5 Macam Pakaian Khas Imlek untuk Anak Balita

Ada Cheongsam, hingga Qipao!

27 Januari 2022

5 Macam Pakaian Khas Imlek Anak Balita
AliExpress.com

Sama seperti perayaan besar lainnya, masyarakat Tionghoa juga memiliki tradisi untuk kenakan pakaian baru dalam menyambut Tahun Baru Imlek. Terdapat berbagai macam pakaian khas Imlek yang bisa digunakan oleh Mama dan keluarga.

Pakaian-pakaian ini umumnya menjadi simbol keindahan serta keberuntungan yang dapat melindungi dari roh-roh jahat. Itulah mengapa masyarakat Tionghoa yang merayakan kerap kali menyambut Hari Raya Imlek dengan pakaian baru yang beragam.

Nah, kali ini Popmama.com akan merangkum beberapa macam pakaian khas Imlek untuk anak balita mama. Yuk, siapkan dari sekarang, Ma!

1. Baju Cheongsam

1. Baju Cheongsam
Shopee.co.id

Baju Cheongsam menjadi pakaian tradisional masyarakat Tionghoa yang sudah lama populer. Pakaian ini diketahui modifikasi dari zaman Dinasti Qing yang dibuat dan digunakan secara formal sejak tahun 1900-an.

Cheongsam sendiri biasanya menjadi dres anggun yang kerap digunakan para perempuan di kota-kota besar seperti Beijing dan Shanghai. Tak hanya orang dewasa, di masa sekarang ini sudah semakin banyak produsen pakaian yang memproduksi dres Cheongsam khusus untuk anak-anak.

Tak selalu berwarna merah, Cheongsam untuk balita juga banyak ditawarkan dalam ragam warna dan motif berbeda seperti floral, geometric, dan art deco yang masih populer hingga saat ini.

Editors' Picks

2. Baju Changshan

2. Baju Changshan
Tokopedia.com

Jika model pakaian khas Imlek sebelumnya lebih diperuntukan bagi perempuan, berikutnya ada baju Changshan yang digunakan oleh laki-laki. Dalam bahasa Piyin, Chángshān berarti baju panjang yang menjadi simbol masyarakat kalangan atas pada masa lalu.

Namun kini, baju Changshan sudah banyak dipasarkan untuk seluruh masyarakat Tionghoa yang akan merayakan Imlek. Selain untuk orang dewasa, baju ini juga tersedia untuk usia balita yang bisa digunakan dalam menyambut Tahun Baru Imlek nanti.

3. Baju Qipao

3. Baju Qipao
Tokopedia.com

Selain Cheongsam, anak balita mama juga bisa banget nih mencoba pakaian Qipao yang masuk dalam pakaian khas Imlek lainnya. Pakaian ini merupakan dres anggun yang sudah diperkenalkan sejak zaman Dinasti Qing dan kian populer setiap tahunnya.

Jika melihat pada bentuk Qipao zaman dahulu dan Qipao modern, memang terlihat perbedaan yang cukup signifikan. Hal ini lantaran para produsen pakaian yang menyesuaikan dengan perkembangan zaman saat ini.

4. Baju Hanfu

4. Baju Hanfu
Shopee.co.id

Berikutnya ada Hanfu yang juga bisa Mama gunakan sebagai pakaian khas Imlek untuk anak balita. Pakaian etnis Han ini menjadi pakaian tradisional sejak zaman DInasti Qing.

Baju Hanfu sendiri adalah pakaian satu setelan berupa kemeja dan rok. Di mana pada kemejanya memiliki kerah silang dan lengan panjang dan lebar, serta rok yang cukup panjang. Menggunakan baju Hanfu bisa memberikan kesan anggun dan manis pada si Kecil saat perayaan Imlek nanti.

5. Tang Suit

5. Tang Suit
Tokopedia.com

Tak hanya baju Hanfu, ada pula Tang Suit yang merupakan baju setelan yang menjadi pakaian khas Imlek. Baju ini sudah diperkenalkan sejak zaman Dinasti Tang dan serupa dengan pakaian bela diri yang banyak muncul di film-film Tiongkok.

Pakaian ini bisa digunakan oleh anak laki-laki mama dalam menyambut perayaan Imlek nanti. Selain menjadi tradisi Imlek, menggunakan pakaian Tang Suit juga bisa terlihat keren seperti aktor papan atas Tiongkok, Jackie Chan. 

Itu dia beberapa macam pakaian khas Imlek yang bisa digunakan oleh anak balita mama. Dari kelima macam pakaian di atas, mana nih yang akan Mama pilih untuk digunakan si Kecil pada saat Imlek nanti?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk