11 Pengobatan Alami untuk Mengatasi Sakit Telinga pada Anak

Sakit telinga dapat menyebabkan rasa sakit dan tak nyaman pada si Kecil

27 Oktober 2021

11 Pengobatan Alami Mengatasi Sakit Telinga Anak
Freepik

Sakit telinga adalah penyebab rasa sakit dan ketidaknyamanan yang umum bagi semua orang. Pada anak-anak, ini menjadi kekhawatiran yang lebih besar karena balita mungkin belum mengetahui penyebab rasa sakit yang dialaminya.

Ada banyak penyebab sakit telinga pada anak, seperti infeksi, gendang telinga berlubang, dan bisul. Jika si Kecil terus-menerus menangis, terlihat gelisah, memegang telinganya, dan terus menjauhi Mama, ia mungkin mengalami infeksi telinga.

Sebelum mencari pengobatan di apotek, ada beberapa pengobatan rumahan sederhana yang bisa mengatasi sakit telinga pada anak-anak. Berikut Popmama.com rangkum daftarnya di bawah ini!

1. Kompres hangat

1. Kompres hangat
Freepik/Jcomp

Gunakan kompres handuk hangat untuk mengurangi nyeri di sekitar telinga dan leher anak. Mama dapat menghangatkan handuk dengan menekannya di atas setrika hangat. Selain itu, bantalan pemanas atau botol plastik kecil berisi air hangat juga dapat digunakan.

Saat meletakkan kompres, anak seringkali bergerak karena ia mungkin merasa tidak nyaman. Jangan marah atau kesal dengan hal ini, tetapi cobalah untuk membujuknya dengan tegas agar anak merasa nyaman.

2. Kompres dingin

2. Kompres dingin
Freepik/Bonnontawat

Jika kompres hangat tidak membantu, gunakan kompres dingin. Berhati-hatilah dan hindari meletakkan es langsung pada kulit balita, karena dapat menghentikan aliran darah. Es bisa dimasukkan ke dalam tas tahan air atau dibungkus dengan handuk.

Susu beku juga bisa menjadi alternatif untuk kompres dingin. Jika kehabisan es, Mama juga bisa mengisi air dingin ke dalam botol plastik kecil dan perlahan tempelkan ke area telinga dan leher anak untuk mengurangi rasa sakitnya.

3. Minyak zaitun

3. Minyak zaitun
Freepik/racool_studio

Dilansir dari parenting.firstcry.com, minyak zaitun juga menjadi salah satu pengobatan alami yang efektif untuk mengobati infeksi telinga pada anak-anak. Penggunaannya pun sederhana, cukup panaskan sedikit minyak zaitun dalam wajan bersih atau microwave sampai mencapai suhu tubuh.

Kemudian oleskan sedikit minyak di sekitar dan di dalam telinga yang terkena infeksi dengan cottonbud bersih. Pastikan Mama menggunakan handuk di bagian leher anak untuk menghindari noda tetesan minyak di pakaian anak.

4. Bawang putih

4. Bawang putih
Freepik/Racool_studio

Dilansir dari healthline.com, menggunakan bawang putih secara topikal dapat membantu meringankan rasa sakit akibat sakit telinga. Hal ini ditulis pada studi tahun 2001 yang ditulis di Journal of the American Medical Association.

Studi ini mengatakan 103 anak-anak yang menderita sakit telinga akibat infeksi telinga tengah, menemukan obat tetes telinga naturopati yang mengandung bawang putih (Allium sativum) dan bahan-bahan herbal lainnya, sama efektifnya dalam mengatasi sakit telinga seperti obat tetes telinga yang dijual bebas (OTC).

Untuk merasakan manfaatnya, Mama dapat menghancurkan beberapa siung bawang putih dan panaskan dengan minyak wijen atau zaitun. Saring menggunakan kain bersih dan oleskan minyak bawang putih ini di dalam dan sekitar telinga yang terkena.

Editors' Picks

5. Minyak kayu putih

5. Minyak kayu putih
Freepik/bowonpat

Hindari untuk menggunakan minyak kayu putih dalam bentuk murni, karena efeknya kuat dan menyengat. Untuk itu sebelum menggunakannya pada telinga anak, Mama dapat mencampurkannya lagi dengan minyak pembawa seperti minyak kelapa, minyak wijen, atau minyak zaitun.

Setelah itu, hangatkan sedikit menggunakan alat masak yang bersih atau microwave. Pijat area di sekitar telinga dan leher dengan gerakan ke bawah, panaskan kembali setiap kali minyak menjadi dingin.

6. Minyak mustard

6. Minyak mustard
Freepik/Rezkrr

Dalam kebanyakan kasus, telinga secara alami mengeluarkan kotoran telinga yang berlebih untuk menghindari penumpukan. Namun, jika hal ini tidak terjadi, kotoran telinga dapat mengeras sehingga dapat menyebabkan penyumbatan dan menyebabkan infeksi pada telinga anak.

Untuk mengatasinya, taruh beberapa tetes minyak mustard hangat di telinga yang terinfeksi untuk mengurangi penyumbatan. Beberapa kotoran yang lembut akan keluar dengan sendirinya, dan beberapa tetes minyak lagi dapat digunakan untuk menghilangkan sisa lilin.

Minyak mustard membersihkan area yang terinfeksi dengan menghilangkan lilin dan benda asing kecil dalam telinga. Mama juga dapat menggunakan senter untuk memeriksa telinga anak dan melihat apakah sudah bersih.

