Meningkatkan Kecerdasan, Ini 5 Manfaat Udang untuk Anak

Dapat membantu pembentukan tulang dan gigi sejak dini

22 Februari 2021

Meningkatkan Kecerdasan, Ini 5 Manfaat Udang Anak
Pexels/Valeria Boltneva

Bagi para pecinta makanan laut atau seafood, tentu olahan udang sudah tak asing lagi, bukan? Tak hanya pada orang dewasa, bahkan anak-anak pun banyak menyukai hewan yang masih satu filum dengan kepiting ini.

Memiliki cita rasa yang lezat, udang juga menawarkan berbagai macam manfaat jika dikonsumsi dalam batas wajar. Diantara manfaatnya adalah untuk meningkatkan kecerdasan anak-anak mama..

Hal ini karena dalam udang terkandung banyak nutrisi penting yang mampu membantu perkembangan anak. Kandungan nutrisi dalam udang diantaranya ialah protein, kalsium, omega-3, zat peptida, serta vitamin B12.

Tak hanya mencerdaskan, berikut Popmama.com telah merangkum manfaat lain yang bisa anak dapatkan ketika mengonsumsi udang. Disimak yuk, Ma!

1. Meningkatkan nafsu makan anak

1. Meningkatkan nafsu makan anak
Freepik

Memiliki banyak kandungan protein di dalamnya, udang akan membentuk zat bernama peptida jika dikonsumsi oleh si Kecil. Fungsi peptida itu sendiri bagi tubuh adalah untuk merangsang hormon cholecystokinin (CCK) yang dilepaskan sari sel ke usus.

CCK nantinya bekerja sama dengan sistem syaraf dan perut untuk memperlambat proses pencernaan, sehingga nafsu makan anak pun akan ikut meningkat, Ma.

Editors' Picks

2. Meningkatkan kecerdasan

2. Meningkatkan kecerdasan
Freepik/prostooleh

Selain protein, kandungan omega-3 dalam udang diantaranya adalah EPA dan DHA. Kedua kandungan omega-3 tersebut sangat berperan penting dalam meningkatkan sistem syaraf dan juga kecerdasan pada otak. Sehingga udang menjadi olahan makanan laut yang mampu meningkatkan kecerdasan anak, Ma.

3. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

3. Menjaga kesehatan tulang gigi
Freepik

Agar tulang dan gigi anak tumbuh dengan sempurna dan kuat sejak dini, maka Mama perlu memberikan asupan nutrisi yang mampu menjaga kesehatan tulang dan giginya.

Salah satu cara membantu menjaganya adalah dengan memberikan kalsium pada anak mama. Udang menjadi salah satu makanan yang mengandung kalsium dan baik untuk kesehatan tulang serta gigi anak mama lho!

4. Mencegah anemia sejak dini

4. Mencegah anemia sejak dini
Freepik/Cookie-studio

Agar anak terhindari dari anemia sejak dini, maka penting bagi Mama untuk memberikan berbagai jenis vitamin yang mampu menjaga kesehatannya. Salah satunya adalah dengan memberikan vitamin B12 padanya.

Dalam udang, terdapat kandungan 21% vitamin B12 yang berperan dalam produksi sel darah merah. Sehingga, dengan mengonsumsi udang akan membantu anak mama tercegah dari penyakit anemia sejak dini.

5. Meningkatkan energi dan sistem imun

5. Meningkatkan energi sistem imun
Freepik

Udang juga dikenal sebagai olahan makanan laut yang kaya akan kandungan zat besi, Ma. Kandungan ini menjadi nutrisi penting dalam pembentukan energi dalam tubuh anak.

Ketika energi anak terpenuhi, maka tentunya akan menunjang segala kegiatan harian anak mama. Tak hanya zat besi, kandungan mineral dalam udang juga mampu menguatkan sistem imun anak agar lebih kuat melawan berbagai radikan bebas.

Nah, itu dia 5 manfaat yang bisa anak mama dapatkan dari mengonsumsi udang.

Namun perlu diingat, pemberian udang pada anak sebaiknya diberikan dalam porsi yang sedikit dahulu ya, Ma. Hal ini untuk mengetahui apakah ada reaksi tertentu untuk mendeteksi dini ada gejala alergi atau tidak.

Semoga informasinya bermanfaat, Mama!

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.