7 Manfaat Air Kelapa untuk Anak Balita yang Sangat Bergizi

Rasa air kelapa yang manis dan segar membuat si Kecil mudah menyukainya

28 September 2021

7 Manfaat Air Kelapa Anak Balita Sangat Bergizi
tripadvisor.co.uk

Membuat si Kecil mengonsumsi makanan bergizi dapat menjadi tantangan, begitu pula ketika ingin menemukan minuman yang sehat namun menarik untuk balita.

Sebagian besar anak-anak suka hal-hal yang terasa manis, sehingga cenderung meminta minuman manis. Namun, membimbing anak menuju pilihan yang lebih sehat dan seimbang penting untuk kesehatannya secara keseluruhan.

Air kelapa bisa menjadi solusi minuman yang menyegarkan dan mudah disukai balita. Selain itu air kelapa juga dianggap mengandung banyak nutrisi dalam bentuk yang sederhana dan segar.

Apa saja kandungan dan manfaat air kelapa untuk balita? Yuk simak informasinya yang telah Popmama.com rangkum di bawah ini!

Kandungan Nutrisi dalam Air Kelapa

Kandungan Nutrisi dalam Air Kelapa
Freepik/Wirestock

Kelapa tumbuh di iklim tropis di pohon yang secara ilmiah dikenal sebagai Cocos Nucifera, dan secara botani dianggap sebagai buah. Sedangkan, air kelapa adalah cairan yang ditemukan di tengah kelapa muda berwarna hijau, yang membantu menyehatkan buah.

Saat kelapa matang, yang memakan waktu sekitar 10-12 bulan, sebagian cairan tetap ada, sementara sisanya matang menjadi daging putih padat yang dikenal sebagai daging kelapa.

Dilansir dari Healthline, air kelapa mengandung 94 persen air dan sangat sedikit lemak. Satu cangkir (240 ml) mengandung 60 kalori, serta beberapa nutrisi, termasuk Vitamin C, magnesium, dan potasium yang semuanya penting untuk anak-anak.

Ini juga mengandung elektrolit, seperti kalium, kalsium, dan natrium, yang hilang melalui keringat selama anak beraktifitas. Kandungan lainnya termasuk karbohidrat, gula (8 gram), dan juga fosfor.

Setelah mengetahui kandungan nutrisi dalam air kelapa, simak manfaatnya di bawah ini:

1. Memiliki kandungan elektrolit yang menambah energi anak

1. Memiliki kandungan elektrolit menambah energi anak
Freepik

Air kelapa dikenal sebagai elektrolit alami, membuatnya sangat cocok sebagai minuman olahraga tradisional. Dibuat tanpa tambahan gula, pewarna makanan, atau pemanis buatan, Mama dapat memberikan anak air kelapa untuk menambah energinya secara alami.

Dilansir dari Medical News Today, sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa air kelapa dapat berfungsi sebaik minuman olahraga tradisional untuk membuat anak tetap terhidrasi dan membantu mengisi kembali cairan setelah beraktifitas.

Para peneliti juga merekomendasikan untuk menghindari air kelapa dengan tambahan gula karena dapat mencegah hidrasi yang tepat dan menambah kalori yang tidak perlu.

2. Menghidrasi tubuh

2. Menghidrasi tubuh
travelwithbender.com

Ini adalah salah satu keuntungan terbesar dari minum air kelapa. Terhidrasi tidak hanya membuat tubuh si Kecil berfungsi dengan baik. Sebuah penelitian yang dilakukan di  Harvard T.H. Chan School of Public Health, menunjukkan hidrasi dapat meningkatkan kualitas tidur, kognisi, dan suasana hati.

“Pada umumnya, air kelapa hanyalah cara yang menyenangkan dan lezat untuk mengonsumsi lebih banyak air,” ujar Serena Poon, CN, CHC, CHN yang dilansir dari Parade.

Terkadang balita merasa sulit atau bosan untuk minum begitu banyak air, jadi akan lebih baik untuk menggantinya sedikit dan menambahkan minuman seperti air kelapa tanpa pemanis.

Poon menambahkan bahwa air kelapa secara intrinsik mengandung gula dan natrium, sehingga ia tidak merekomendasikan untuk memberikan anak lebih dari satu air kelapa per hari.

Editors' Picks

3. Mengatasi berbagai masalah pencernaan

3. Mengatasi berbagai masalah pencernaan
parenting.firstcry.com

Apakah si Kecil sedang memiliki masalah terkait pencernaan? Berikan saja ia segelas air kelapa yang mengandung banyak serat. Air kelapa yang alami dan segar membantu menyembuhkan banyak masalah pencernaan.

Air kelapa mengandung serat konsentrasi tinggi, yang meningkatkan pencernaan dan meminimalkan terjadinya refluks asam. Air kelapa juga bekerja dalam mengatasi diare, tukak lambung dan banyak masalah terkait lambung lainnya seperti dispepsia, perut kembung dan muntah.

