Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Gelar Jumpa Fans Pertama, Kimbab Family Turut Berbagi Tips Parenting

Pola asuh yang penuh kasih membuat Appa Jay dan Mama Gina jadi acuan banyak orangtua

25 Januari 2023

Gelar Jumpa Fans Pertama, Kimbab Family Turut Berbagi Tips Parenting
Dok. Gushcloud

Kimbab Family yang terdiri dari Appa Jay, Mama Gina, Suji, Yunji, dan Jio sukses menggelar jumpa fans pertama mereka pada hari Sabtu (21/01/2023) bertempat di GCX, Gandaria City, Jakarta Selatan. 

Acara tersebut membawa Kimbab Family semakin lebih akrab dengan para penggemarnya, yang biasa disebut dengan keluarga online. Mereka tidak menyangka akan menerima antusiasme yang begitu tinggi. Bahkan, tiket meet and greet ini berhasil ludes dalam waktu penjualan 2 menit saja. 

Pertama kali bertemu langsung dengan ratusan keluarga online, Kimbab Family mengaku sangat deg-degan sebelum masuk ke panggung. Momen jumpa fans ini menjadi waktu yang berharga bagi keluarga Indonesia-Korea ini untuk menambah keakraban dengan subscribers dan penggemar mereka. 

Lebih seru lagi, Appa Jay dan Mama Gina juga turut menceritakan pengalaman dan tips mereka untuk urusan parenting, lho, Ma! Ingin tahu apa saja?

Simak detailnya berikut ini melalui informasi yang telah disajikan oleh Popmama.com tentang Kimbab Family turut berbagi tips parenting mereka secara khusus!

1. Persiapan menjadi orangtua dimulai dengan melatih kesabaran

1. Persiapan menjadi orangtua dimulai melatih kesabaran
Popmama.com/Nabila Els Nur Azizah

Terlihat selalu tenang dan tidak pernah marah terhadap anak-anaknya di depan layar membuat para penggemar penasaran tentang bagaimana cara Appa Jay dan Mama Gina mengelola emosi. 

Menanggapi rasa ingin tahu dari keluarga online, Mama Gina membagikan tips untuk para orangtua atau calon orangtua. 

"Menjadi orangtua itu artinya sabarnya harus gede. Kita harus bisa, nih, menerima pilihan dan konsekuensi saat memutuskan untuk menikah dan punya anak. Dengan menerima, maka kita akan menjalani proses itu tanpa rasa penyesalan." jelas Mama Gina. 

Dalam kesehariannya, Mama Gina juga mengaku sesekali pernah merasa kesal kepada anak-anaknya. Namun disitulah momen di mana manajemen emosi kita sebagai orangtua sedang diuji. 

"Merasa kesal pada anak-anak itu pasti pernah. Ketika saya marah dengan mereka, sekitar 2 menit setelahnya pasti ada rasa nyesel. Tapi dari situ, saya jadi belajar lebih sabar untuk mengendalikan amarah. Jika sedang emosi, biasanya langsung tarik nafas terus lihat lagi muka anak-anak yang lucu-lucu dan sedang senyum, rasa marah saya bisa hilang." ucap sang Mama dari Kimbab Family menurutkan ceritanya.

Namun jika anak melakukan kesalahan yang harus segera diperingati dan khawatir akan terlalu keras untuk menasihatinya, biasanya Mama Gina akan menenangkan diri terlebih dahulu dan meminta tolong sang Papa untuk berbicara kepada si anak. 

Editors' Picks

2. Papa dan Mama bisa saling bantu mengerjakan urusan rumah

2. Papa Mama bisa saling bantu mengerjakan urusan rumah
Popmama.com/Nabila Els Nur Azizah

Pekerjaan rumah seperti mencuci, menyapu, memasak, dan lain-lain bukan hanya menjadi tanggungjawab satu orangtua saja. Layaknya sebuah tim yang kompak, Appa Jay dan Mama Gina selalu saling bantu satu sama lain.

Sebagai figur Papa, Appa Jay mengaku sama sekali tidak keberatan jika harus mengerjakan tugas yang lekat dengan stereotip pekerjaan ibu rumah tangga.

"Sejak kecil, saya juga suka membantu mama di rumah. Jadi sekarang sudah terbiasa dengan pekerjaan rumah." jelas Appa Jay.

Wah, sepertinya di lingkungan rumahnya pun Appa Jay sudah diajarkan untuk membantu orangtua sedari kecil, ya, Ma?

3. Ajarkan kepada anak tentang konsep menerima dan demokrasi

3. Ajarkan kepada anak tentang konsep menerima demokrasi
Dok. Gushcloud

Sebagaimana yang kita ketahui bersama, Kimbab Family adalah keluarga multikultural dengan latar belakang yang tentu kontras dan berbeda.

