Ernest dan Melaney Ricardo Keluarkan Anak dari Sekolah Reguler

Memilih homeschooling, ini alasan keduanya

6 Agustus 2020

Ernest Melaney Ricardo Keluarkan Anak dari Sekolah Reguler
Instagram/melaney_ricardo/ernestprakasa

Komika dan sineas Tanah Air, Ernest Prakasa baru-baru ini dikabarkan telah memutuskan untuk mengeluarkan putranya yaitu Snow dari sekolah reguler. Tak hanya Ernest, artis Melaney Ricardo pun melakukan demikian kepada putrinya Chloe. 

Seperti orangtua pada umumnya, Ernest dan Melaney pun merasa kesulitan menjalani kegiatan pembelajaran jarak jauh selama pandemi ini.

Semuanya masih dalam suasana adaptasi dengan kondisi terkini.

Setelah melakukan banyak pertimbangan, kini keduanya memutuskan memberhentikan anak mereka dari sekolah reguler dan beralih dengan homeschooling.

Bukan tanpa alasan keduanya memberhentikan dan mengeluarkan anak-anak mereka dari sekolah reguler, berikut alasan yang diutarakan Ernest dan Melaney terkait masalah tersebut. 

Simak ulasan Popmama.com beriktu ini.

Editors' Picks

1. Ernest merasa kesulitan saat anaknya menjalani belajar online

1. Ernest merasa kesulitan saat anak menjalani belajar online
Instagram/ernestprakasa

Setelah ramai diperbincangkan publik terkait anaknya, Snow yang ia berhentikan dari sekolah reguler akhirnya Ernest pun memberikan alasan pasti mengapa ia dan sang istri melakukan demikian.

Menurut Ernest, Snow yang masih duduk di kursi Taman Kanak-Kanak (TK) tidak menyukai kegiatan belajar mengajar yang dilakukan secara online tanpa tatap muka.

Sebab Snow merupakan anak yang tidak terlalu suka dengan gadget, sehingga Ernest mengaku sang anak tidak terlalu bersemangat saat belajar online.

Meski awalnya Ernest dan sang istri mempertimbangkan biaya yang akan ia keluarkan apabila Snow berhenti sekolah dan kembali lagi, namun keduanya akhirnya bersepakat memberhentikan Snow dari sekolah reguler dan digantikan dengan homeschooling.

Memiliki anak yang enjoy bermain dengan dirinya sendiri selama berjam-jam, Ernest dan istrinya mengaku memilih homeschooling merupakan pilihan yang cocok untuk putranya.

2. Melaney Ricardo membebaskan Chloe mengeksplorasi bakatnya

2. Melaney Ricardo membebaskan Chloe mengeksplorasi bakatnya
Instagram/melaney_ricardo

Sama seperti Ernest, artis Melaney Ricardo juga dikabarkan memberhentikan putri pertamanya yaitu Chloe dari sekolah reguler. Melaney mengaku dengan belajar online seperti sekarang ini membuat putrinya kurang tertarik dengan pembelajaran virtual.

Setelah melakukan pertimbangan, Melaney pun memberhentikan Chloe dari sekolah reguler dan menggantinya ke homeschooling

Melaney juga menyebutkan bahwa putrinya memiliki ketertarikan pada dunia modeling serta membuat konten di media sosial.

Awalnya ia merasa ragu terhadap kesukaan putrinya itu, namun kini ia membebaskan putrinya untuk mengeksplorasi bakat dan kemampuannya tersebut.

Tak ingin anaknya menjauh dari orangtua, Melaney pun tidak ingin melarang anak dan akan mendukung kemampuan sang anak untuk terus bereksplorasi dengan minat dan bakat yang dimiliki.

3. Kelebihan dan kekurangan dari homeschooling

3. Kelebihan kekurangan dari homeschooling
Freepik

Homeschooling atau sekolah mandiri merupakan metode pendidikan alternatif yang bisa dipilih oleh orangtua dalam mendidik anak-anaknya dari rumah tanpa perlu ke sekolah.

Seperti Ernest dan Melaney yang akhirnya memutskan memberikan homeschooling pada anak mereka, lantas apa saja kelebihan dan kekurangannya? Berikut kelebihan dan kekurangan dari homeschooling. 

Kelebihan:

  • Waktu belajar fleksibel, sehingga dapat ditentukan oleh orangtua dan anak yang akan belajar secara mandiri itu. Orangtua juga bisa memilih mata pelajaran yang akan diajarkan pada anaknya selama satu hari.
  • Istirahat lebih cukup dari sekolah reguler. Jika sekolah reguler mengharuskan anak mulai dari pagi hingga siang atau sore hari, berbeda dengan homeschooling yang memiliki waktu fleksibel. Waktu yang fleksibel ini tentunya membuat anak mendapatkan istirahat lebih cukup.
  • Dapat mengawasi pergaulan anak dari rumah. Sistem belajar yang dlakukan di rumah membuat para orangtua tak perlu cemas dengan pergaulan bebas anak mereka, sebab Mama dan Papa dapat mengawasi pendidikan mereka tanpa perlu ke sekolah.
  • Dapat mengembangkan bakatnya. Dengan homeschooling, metode belajar bisa lebih optimal untuk mengembangkan bakat setiap anak sesuai keinginan serta kemampuan yang dimilik masing-masing anak.

Kekurangan:

  • Tidak mendapat fasilitas yang mendukung proses belajar layaknya sekolah reguler. Contohnya seperti lapangan olahraga, studio seni, laboraturium, dan perpustakaan.
  • Terbatasnya kehidupan sosial anak. Masalah satu ini menjadi kekurangan terburuk yang ditakutkan orangtua. DIkarenakan pembelajaran di rumah hanya dengan sang tutor tanpa ada teman-teman lainnya, anak bisa saja kehilangan minatnya untuk bersosialisasi dengan orang lain disekitarnya.

Nah, itu dia kelebihan dan kekurangan dari homeschooling. Agar anak tetap memiliki jiwa sosial yang tinggi, para orangtua diharapkan tetap membantu anak untuk berkomunikasi dengan teman-teman sebayanya agar anak tak kehilangan minat bersosialisasi terhadap orang sekitar.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.