Selain itu, air kelapa juga menyediakan kebutuhan air untuk tubuh anak, dan sekaligus menggantikan air yang hilang akibat diare dan muntah. Maka, jika anak terus-menerus menderita gangguan pencernaan, memberikan air kelapa sangat membantu pemulihannya.

4. Mengatasi dan mencegah masalah terkait saluran kemih

4. Mengatasi mencegah masalah terkait saluran kemih
Scripps.org

Sebagian besar anak-anak memiliki masalah terkait saluran kemih seperti gatal, infeksi atau iritasi pada saluran kemih. Anak juga lebih rentan terhadap infeksi saluran kemih daripada orang dewasa. Minum air kelapa membantu mengobati infeksi saluran kemih pada anak-anak, karena bertindak sebagai diuretik.

Terkadang, balita yang tidak dapat buang air kecil secara memadai karena jumlah air yang rendah dalam tubuh, berisiko menyebabkan batu ginjal. Namun dengan memberikan air kelapa dapat membantu meminimalkan risiko batu ginjal dan mencegah hampir semua jenis masalah ekskresi.

Maka, berilah si Kecil segelas penuh air kelapa yang membantu menyingkirkan masalah terkait saluran kemih.

5. Membantu menguatkan tulang

5. Membantu menguatkan tulang
freepik/master1305

Air kelapa membantu menguatkan tulang si Kecil yang penting selama masa pertumbuhan dan perkembangannya. Hal ini karena air kelapa mengandung sejumlah besar kalsium yang merupakan faktor utama untuk kekuatan tulang anak-anak.

Kalsium air kelapa diserap oleh tulang dengan cepat karena air kelapa yang cair membantu kalsium mencapai tulang melalui darah dengan sangat mudah.

6. Meningkatkan sirkulasi darah

6. Meningkatkan sirkulasi darah
Freepik/Cookie-studio

Dilansir dari India Parenting, air kelapa dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah anak. Lebih banyak sirkulasi darah, maka meningkatkan lebih banyak penyerapan oksigen.

Dan ketika balita lebih banyak mendapatkan penyerapan oksigen, ini akan membantunya untuk selalu bugar dan energik, serta meningkatkan daya konsentrasinya.

Tak hanya itu saja, sirkulasi darah yang baik memberikan oksigen yang cukup untuk kulitnya dan menghilangkan kotoran. Hasilnya, si Kecil akan menikmati kesehatan yang baik, serta kulit yang sehat dan bersih

7. Meningkatkan kesehatan kulit

7. Meningkatkan kesehatan kulit
Freepik/kariyukav

Air kelapa mengandung sejumlah besar berbagai jenis mineral yang membantu mengeluarkan kelebihan minyak dari tubuh dan meningkatkan kadar air di kulit anak. Kandungan anti-mikroba, anti-virus dan anti-bakteri air kelapa melindungi kulit anak dari berbagai jenis infeksi, gatal-gatal atau iritasi kulit.

Namun manfaat ini juga bisa dirasakan ketika digunakan secara topikal. Air kelapa dapat mencegah noda dan jerawat muncul di kulit anak, ketika Mama mengoleskannya. Ini juga membantu mengencangkan kulit si Kecil dan membantunya memiliki kulit yang bersih, jernih, dan sehat.

Itulah beberapa manfaat dari air kelapa yang perlu Mama ketahui. Namun dalam memilih air kelapa untuk balita, tentu ada beberapa hal yang perlu Mama perhatikan. Berikut adalah cara memilih air kelapa yang tepat untuk balita.

Tips Memilih Air Kelapa untuk Anak Balita

Tips Memilih Air Kelapa Anak Balita
Unsplash/Meimei Ismail

Ketika memberikan air kelapa untuk balita, penting untuk mencari air kelapa yang murni secara alami. Sehingga tidak membuat Mama khawatir akan terkontaminasi. Selain itu, ada beberapa tips lainnya dalam memilih air kelapa:

  • Selalu pilih kelapa hijau segar.
  • Pastikan kelapa dipotong di depan Mama, sebelum Mama atau balita meminum airnya.
  • Minum segera setelah kelapa dipotong. Air kelapa cenderung kehilangan nutrisinya semakin lama bercampur dengan lingkungan.
  • Gunakan sedotan bersih atau tuangkan air kelapa ke dalam cangkir bersih.
  • Jika ingin memberikan air kelapa dalam bentuk kemasan, penting untuk membaca label dengan cermat, karena beberapa merek mengandung tambahan gula dan rasa buatan. Air kelapa biasa tanpa pemanis selalu menjadi pilihan terbaik untuk balita.
  • Selalu berhati-hati ketika ingin memberikan daging kelapa pada balita, karena bisa menyebabkan tersedak.

Kini Mama sudah mengetahui apa saja kandungan, manfaat, dan cara memilih air kelapa untuk balita. Jangan ragu lagi ya Ma untuk memberikan air kelapa. Si Kecil akan suka minum air kelapa karena rasanya yang cukup manis dan juga segar untuk memanjakan lidahnya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.