Memiliki orangtua dari dua negara yang tidak sama, membuat Suji, Yunji, dan Jio lebih paham mengenai arti toleransi dalam kehidupan sehari-hari. Anak-anak ini selalu diajak untuk mengenal dan mencintai budaya Indonesia walaupun tinggal di Korea. 

Menurut Mama Gina, sangat penting bagi orangtua untuk mengajarkan anak supaya bisa belajar menerima sesuatu.

"Jangan hanya mau diterima saja, tapi kita juga harus bisa menerima" tegas Mama Gina. 

Tumbuh dengan pola asuh demokratif dari Appa Jay dan Mama Gina sepertinya memudahkan stimulus tumbuh kembang anak-anak Kimbab Family dalam melakukan toleransi.

"Kita selalu menghargai mereka seperti manusia" sahut Appa Jay saat ditanya seputar gaya parenting.

"Mereka juga punya kemauan dan perasaan sendiri, jadi sebisa mungkin kita juga membicarakan bahwa tidak perlu takut untuk mengemukakan pendapat" timpal Mama Gina menambahkan penjelasan mengenai pola asuh demokratif yang diterapkan Kimbab Family. 

4. Dukung passion anak dengan memberikan mereka kesempatan untuk mencoba

4. Dukung passion anak memberikan mereka kesempatan mencoba
Popmama.com/Nabila Els Nur Azizah

Berbicara seputar passion anak, Mama Gina dan Appa Jay tidak pernah memaksakan kehendak Suji, Yunji, dan Jio dalam memilih peminatan.

Mereka bebas memutuskan memilih kegiatan apa yang mereka sukai, contohnya seperti ekstrakurikuler di sekolah. Ketiga anak Kimbab Family memiliki kegiatan ekstrakurikuler yang bahkan lebih dari 2 lho, Ma!

Semua itu ditentukan murni dari ketertarikan anak-anak sendiri. 

"Kita langsung berikan kepada mereka, list-list ekstrakurikuler yang ada di sekolahnya. Misalnya mereka tertarik dengan banyak hal, kita kasih mereka kesempatan untuk mencoba. Dari situ, nanti kita bisa tahu penilaian dari sekolahnya seperti apa, evaluasinya bagaimana. Akhirnya kita sebagai orangtua juga bisa mengetahui hasilnya apakah anak hanya tertarik dengan namanya saja atau memang ternyata benar-benar suka dengan kegiatannya." terang Mama Gina. 

Menurut Kimbab Family, yang terpenting dalam menggali passion dan kemampuan anak adalah memberikan keluwesan kepada anak untuk mencoba hal baru serta pastikan peran orangtua selalu ada mendukung setiap langkah mereka.

5. Anak akan lebih mudah terbuka terhadap orang baru jika Mama mengenalkannya sebelum bertemu

5. Anak akan lebih mudah terbuka terhadap orang baru jika Mama mengenalkan sebelum bertemu
Popmama.com/Nabila Els Nur Azizah

Terbiasa bertemu dengan banyak orang sedari kecil, membuat anak-anak Kimbab Family sepertinya juga lebih mudah dalam hal bersosialisasi. 

Bahkan, menurut Mama Gina dan Appa Jay, ketiga anaknya sama sekali tidak merasa gugup saat hari pertama mereka sekolah, lho, Ma! Wah hebat sekali, ya?

Kendati demikian, Suji, Yunji, dan Jio terkadang juga masih sedikit tegang ketika hendak bertemu orang baru dalam waktu dekat. Untuk mengatasinya, Kimbab Family membeberkan cara menenangkan ala mereka melalui wawancara yang dilakukan oleh Popmama pada hari Sabtu (21/01/2023) di area Gandaria City, Jakarta Selatan. 

"Biasanya kalau anak agak gugup bertemu dengan orang baru di beberapa hari ke depan, kita 'perkenalkan' dulu siapa orang tersebut ke anak-anak. Misalnya kita tunjukan sosial medianya, atau konten-konten mereka, sehingga saat bertemu langsung anak sudah mendapatkan gambaran seperti apa karakter orang tersebut" urai sang Mama.

Dengan cara seperti itu, Kimbab Family mampu membuat anak lebih terbuka terhadap orang-orang baru. Memastikan bahwa orang yang akan anak-anak temui adalah orang dengan track record yang baik, akan membuat anak merasa aman dan tidak khawatir bersosialisasi. 

Jadi, begitulah beberapa tips parenting yang dibagikan oleh keluarga harmonis Kimbab Family.

Semoga dapat bermanfaat dan menginspirasi Mama dan Papa dalam memberi didikan terbaik untuk anak di rumah, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk