10 Makanan untuk Meningkatkan Kecerdasan Anak Balita

Kecerdasan si Kecil ternyata juga dipengaruhi oleh asupan makanannya sehari-hari

30 Maret 2022

10 Makanan Meningkatkan Kecerdasan Anak Balita
Freepik/tatianagorbunova

Salah satu cara untuk memastikan bahwa balita dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal adalah melalui menu makanan yang beragam. Ini tak hanya akan membuat si Kecil terbiasa mengonsumsi makanan sehat, tetapi juga bisa meningkatkan kesehatan otak.

Otak adalah salah satu organ tubuh yang paling kuat dan kompleks. Karena itu, perlu diberi asupan 'bahan bakar' yang sehat dan dikemas penuh vitamin agar berjalan dengan baik.

Mengonsumsi makanan yang menyehatkan otak, juga akan membuatnya lebih mudah berkonsentrasi saat belajar, sehingga mengarah pada kecerdasan yang lebih tinggi.

Bagi Mama yang ingin meningkatkan kecerdasan anak balitanya, kali ini Popmama.com telah merangkum 10 makanan untuk meningkatkan kecerdasan anak balita.

Simak daftarnya di bawah ini yuk, Ma!

1. Telur

1. Telur
Pexels/Estudio Gourmet

Mama mungkin telah mengetahui bahwa telur adalah sumber protein yang bagus, yang membantu membuat balita kenyang lebih lama.

Namun dilansir dari WebM, telur juga mengandung kolin, yang merupakan blok pembangun pengembangan memori.

Ini berarti dengan mengonsumsi telur secara rutin, dapat membuat balita mengingat lebih banyak dan membangun konsep, serta membawa pembelajaran ke tingkat berikutnya.

Beberapa cara terbaik untuk menyajikan telur kepada balita adalah orak-arik, dalam telur dadar dengan tambahan sayur, atau direbus.

2. Kacang-kacangan dan biji-bijian

2. Kacang-kacangan biji-bijian
Freepik/azerbaijan_stockers

Meskipun ukurannya yang kecil, jangan salah, kacang-kacangan dan biji-bijian memiliki nutrisi yang besar lho!

Baik kacang-kacangan dan biji-bijian, dipenuhi dengan protein, zinc, asam lemak, dan zat besi, yang semuanya bekerja sama untuk meningkatkan perkembangan memori dan fungsi otak secara keseluruhan.

Kacang-kacangan dan biji-bijian juga mudah dimasukkan ke dalam makanan. Dari memberikan taburan kacang di atas oatmeal, atau mencampur biji dalam smoothie yang segar, kemungkinannya tidak terbatas.

3. Oatmeal

3. Oatmeal
Freepik/evening_tao

Oatmeal kemungkinan besar menjadi makanan yang dikonsumsi banyak balita sejak mereka kecil. Hal ini karena oatmeal tak hanya menjadi makanan yang nyaman dikonsumsi, tetapi juga salah satu yang paling sehat.

Dilansir dari WebMD, oatmeal penuh serat, biji-bijian, vitamin E dan B, zinc, dan kalium. Sehingga oatmeal adalah superfood untuk perkembangan otak dan meningkatkan kecerdasan.

Meski sebagian besar balita akan mengonsumsi oatmeal apa adanya, Mama dapat menambahkan variasi seperti memasukkan buah beri atau kacang di atasnya, yang meningkatkan kesehatan otak balita.

Selain itu, oat bahkan juga dapat ditambahkan ke smoothie untuk memberikan konsistensi yang lebih kental, sehingga membuat balita kenyang lebih lama juga.

4. Kacang merah

4. Kacang merah
Pixabay/PublicDomainPictures

Makanan selanjutnya yang dapat meningkatkan kecerdasan balita adalah kidney beans atau kacang merah. Dilansir dari Smart Advice For Parenting, kacang merah kaya akan vitamin, omega-3, mineral, karbohidrat, dan serat, menjadikannya makanan peningkat kecerdasan untuk balita,

Cara membuat kacang yang enak untuk balita, adalah dengan menumbuknya dan menjadikannya saus yang bisa disantap bersama sayuran dan kerupuk gandum, atau Mama juga bisa menambahkan kacang merah ke dalam sup.

Editors' Picks

5. Buah beri

5. Buah beri
Pexels/Pixabay

Warna merah cerah, ungu, dan merah muda dari buah beri menandakan bahwa mereka penuh dengan antioksidan.

Selain itu, dilansir dari Life With My Little Star, buah-buahan beri juga penuh dengan Vitamin C dan omega-3, semua bahan yang membantu meningkatkan fungsi otak.

