Ini Ma, 5 Rekomendasi Aplikasi Terbaik untuk Anak Prasekolah

Nah, selain dari buku cobain belajar dari aplikasi yuk Ma!

30 Januari 2019

Ini Ma, 5 Rekomendasi Aplikasi Terbaik Anak Prasekolah
Pixabay/StockSnap

Gadget tak melulu berdampak negatif bagi anak, namun perlu diingat bahwa anak-anak tetap harus di bawah pengawasan orangtua ketika sedang menggunakan gadget tersebut.

Ragam aplikasi ponsel maupun tablet kini pun tak melulu berisi aplikasi permainan yang membuat candu, namun ada juga aplikasi pintar yang membantu anak-anak belajar berbagai pengetahuan dan keterampilan.

Namun ada beberapa hal yang harus Mama pertimbangkan ketika memilih aplikasi yang tepat untuk anak prasekolah, diantaranya apakah kualitas aplikasi tersebut bagus dan sesuai dengan usia anak, mudah digunakan, dapat memaksimalkan potensi belajar anak, serta yang terpenting apakah aplikasi tersebut disukai oleh anak-anak?

Mungkin yang paling pas juga dengan memilih aplikasi yang menggabungkan kesenangan dengan pendidikan, agar potensi belajar anak lebih semangat dan maksimal.

Penasaran aplikasinya apa aja, yuk kita simak: 

1. The Very Hungry Caterpillar

1. The Very Hungry Caterpillar
mykidstime.com

The Very Hungry Caterpillar adalah aplikasi pop-up interaktif, yang menampilkan karakter dari buku yang berjudul sama. 

Aplikasi ini terdiri dari sejumlah permainan dan teka-teki, yang dapat membantu anak-anak kecil berlatih berhitung, menyortir, dan keterampilan mengingat.

Aplikasi ini juga dapat membantu si Kecil menemukan fakta tentang ulat bulu dan hewan lainnya, serta belajar tentang makan sehat.

Dilengkapi ilustrasi yang begitu menarik dan berhadiah badges bagi anak yang dapat memecahkan teka-teki, aplikasi ini akan membuat si Kecil ingin terus bermain sekaligus belajar.

2. Homer: Kids Learn to Read

2. Homer Kids Learn to Read
appsrankings.com

Homer adalah aplikasi interaktif dan menyenangkan yang memicu hasrat anak untuk membaca, serta membangun keterampilan kritis dengan rencana belajar baca yang dipersonalisasi.

Ketika anak-anak membaca tentang apa yang mereka sukai, umumnya anak-anak akan suka belajar membaca.

Aplikasi ini mencakup ribuan pelajaran tentang fonik, kata-kata penglihatan, ABC dan banyak lagi

Menurut penelitian di Amerika aplikasi ini telah terbukti meningkatkan skor membaca awal sebesar 74% hanya dengan waktu 15 menit sehari, dengan cerita dan kegiatan yang disesuaikan dengan minat masing-masing anak. 

Dengan begitu anak-anak akan belajar sambil bersenang-senang.

Editors' Picks

3. Busy Shapes & Colours

3. Busy Shapes & Colours
itunes.apple.com

Aplikasi ini melibatkan serangkaian teka-teki yang mengharuskan anak untuk memindahkan bentuk ke lubang yang tepat.

Hal ini mengharuskan anak untuk mengenali fitur-fitur seperti ukuran, bentuk dan warna objek.

Semakin jauh anak Mama berkembang melalui level, maka semakin sulit teka-teki yang harus dipecahkan. 

Melalui permainan ini, memastikan bahwa anak menantang diri mereka sendiri untuk maju melalui level dan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang ragam bentuk dan warna.

4. Writing Wizard

4. Writing Wizard
itunes.apple.com

Writing Wizard membantu anak belajar menulis surat dari L'Acapadou yang dirancang untuk membantu anak-anak belajar cara melacak huruf dan angka.

Aplikasi ini juga mencakup beberapa penamaan huruf dan suara fonetik, dimana memungkinkan anak-anak untuk belajar menulis dalam bentuk yang lebih kecil dan lebih panjang.

5. Todo Math

5. Todo Math
edtech.philipsweezey.com

Dengan aplikasi ini anak-anak dapat belajar angka, menghitung dan menambah, mengurangi hingga 99, serta perkalian menggunakan Todo Math.

Anak-anak juga dapat mempelajari korespondensi 1-ke-1 sekaligus berlatih menulis angka dengan benar serta menelusuri.

Todo Math adalah aplikasi matematika yang sangat mudah digunakan karena dirancang untuk membantu anak-anak dari semua kemampuan berlatih matematika.

Menggunakan visual dan suara yang menarik, serta purposeful touch.

Itulah beberapa rekomendasi aplikasi untuk anak prasekolah yang bisa Mama unduh, untuk belajar bersama si Kecil di rumah.

Selamat belajar!

Baca juga: Penggunaan Gadget Berlebihan Ganggu Saraf Vestibuler Anak

Baca juga: Sudah Tahu Busy Books? Manfaatnya bisa Mengurangi Pemakaian Gadget lho