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Mama ikuti untuk menghilangkan kotoran telinga:

  1. Tuang satu tutup botol minyak mustard ke telinga anak yang sakit
  2. Tunggu beberapa menit
  3. Tutupi telinga anak dengan tisu
  4. Miringkan kepala untuk mengeluarkan cairan

7. Air Susu Ibu (ASI)

7. Air Susu Ibu (ASI)
Freepik/Zilvergolf

Ini menjadi pilihan yang tepat untuk ibu menyusui, dilansir dari verywellfamily.com, ASI tidak hanya bergizi, tetapi juga mengandung zat lain yang menjaga kesehatan anak dan membantunya melawan penyakit dan infeksi.

Selain itu, sebaiknya tidak diberikan langsung dari payudara karena tekanannya akan terlalu keras pada telinga balita. Pendekatan terbaik adalah mengumpulkan ASI dalam wadah bersih agar tidak terinfeksi oleh kotoran atau debu apapun.

Kemudian ambil pipet penetes telinga untuk menaruh beberapa tetes ASI segar ke telinga yang terinfeksi.

8. Garam

8. Garam
Freepik/Racool_studio

Garam kemungkinan besar ada di dapur, tetapi mungkin tidak ada di lemari obat Anda. Namun, Mama tentunya sudah tahu bagaimana garam bekerja sebagai pengobatan rumahan. Garam menjadi obat alami efektif untuk penyakit umum karena sifat antibakteri dan penyembuhannya.

Salah satu cara alami dan efektif untuk meredakan sakit telinga adalah dengan kaus kaki garam hangat. Mama dapat menggunakan garam kasar dengan cara memanaskan secangkir garam kasar di dalam microwave selama satu menit.

Lalu campur dan panaskan kembali selama satu menit. Kemudian campuran ini bisa dimasukkan ke dalam kaus kaki katun dan diikat di ujung yang terbuka. Letakkan di atas telinga yang terinfeksi selama 10 menit dan ulangi jika perlu.

9. Bawang

9. Bawang
Freepik/Racool_studio

Dilansir dari businessinsider.com, hingga saat ini belum ada penelitian yang membuktikan bahwa bawang bombay membantu mengatasi infeksi telinga. Namun, kandungan bawang bernama Quercetin flavonoid dikenal dapat membantu mengatasi infeksi telinga pada anak.

Studi laboratorium telah menunjukkan bahwa quercetin memiliki sifat anti-inflamasi tertentu, tetapi belum jelas apakah itu bekerja dengan cara yang sama pada manusia.

Namun, jika ada efek anti-inflamasi dari bawang, secara teoritis bawang dapat membantu mengatasi pembengkakan dan tekanan di telinga serta mengurangi rasa sakit. Kualitas anti bakteri dari bawang juga akan membantu melawan infeksi dan mengurangi rasa sakit.

Jika ingin menerapkannya pada telinga anak, angkat telinga yang terinfeksi dalam posisi tinggi untuk mengurangi aliran darah. Potong bawang bombay kecil atau bawang merah, panaskan dengan api kecil untuk melembutkannya, dan ambil ekstrak sarinya, lalu teteskan beberapa tetes ke telinga anak.

10. Minyak pohon teh (tea tree oil)

10. Minyak pohon teh (tea tree oil)
Freepik/Yanadjana

Minyak pohon teh juga dapat digunakan untuk pengobatan sakit telinga pada anak-anak. Dilansir dari expressmdcare.com, minyak pohon teh memiliki sejumlah khasiat terapeutik termasuk, antibakteri, antiseptik, antivirus, antimikroba, fungisida, insektisida, balsamic, ekspektoran dan stimulan.

Semua khasiat ini membuat minyak pohon teh dan obat herbal yang tepat digunakan saat anak mengalami sakit telinga atau infeksi.

Tambahkan beberapa tetes minyak pohon teh yang diencerkan dengan minyak zaitun; hangatkan sampai mencapai suhu tubuh. Gunakan pipet bersih untuk meletakkan beberapa tetes di setiap telinga.

11. Basil

11. Basil
Freepik/jcstudio

Selain menjadi campuran masakan, basil juga dapat digunakan untuk menjadi obat tradisional yang sederhana dan berguna dengan harga yang terjangkau. Basil dikenal karena khasiat obatnya yang kuat.

Dilansir dari medicalnewstoday.com, sebuah studi dari tahun 2005 menemukan bahwa minyak basil efektif dalam mengobati infeksi telinga pada tikus. Para peneliti menggunakan tikus dengan infeksi baik dari bakteri Streptococcus pneumoniae atau Haemophilus influenzae.

Jika ingin merasakan manfaatnya, cara penggunaannya pun mudah, yaitu dengan menghancurkan daun basil lalu ambil ekstrak sarinya dan taruh beberapa tetes di telinga anak.

Nah itulah beberapa pengobatan perumahan untuk mengatasi sakit telinga pada anak. Sakit telinga biasanya merupakan gejala daripada penyakit, seperti pilek, flu, dan hidung tersumbat.

Daftar di atas adalah pengobatan rumahan sederhana untuk bantuan cepat, tetapi penting untuk mengidentifikasi penyebabnya. Namun, perlu diketahui bahwa tidak semua sakit telinga bisa diatasi dengan pengobatan rumahan.

Masalah seperti telinga berlubang dan infeksi ekstensif dapat merusak pendengaran anak secara permanen. Sehingga penting bagi Mama untuk membawa anak ke dokter anak jika rasa sakitnya tak tertahankan atau berlanjut selama lebih dari seminggu.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.