Sebagian besar balita akan makan buah beri sendiri. Namun, buah beri juga dapat dibuat menjadi smoothie, ditambahkan ke sereal, atau bahkan dicampur dengan greek yogurt untuk dibentuk menjadi makanan beku yang lezat dan segar.

6. Alpukat

6. Alpukat
Pixabay/jmexclusives

Mama mungkin pernah mendengar bahwa buah yang satu ini termasuk dalam superfood, bukan?

Bagaimana tidak, dilansir dari The Avocado Society, alpukat penuh dengan asam folat, antioksidan, omega-3, lutein, magnesium, potasium, dan vitamin A, B, C, D, E, dan K. Inilah yang membuat satu porsi alpukat akan membantu meningkatkan kecerdasan otak balita.

Alpukat dapat dibuat menjadi saus, dimakan mentah, atau diletakkan di atas roti panggang untuk membuat makanan atau camilan lezat untuk si Kecil.

7. Ikan salmon

7. Ikan salmon
Freepik/Racool_studio

Dilansir dari WebMD, salmon adalah makanan penting untuk pertumbuhan dan perkembangan otak, karena mengandung omega-3, DHA, dan EPA.

Karena itu, sangat penting untuk menemukan cara agar membuat si Kecil mau makan salmon yang bagus untuk pertumbuhan dan fungsi otaknya.

Jika balita menolak untuk makan salmon, jangan khawatir, karena salmon dapat ditambahkan ke dalam sup favorit anak, atau dilapisi tepung roti dan dibuat menjadi camilan salmon.

Camilan salmon, dapat dicelupkan ke dalam saus favorit, yang dapat membuat pengalaman makan salmon lebih mudah bagi Mama dan balita.

8. Greek yogurt

8. Greek yogurt
Freepik/nensuria

Greek yogurt atau yogurt yunani adalah makanan yang penuh lemak dikemas dengan protein, yang membantu membuat balita kenyang lebih lama. Ini penting dalam hal fokus dan perhatian.

Namun, itu juga mengandung vitamin dan mineral yang meningkatkan fungsi otak, dan bonusnya, ada probiotik, yang penting untuk kesehatan usus yang baik.

Kebanyakan balita akan makan yogurt yunani tanpa masalah. Namun agar semakin maksimal, Mama dapat menambahkan buah beri atau kacang cincang atau biji-bijian dapat ditambahkan ke dalam yogurt untuk membuatnya lebih menyehatkan otak.

Atau jika Mama ingin memberikan tekstur yang berbeda, Mama dapat membuat greek yogurt menjadi es loli, yang disukai balita.

9. Daging sapi tanpa lemak

9. Daging sapi tanpa lemak
Pexels/Lukas

Masih dilansir dari Smart Advice For Parenting, daging sapi tanpa lemak adalah sumber protein yang luar biasa, yang juga menyediakan zat besi dan zinc, yang merupakan penguat memori.

Tentu saja dengan daging sapi tanpa lemak, pilihannya sangat luas dalam hal menu makanan. Dari tumis daging yang dicampur sayuran untuk hidangan utama, atau bahkan burger yang terbuat dari daging giling tanpa lemak.

Membuat olahan daging di sendiri di rumah, adalah pilihan yang bagus untuk menjaga kesehatan anak serta meningkatkan kecerdasan otak.

10. Sayuran

10. Sayuran
Freepik/freepik

Semakin banyak warna, semakin banyak vitamin yang didapat balita dari sayuran yang dikonsumsi. Dilansir WebMD, sayuran berwarna cerah penuh dengan antioksidan, yang penting untuk menjaga sel-sel otak tetap sehat.

Meski kadang penuh perjuangan untuk memberikan balita sayuran, ada beberapa cara yang bisa Mama lakukan untuk menyiasatinya. Dari memasukkannya ke dalam smoothie, makanan yang dipanggang, sup, saus, dan banyak lagi.

Si Kecil kemungkinan akan menikmati sayurannya, bahkan ia tidak menyadari bahwa sayuran ditambahkan ke makanan favoritnya.

Nah itulah beberapa makanan untuk meningkatkan kecerdasan anak balita. Otak adalah organ tubuh yang 'sangat lapar'. Artinya otak adalah organ tubuh pertama yang menyerap nutrisi dari makanan yang si Kecil makan.

Sehingga penting sekali bagi Mama untuk memerhatikan 'makanan otak' di atas, yang tak hanya dapat membantu meningkatkan pertumbuhan otak, namun juga meningkatkan fungsi otak, memori, dan konsentrasi, yang baik untuk kecerdasan anak.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk