5 Cara Mendidik Anak Perempuan agar Menjadi Pribadi yang Tangguh

Didik sedari dini agar kelak dapat menjadi pribadi yang tangguh, Ma, pa

11 Mei 2021

5 Cara Mendidik Anak Perempuan agar Menjadi Pribadi Tangguh
Pexels/monstera

Setiap orangtua tentu menginginkan buah hatinya menjadi pribadi yang kuat dan tangguh. Sebab seseorang dengan kepribadian tangguh sangat dibutuhkan dalam menghadapi berbagai tantangan hidup.

Memiliki anak yang tangguh tentu tak instan, Ma. Diperlukan didikan yang baik sedari dini agar pribadi tangguh dapat terbentuk pada si Kecil hingga ia dewasa.

Tangguh dan kuat menjadi hal yang identik dengan anak laki-laki. Padahal, tak hanya anak laki-laki saja, anak perempuan pun perlu diberikan didikan serupa agar kelak menjadi pribadi yang tangguh dan membanggakan.

Lantas, bagaimana cara mendidik anak perempuan agar menjadi pribadi yang tangguh? Berikut Popmama.com telah merangkum 5 cara yang bisa Mama dan Papa lakukan pada si Kecil. Dicoba yuk!

1. Menunjukkan kasih sayang

1. Menunjukkan kasih sayang
Freepik/Karlyukav

Sebuah riset yang dilakukan Child Trends, organisasi riset nirlaba terkemuka di Amerika Serikat, mengungkapkan jika sikap kasih sayang yang diberikan pada anak akan memberikan dampak jangka panjang pada hidupnya.

Ketika Mama dan Papa memberikan kasih sayang yang besar sejak dini, maka akan membantu bonding antara orangtua dengan anak untuk menambahkan rasa percaya dan kepercayaan anak yang membuatnya tumbuh menjadi pribadi tangguh.

Editors' Picks

2. Menanamkan unsur agama dan moral

2. Menanamkan unsur agama moral
Pexels/ketut-subiyanto

Tak hanya mendapatkan pelajaran agama dan moral dari sekolah, orangtua dan keluarga di rumah menjadi pendidikan utama dalam menanamkan unsur keduanya sejak anak usia dini.

Perlu diketahui, menanamkan nilai agama dan moral bagi anak usia dini adalah hal penting dalam mengembangkan kemampuan fisik, moral dan agama.

Ini juga akan membantu anak agar dapat memahami kehidupan serta menjadi pribadi yang tangguh. Itulah mengapa pentingnya menanamkan unsur agama dan moral sejak usia dini, Ma, Pa. 

3. Menjadi panutan terbaik untuk anak

3. Menjadi panutan terbaik anak
Pexels/tatianasyrikova

Jika Mama dan Papa menginginkan anak yang tangguh dan membanggakan, ini bisa dimulai dari diri sendiri terlebih dahulu, Ma, Pa.

Orangtua dan keluarga di rumah adalah contoh mudah yang bisa anak tiru. Sehingga cobalah menjadi panutan terbaik untuk anak dalam menanamkan kperibadian tangguh. Dimulai dari dalam rumah, anak pun dapat menirunya hingga kelak nanti.

4. Menempatkan pada lingkungan yang baik

4. Menempatkan lingkungan baik
Freepik/prostooleh

Lingkungan sekitar juga menjadi pengaruh dalam terbentuknya karakter seseorang. Sebagai orangtua, kita haru lebih jeli dalam menempatkan anak pada lingkungan yang baik. Lingkungan ini bisa dilihat dari lingkungan tempat tinggal, tempat bermain, serta lingkungan sekolahnya.

Itulah mengapa pentingnya menempatkan anak pada lingkungan yang baik guna membentuk pribadi yang baik dan tangguh hingga dewasa nanti. Yuk mulai dari lingkungan sekitar terlebih dahulu, Ma, Pa.

5. Tidak lupa memonitor pergaulannya

5. Tidak lupa memonitor pergaulannya
Rawpixel/Teddy Rawpixel

Selain menempatkan anak di lingkungan yang baik, Mama dan Papa juga tetap perlu memonitor pergaulan atau pertemanannya. Meski mendapat lingkungan yang baik, tak semua pertemanan anak juga demikian, Ma. Sehingga penting bagi orangtua untuk jeli dalam melihat lingkungan serta pertemanan anak sejak dini.

Itulah beberapa cara yang bisa Mama dan Papa lakukan dalam mendidik anak perempuan tangguh. Lakukan cara di atas sedini mungkin agar anak kelak tumbuh menjadi pribadi yang tangguh dan membanggakan ya, Ma, Pa.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.