Lebih Tahan Lama, 10 Mainan yang Meningkatkan Kreativitas Balita

Agar Mama tidak salah pilih mainan untuk anak

5 April 2021

Lebih Tahan Lama, 10 Mainan Meningkatkan Kreativitas Balita
Freepik/Odua

Mama mungkin seringkali sulit menolak saat anak meminta mainan baru setiap kali melewati toko mainan. Namun terkadang kebiasaan tersebut menyebabkan tumpukan barang-barang yang berantakan di atas sudut kamar anak.

Beberapa mainan anak juga memiliki harga yang tidak murah, sehingga banyak orangtua menghabiskan banyak uang untuk mengumpulkan tumpukan barang di rumah.

Mainan harus dipilih dengan hati-hati, agar dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan anak, yaitu meningkatkan keterampilan sosial, bahasa, dan motorik kasarnya. Beberapa mainan bebas yang digunakan dengan cara yang kreatif.

Agar Mama tidak bingung memilih mainan apa yang tepat untuk anak, Popmama.com akan membahas daftar pilihan mainan yang membantu membangkitkan rasa ingin tahu dan kreativitas pada anak saat waktu bermain.

Yuk simak daftarnya di bawah ini!

1. Magnetic tile set

1. Magnetic tile set
Freepik/Volody10

Set mainan magnet berwarna-warni ini hadir dalam berbagai bentuk. Setiap ujung potongannya memiliki magnet yang membantunya agar bisa menempel satu sama lain.

Sebagian besar mainan ini memiliki potongan yang tembus cahaya, sehingga bisa menghasilkan spektrum warna yang indah ketika dimainkan di jendela atau di dekat lampu.

Permainan magnetic tile set ini cocok untuk anak prasekolah serta anak usia lebih besar.

2. Blok bangunan

2. Blok bangunan
Freepik/Kireyonok_Yuliya

Satu mainan yang tak peduli berapa usia anak, adalah blok bangunan.

Mainan ini datang dalam berbagai ukuran dan bentuk, bahkan beberapa blok bangunan terdiri dari boneka hewan, manusia, pohon, kendaraan, dan miniatur lainnya yang cocok dimainkan dengan blok bangunan untuk menciptakan cerita yang menarik.

Balok bangunan bisa menjadi mainan kreatif untuk anak-anak prasekolah atau bahkan anak-anak berusia 10 tahun.

3. Rumah boneka

3. Rumah boneka
Freepik/Tan4ikk

Rumah boneka atau mainan rumah-rumahan ini sangat tepat jika Mama ingin mendorong permainan yang bebas pada anak.

Memiliki rumah boneka dapat mendorong cerita unik atau imajinatif dari imajinasi anak. Selain itu, permainan rumah-rumahan memungkinkan perkembangan fungsi kognitif dan neurologis, serta meningkatkan keterampilan motorik pada anak.

Rumah boneka adalah mainan kreatif yang bahkan bisa diberikan untuk anak dari usia 2 tahun.

4. Miniatur hewan kebun binatang

4. Miniatur hewan kebun binatang
Freepik

Sama seperti rumah boneka, mainan peternakan dengan semua miniatur hewan kebun binatang yang kecil bisa membuat sisi imajinatif anak lebih terpancar.

Bermain dan merawat hewan juga dapat memunculkan kualitas kepribadian anak, seperti kasih sayang dan empati. Mama juga dapat menyimpan mainan ini dan membawanya saat ingin bepergian.

Mainan hewan kebun binatang ini adalah mainan yang mengembangkan kreativitas untuk anak berusia 5 tahun atau anak-anak yang sedikit lebih muda.

Editors' Picks

5. Set peralatan dapur / masak-masakan

5. Set peralatan dapur / masak-masakan
Freepik/Yaoinlove

Mainan masak-masakan atau peralatan dapur merupakan mainan favorit di sebagian besar rumah, karena anak memiliki waktu bermain yang lama sambil berpura-pura memasak. Ada banyak “resep” yang bisa dicoba oleh si Kecil.

