7 Aktivitas Seru di Dalam Rumah yang Membuat si Kecil Turut Belajar

Wah, ada aktivitas melakukan eksperimen sains yang aman untuk Si Kecil nih, Ma

27 Desember 2020

7 Aktivitas Seru Dalam Rumah Membuat si Kecil Turut Belajar
psychologytoday.com
Yuk, bantu Si Kecil membangkan bakat unggulnya, Ma! Kira-kira apa, ya?

Dalam keseharian, Mama pasti mengupayakan segala yang terbaik untuk menghadirkan aktivtias-aktivitas seru yang bisa memotivasi Si Kecil untuk menjalaninya.

Akan tetapi, tahukah Mama? Ada baiknya jika aktivitas tersebut juga membuat si Kecil belajar.

Hal ini dapat diwujukan melalui berbagai macam aktivitas yang tidak serta merta hanya bersifat seru dan menghibur tetapi juga menghadirkan berbagai unsur pendidikan seperti Matematika, Sains, Bahasa dan lainnya.

Sebagai rekomendasi,Popmama.commenyediakan 7 aktivitas seru di dalam rumah yang membuat si Kecil turut belajar di bawah ini.

Selamat mencoba dan bermain bersamas si Kecil!

1. Eksperimen menciptakan awan

1. Eksperimen menciptakan awan
onelittleproject.com

Mari kita mulai aktivitas seru di dalam rumah yang membuat si Kecil turut belajar melalui sebuah eksperimen Sains yang aman untuk si Kecil.

Salah satu aktivitas yang kami rekomendasikan adalah menciptakan awan di dalam rumah Mama.

Benar sekali! Hal tersebut nyatanya mungkin untuk diwujudkan di mana Mama hanya membutuhkan krim yang biasa digunakan Papa untuk mencukur kumis lalu letakkanlah di atas dasar air di dalam gelas berwarna bening.

Dari situ, Mama dapat meneteskan beberapa pilihan pewarna makanan yang akan menunjukkan reaksi Sains seperti berikut: krim membesar dan lalu meneteskan titik-titik air menyerupai hujan pada bagian bawah sehingga memberi warna pada air tersebut.

Si Kecil tentu saja akan sangat senang ketika melihat sekaligus ikut terlibat melakukannya.

Dalam waktu bersamaan, anak mama pun jadi belajar mengenai proses awan menghasilkan hujan.

Mama bisa lho, sambil menjelaskannya dengan sederhana dan jelas.

2. Mari rawat tanaman di taman rumah

2. Mari rawat tanaman taman rumah
Pixabay/vikvarga

Masih melirik aktivitas yang berhubungan dengan bidang Sains, Mama-pun juga bisa mendorong Si Kecil untuk belajar mengenai bagaimana tanaman bertumbuh melalui aktivitas merawat tanaman di dalam rumah atau di taman rumah.

Tidak membutuhkan upaya yang terlalu ribet dan membebani si Kecil.

Mama cukup mengajak anak mama tercinta untuk ikut menyiram air, memberi pupuk apabila dibutuhkan serta meletakkan tanaman pada posisi yang terjangkau dengan cahaya matahari.

Memang, aktivitas ini akan membuat anak mama tercinta jadi rentan kotor karena tanah, pupuk dan semacamnya.

Namun, Mama dapat memandikannya setelah itu.

Terkadang, Mama jangan terlalu membatasi si Kecil untuk berpetualangan dalam rangka belajar.

Editors' Picks

3. Bermain puzzle bersama

3. Bermain puzzle bersama
Pixabay/miskesween

Anak mama pastilah memiliki rasa penasaran yang tinggi terhadap segala sesuatu layaknya anak kecil seusianya.

Hal ini bisa dimanfaatkan dengan mengajak si Kecil melakukan aktivitas bermain puzzle yang membuatnya penasaran terhadap gambar secara keseluruhan.

Menariknya, dalam menjalani proses bermain, anak mama akan sekaligus belajar hal penting yang patut untuk dibangun yaitu problem solving.

Selain itu si Kecil akan belajar mengenal bentuk-bentuk sebuah objek dan bagaimana caranya untuk menempatkan di posisi yang sesuai.

Tentu saja, hal ini merupakan hal yang patut dilatih saat anak kecil seusia anak mama sedang menjalani proses tumbuh kembang yang masih terbilang dini. Itu kenapa, mari sering-sering mengajak si Kecil bermain puzzle bersama, Ma!

4. Mengelompokkan objek-objek di dalam rumah

4. Mengelompokkan objek-objek dalam rumah
awkwardmom.com

Seperti yang kita ketahui, anak kecil seusia anak mama memiliki kecenderungan yang sangat suka memainkan berbagai benda, baik mainannya atau tidak, di mana hal tersebut semata-mata dikarenakan rasa penasaran terhadap objek.

Hal tersebut dapat dimanfaatkan untuk mendorong si Kecil belajar Matematika, Ma!

Mama cukup meminta anak mama untuk mengelompokkan objek-objek yang tidak berbahaya sesuai dengan kriteria tertentu, seperti ukuran, warna dan semacamnya.

Setelah si Kecil berhasil melakukannya, Mama dapat mendorong si Kecil untuk menghitung berapa banyak objek yang dikumpulkan pada masing-masing kelompok.

Jadi, anak mama bisa bermain sambil belajar berhitung dan mengenal konsep pengelompokkan ketegori.

5. Permainan ABC 5 Dasar

5. Permainan ABC 5 Dasar
Pixabay/3643825

Dalam rangka mengembangkan kemampuan bahasa anak mama tercinta, Mama bisa mengenalkan sebuah permainan ABC 5 Dasar yang tentu saja tidak asing lagi untuk Mama Milenial yang suka memainkannya saat masih remaja kala itu.

Apabila si Kecil masih belum mahir dalam menulis, Mama dan anak mama bisa memainkannya dengan cara menyebut secara verbal.

Namun, tidak ada salahnya apabila Mama mendorong anak mama untuk belajar menulis saat memainkannya.

Dengan melakukannya, si Kecil pada intinya akan belajar berbagai kosa kata baru.

Mamapun bisa membantu si Kecil untuk jauh lebih mengenal kosa kata dengan memberi penjelasan secara sederhana.

Selain itu, kami juga menganjurkan untuk Mama memberi tahu ejaan dari masing-masing kosa kata yang disebutkan anak mama dan Mama supaya kemampuan berbahasanya semakin meningkat.

6. Membaca buku

6. Membaca buku
Pinterest.com/thomasnorthcut

Meningkatkan kemampuan bahasa anak mama tidak hanya mengarah pada aktivitas yang mendorong si Kecil tercinta untuk berkata-kata secara verbal.

Hal ini juga bisa dilatih dengan mendorong anak mama untuk belajar membaca buku.

Pada tahap awal, Mama dianjurkan untuk melakukannya dengan membacakan buku dengan bersuara supaya anak mama bisa mengetahu bagaimana caranya mengucapkannya.

Setelah itu, Mama dianjurkan untuk mendorong si Kecil ikut membacanya.

7. Menikmati tontonan berbahasa asing

7. Menikmati tontonan berbahasa asing
Pixabay/mojzagrebinfo

Apabila Mama ingin si Kecil belajar bahasa asing seperti Bahasa Inggris yang terkategorikan sebagai bahasa internasional yang banyak digunakan oleh orang-orang mancanegara, Mama bisa menghadirkan aktivitas sederhana seperti menikmati tontonan berbahasa Inggris.

Cara ini akan menjadi tahap awal untuk anak mama mengenal bahasa asing dalam keseharian.

Tentu, untuk memastikan bahwa pemahamannya terhadap bahasa asing semakin meningkat, Mama dapat menambah beragam aktivitas terkait seperti membaca buku bahasa asing.

Sekarang, Mama tidak bingung lagi mengenai aktivitas seru di rumah yang bisa membuat si Kecil belajar dalam waktu bersamaan, bukan?

Jadi, tunggu apa lagi, Ma? Mari luangkan waktu keluarga Mama bersama si Kecil dengan melakukan aktivitas-aktivitas seru di atas!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.