Tips Mendidik Anak agar Menyayangi dan Peduli pada Hewan

Melatih anak untuk peduli dan berempati pada makhluk hidup

11 Agustus 2020

Tips Mendidik Anak agar Menyayangi Peduli Hewan
Freepik/Prostooleh

Menjadi orangtua berarti tidak hanya wajib mendidik anak secara akademis, namun juga wajib mendidik karakter, moral, dan rasa kemanusiaan anak.

Dalam mendidik hal ini, tidak bisa dilakukan secara teori namun harus dari praktiknya secara langsung.

Bukan hanya kepedulian pada sesama manusia saja, namun anak juga perlu menyayangi dan peduli pada makhluk hidup selain manusia, yaitu hewan.

Mulai dari belajar menyayangi dan peduli pada hewan, nantinya anak dapat terbiasa untuk peduli dan berempati.

Tetapi bagaimanakah cara melakukannya?

Nah berikut ini Popmama.com akan memberikan beberapa tips agar memiliki anak yang peduli dan menyayangi hewan, simak baik-baik ya Ma!

1. Memelihara hewan favorit anak di rumah untuk menimbulkan naluri pada anak

1. Memelihara hewan favorit anak rumah menimbulkan naluri anak
Freepik/Morganval

Cara pertama yang dapat Mama lakukan adalah, mulailah dengan memelihara hewan dirumah. Mama dapat membicarakannya pada anak hewan apa yang kira-kira ingin dipeliharanya, bisa anjing, kucing, ikan, kelinci dan sebagainya.

Perlahan-lahan, akan juga akan mulai terbiasa dengan kehadiran hewan yang di dekatnya, dan hal ini dapat menimbulkan naluri pada anak untuk menyayangi dan merawat hewan.

Memiliki hewan di rumah, juga dapat menyalurkan emosi anak. Sehingga, dapat menghasilkan rasa nyaman, agar anak terhindar dari stres dan kesepian.

Selain itu anak akan lebih tenang ketika berinteraksi dengan hewan kesayangannya.

Editors' Picks

2. Mengisi waktu luang bersama anak dengan berlibur ke kebun binatang

2. Mengisi waktu luang bersama anak berlibur ke kebun binatang
Freepik/Rawpixel-com

Selanjutnya, jika anak belum ingin memelihara hewan terlebih dahulu, cara yang benar dalam mendidik anak untuk menyayangi hewan adalah mengajak anak untuk berlibur ke kebun binatang.

Ia dapat melihat ada berbagai macam hewan di dunia ini, dan melihat bagaimana kehidupan hewan di habitatnya.

Mama dapat mulai menyebutkan nama-nama hewan untuk mengenalkannya pada anak.

Pada beberapa kebun binatang, juga terdapat zona di mana anak bisa menyentuh hewan-hewan. Di sini bisa melatih anak untuk mulai menyukai hewan.

Setelah itu, anak bisa menemukan mana hewan kesukaannya.

3. Tidak menyakiti hewan dan tidak menjelek-jelekan bentuk fisik hewan di depan anak

3. Tidak menyakiti hewan tidak menjelek-jelekan bentuk fisik hewan depan anak
Freepik

Cara lainnya adalah penting untuk tidak menunjukkan perilaku kasar atau menyakiti hewan di depan anak. Karena pada masa tumbuh kembangnya, anak cenderung meniru apa yang orangtua lakukan.

Sehingga, sebisa mungkin untuk jangan sampai anak berpikir bahwa menyakiti hewan adalah hal wajar. Serta, hindari juga untuk menjelek-jelekkan bentuk fisik hewan apapun.

Sebaliknya, Mama dapat menceritakan pada anak keunikan yang terdapat pada fisik setiap hewan, dan tunjukkan kasih sayang Mama pada hewan di depan anak, agar anak pun juga ingin melakukan hal tersebut.

4. Membacakan cerita yang menjadikan hewan sebagai tokoh utamanya

4. Membacakan cerita menjadikan hewan sebagai tokoh utamanya
Pexels/Andrea Piacquadio

Cara lainnya adalah dengan mengajak anak belajar tentang hewan. Tidak perlu terlalu sulit dan pusing, mulai saja dengan suatu hal yang sederhana, seperti membacakan cerita yang menjadikan hewan sebagai tokoh utamanya.

Terdapat banyak cerita tentang hewan atau fabel dari Indonesia, seperti si Kancil dan si Siput, Gajah yang baik hati, Kerajaan Tikus dan Kucing, dan masih banyak lagi.

Lalu anak akan penasaran dan banyak bertanya soal hewan-hewan lainnya, nah dari hal ini Mama bisa mengajaknya belajar pengetahuan dasar tentang berbagai hewan.

5. Memberi makan hewan liar ketika di luar rumah, baik itu kucing, anjing, atau burung

5. Memberi makan hewan liar ketika luar rumah, baik itu kucing, anjing, atau burung
Freepik/User19739995

Cara terakhir yang bisa Mama lakukan adalah, mengajari anak untuk berbagi dan memberi makan hewan liar ketika keluar rumah, baik itu kucing, anjing, burung, atau lainnya.

Namun, beritahu juga hewan apa saja yang sebaiknya tidak didekati agar anak tidak sembarangan mendekati hewan berbahaya.

Nah itulah tadi beberapa tips dalam mendidik anak untuk menyayangi dan juga peduli pada hewan. Mama sudah melakukan cara yang mana?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.