Panci, sendok, oven, bumbu, bahan-bahan, dan kompor masak yang ditata dengan baik, bisa membuat Mama atau anggota keluarga lain di rumah ingin ikut bergabung untuk sekali atau dua kali penampilan anak yang pura-pura memasak.

Warna-warna cerah dan suara yang meniru suara mixer, blender, atau oven bisa membuat balita semakin bersemangat, serta membuatnya tetap aktif.

6. Bermain kostum (dress up)

6. Bermain kostum (dress up)
Freepik/Shangarey

Permainan mendandani adalah bagian penting dari pertumbuhan tak hanya untuk anak perempuan saja, namun juga untuk anak laki-laki.

Memberikan anak aksesori yang diperlukan untuk bermain peran, dapat membantunya mengekspresikan diri tanpa hambatan. Mama bisa membelikan kostum yang sesuai dengan karakter favorit anak atau pakaian profesi yang menjadi impian anak.

Bermain dengan mengenakan setelan dokter, atau memegang tongkat sihir dapat membantu menambah semangat anak dalam meningkatkan kemampuan berceritanya. Ini memungkinkan anak menjadi imajinatif, inventif, dan banyak akal.

7. Boneka tangan (puppet dolls)

7. Boneka tangan (puppet dolls)
Freepik/Lev.studio.x

Boneka bisa sangat menarik perhatian anak, berapapun usia anak, boneka adalah sesuatu yang selalu bisa ia nikmati.

Tetapi si Kecil akan mudah tertarik dan bersemangat dengan boneka, terutama jika Mama memiliki teater mini dengan tirai yang bisa ditarik buka-tutup.

Anak juga bisa menyukai pertunjukkan boneka tangan kecil saat Mama menampilkannya dengan efek suara yang berbeda-beda. Puppet dolls merupakan permainan kreatif untuk balita karena ia bisa menyusun ceritanya sendiri.

8. Puzzle

8. Puzzle
Pexels/Markus Spiske

Puzzle dapat digunakan untuk menghibur berbagai usia dari balita hingga 8 tahun. Tingkat kesulitan puzzle bisa ditingkatkan seiring bertambahnya usia sehingga anak dari segala usia dapat terus sibuk selama waktu yang tepat.

Warna dan tema yang tersedia juga bisa menarik perhatian anak, dan seringkali seorang anak begitu asyik memecahkan sebuah karya sehingga tidak mau berpindah dari tempatnya. Puzzle juga tersedia dalam 3D untuk anak-anak yang telah mengembangkan puzzle versi dua dimensi

9. Macam-macam mainan bola

9. Macam-macam mainan bola
Freepik/User20868285

Setiap rumah dengan anak di dalamnya pasti memiliki mainan bola. Mama dapat membelikan si Kecil bola yang menyala dan permukaan cengkeraman yang baik.

Anak yang sedikit lebih besar dapat memiliki bola yang lembut untuk dilemparkan, sementara anak yang beranjak remaja dapat diberikan bola atau bola basket.

Bola membantu anak memahami hal-hal seperti kecepatan, kecepatan, jarak, membidik, menangkap, dan lain-lain.

10. Mainan lilin

10. Mainan lilin
Freepik/Maria-sbytova

Mainan lilin mungkin seringkali membuat meja jadi berantakan dan perlu dibersihkan, tetapi mainan lilin bisa menjadi mainan kreatif yang pernah Mama temukan.

Lilin mendorong permainan yang bebas, tidak seperti mainan lainnya. Bahan yang lembut dan mudah dibentuk membuatnya menarik bahkan untuk anak-anak yang lebih besar. Memadukan warna dan membuat bentuk yang berbeda, membuat anak akan selalu semangat untuk memainkannya.

Nah setelah mengetahui 10 mainan yang bisa bertahan lama serta mengembangkan kreativitas anak, kini Mama lebih berhati-hati dalam memilih mainan untuk anak.

Sebaiknya hindari memberikan gadget elektronik yang mewah atau mainan bersifat lunak yang tidak tahan lama, namun pilihlah sesuatu yang akan mendorong permainan bebas pada anak dan juga sesuatu yang tidak akan membosankan hanya dalam dua kali penggunaan.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.