dan anak saat masih kecil yang bisa dilakukan di lingkungan rumah.

19. Mendapatkan perawatan rambut di salon bersama anak

19. Mendapatkan perawatan rambut salon bersama anak
Freepik/Juarmarmolejos

Sempatkan waktu di sore hari dengan pergi ke salon atau barbershop dengan si Kecil untuk sekadar menyegarkan badan. Tidak harus merubah gaya rambut, namun bisa mencoba perawatan rambut yang tersedia di salon.

20. Memanggang dan menghias biskuit

20. Memanggang menghias biskuit
Freepik/Master1305

Tidak harus bersama Mama, namun Papa dapat mengajak si Kecil untuk menghias biskuit. Namun, juga akan lebih baik jika Papa dan anak membuat biskuitnya sendiri dari buku resep. Sehingga bisa memilih kue apa yang akan dibuat dan membeli bahan-bahannya bersama.

Nah, itu dia apa saja 20 kegiatan seru Papa dan anak yang setidaknya dilakukan sekali ketika anak masih kecil. Lakukan beberapa kegiatan diatas selama akhir pekan agar suasana akhir pekan menjadi lebih menyenangkan, serta hubungan Papa dan si Kecil juga menjadi lebih dekat.

Selamat mencoba!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.