Wow! Inilah 6 Manfaat Penting Belajar Musik bagi Anak Sejak Dini

Musik memberikan manfaat penting bagi anak di usia muda hingga dewasa lho!

12 Januari 2022

Wow Inilah 6 Manfaat Penting Belajar Musik bagi Anak Sejak Dini
Freepik/Gpointstudio

Pikiran kecil anak-anak mampu mempelajari banyak hal, sehingga si Kecil dapat belajar dengan cepat pada tahap awal kehidupannya. Selain itu, ketika mereka mengetahui hal-hal kecil lebih awal, mereka akan cenderung mengingatnya untuk waktu yang lama.

Oleh karena itu, jika Mama tertarik untuk membuat anak memiliki hobi atau minat musik di masa depan, cobalah kenalkan ia pada dunia musik sejak usia dini. 

Tak hanya meningkatkan kreativitas si Kecil, musik adalah sesuatu yang dapat membantu anak-anak tumbuh dan belajar banyak keterampilan serta memperkuatnya pada usia muda.

Ada banyak manfaat belajar musik pada tahap awal. Berikut Popmama.com telah merangkum enam manfaat penting belajar musik bagi anak sejak dini. Yuk simak!

1. Meningkatkan konsentrasi dan percaya diri yang sehat

1. Meningkatkan konsentrasi percaya diri sehat
Pexels/Alena Shekhovtcova

Anak-anak yang mulai belajar musik dari tahap awal dapat meningkatkan daya konsentrasinya. Seorang balita sangat membutuhkan konsentrasi untuk meningkatkan kemampuan membaca, menulis, berhitung, dan lain-lain.

Ketika ia mulai belajar dan memainkan musik, secara otomatis anak akan mengembangkan konsentrasinya dan lebih percaya diri. Keyakinan ini diperlukan di setiap tahap kehidupan anak.

Selanjutnya, musik dapat memberikan harga diri di tahun-tahun perkembangan anak. Membaca musik dari lembaran, dan menemukan nada yang tepat dari sebuah instrumen sangat mirip dengan belajar bahasa lain, dengan latihan yang rutin.

2. Membangun keterampilan sosial dan kemampuan bekerja sama dalam tim

2. Membangun keterampilan sosial kemampuan bekerja sama dalam tim
Freepik

Balita perlu meningkatkan keterampilan sosialnya. Pada tahun-tahun pertumbuhan anak-anak, setiap orangtua perlu memberikan berbagai kegiatan di mana anak dapat melatih keterampilan sosialnya, termasuk belajar musik.

Ketika anak belajar musik dengan guru profesional atau di kelas kursus musik untuk balita, ia akan berinteraksi dengan guru dan anak-anak lain, yang menuntutnya untuk membangun kemampuan bekerja sama dalam sebuah tim.

Di kelas musik, anak lain mungkin berbagi minat musik pada anak mama, sehingga diskusi kelompok ini membangun jembatan untuk memahami perbedaan pendapat dan budaya bagi anak-anak. Selain itu, para anak juga memiliki keuntungan untuk mempelajari berbagai jenis musik.

Dalam pertunjukkan musik, anak juga perlu berkoordinasi satu sama lain untuk memberikan kinerja yang lebih baik. Dengan demikian, mereka mengembangkan kemampuan membangun tim dan karena inilah keterampilan sosialnya dapat meningkat lebih baik.

Editors' Picks

3. Meningkatkan fungsi otak, seperti daya ingat dan kecerdasan pada anak-anak

3. Meningkatkan fungsi otak, seperti daya ingat kecerdasan anak-anak
Freepik

Dilansir dari Neuroscience for Kids, musik meningkatkan fungsi otak pada anak-anak. Pada awal 1990-an, sebuah eksperimen dilakukan yang menunjukkan bahwa mendengarkan musik klasik dapat meningkatkan daya ingat.

Efek ini kemudian dikenal sebagai "Efek Mozart" karena pemilihan musik yang tampaknya meningkatkan daya ingat adalah lagu karya 'Wolfgang Amadeus Mozart'. Sehingga dipercaya bahwa mendengarkan musik akan menjadi cara yang baik untuk meningkatkan daya ingat dan kecerdasan.

Tak hanya itu saja, kegiatan yang terlibat dalam musik seperti menyanyi, memainkan alat musik, atau bahkan mendengarkan musik, juga dapat merangsang fungsi otak. Latihan otak ini dapat dilakukan sambil bernyanyi atau mendengarkan musik. 

Di sisi lain, musik yang damai membantu anak-anak melepaskan stres dan kecemasan, serta memberikan istirahat bagi pikiran balita.

4. Membantu anak menguasai kemampuan yang dibutuhkan di lingkungan kerja di masa depan

4. Membantu anak menguasai kemampuan dibutuhkan lingkungan kerja masa depan
Pixabay/jamplops

Mencari tahu cara memainkan musik pada usia dini, tak hanya menguntungkan anak-anak dalam kehidupannya saat ini. Tetapi juga membantunya menguasai kemampuan yang sangat dibutuhkan di lingkungan kerja di masa depan.

Selain itu, menghabiskan waktu dengan bermain musik, memungkinkan anak memperoleh konsentrasi dan disiplin yang diperlukan untuk membantunya secara efektif mulai dari, masa pendidikan hingga berkarir.

Dengan demikian, musik meningkatkan keterampilan anak yang membantunya di sepanjang hidup.

5. Menggunakan sisi kreatif dalam musik untuk menghilangkan stres dan menenangkan diri

5. Menggunakan sisi kreatif dalam musik menghilangkan stres menenangkan diri
Freepik/standret

Bukan suatu hal yang mengherankan lagi jika musik adalah media untuk mengekspresikan dan menunjukkan kreativitas seseorang. Ketika si Kecil belajar musik, ia memiliki media khusus untuk mengekspresikan perasaan dan idenya.

Tak sedikit para musisi yang menggunakan berbagai teknik kreatif dari bermusik untuk menenangkan dan menghilangkan stres. Jadi, ketika si Kecil memupuk musik, ia mendapatkan ketenangan pikiran dan rileks serta melepaskan stres dan ketegangan secara lebih efektif.

Menari di atas musik membuat hidupnya juga lebih menarik dan penuh sukacita. 

6. Meningkatkan keterampilan belajar anak

6. Meningkatkan keterampilan belajar anak
Freepik/v.ivash

Mengetahui cara bermain musik pada usia dini menawarkan kesempatan luar biasa bagi orangtua untuk membantu perkembangan anak mereka.

Sikap disiplin yang anak kembangkan selama berlatih instrumen secara konsisten, akan mendorong kemajuan dalam kemampuan belajar serta meningkatkan kecenderungan belajar.

Kemampuan ini akan membantu anak di tahun-tahun awal usia sekolahnya hingga selama pendidikan tinggi. Mama juga dapat memilih musik yang berisi pesan instruktif dan bermakna untuk mengembangkan potensi belajar anak.

Kini Mama telah mengetahui apa saja manfaat belajar musik bagi anak sejak dini. Dengan seni musik, anak tak akan pernah dituntut untuk menjadi sangat baik dalam memainkan atau menyanyikan musik apapun, tetapi ia perlu mengasah kreativitasnya untuk menghasilkan sebuah karya.

Jadi, kenalkan si Kecil agar ia menjelajahi musik, mendengarkannya, dan menari mengikutinya. Dan Mama akan menyadari ketika anak akan mengembangkan banyak keterampilan. Tertarik untuk mengenalkan anak pada musik, Ma?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.