5 Rekomendasi Kegiatan Anak untuk Meningkatkan Kecerdasannya

Coba beberapa kegiatan seru berikut yuk, Ma

12 Januari 2022

5 Rekomendasi Kegiatan Anak Meningkatkan Kecerdasannya
Pexels/Tima Miroshnichenko

Orangtua mana yang tidak menginginkan anaknya tumbuh menjadi pribadi yang cerdas, setiap orangtua tentu mendambakan demikian. Untuk mendapatkan keinginan seperti itu, tentu butuh pembelajaran dan pola asuh yang sesuai, Ma.

Nggak hanya pembelajaran yang anak dapat dari sekolah formal, mereka juga bisa dilatih dengan ragam kegiatan yang ada dari kelas-kelas yang saat ini sudah banyak tersedia. Misalnya saja kelas musik, kelas menari, kelas olahraga, dan kelas lain sesuai minat dan kesukaannya.

Jika Mama tertarik mencoba berbagai kegiatan menarik untuk meningkatkan kecerdasan si Kecil, kali ini Popmama.com telah merekomendasikan 5 kegiatan yang bisa mewadahi anak untuk terus berkembang. 

Apa saja kegiatannya? Yuk, langsung simak artikel di bawah ini sampai akhir, Ma!

1. Bintang Kecil

1. Bintang Kecil
Bintangkecil.co

Bintang Kecil merupakan aplikasi karya anak bangsa yang dirilis sejak Desember 2020 lalu dan bisa diunduh di iOS mau pun Android. Tujuan dari aplikasi tersebut adalah untuk menggaungkan kembali lagu anak-anak Indonesia di tengah keluarga Indonesia.

Mengingat saat ini banyak anak yang menyanyikan lagu orang dewasa, serta tidak sesuai dengan usia perkembangan mereka, aplikasi Bintang Kecil pun hadir untuk membantu para orangtua dalam mengenalkan kembali lagu-lagu anak Indonesia.

Dengan lebih dari 500 lagu anak dan keluarga Indonesia, serta lebih dari 300 lagu karaoke anak Indonesia, aplikasi ini bisa Mama manfaatkan untuk membantu anak menyanyikan lagu-lagu yang sesuai dengan tahap usianya.

Selain karoke yang bisa menghibur sekaligus meningkatkan ketertarikan anak akan lagu-lagu anak Indonesia, Mama juga bisa mengikuti berbagai kegiatan seru yang tersedia, di antaranya kelas online yang diajarkan langsung oleh para pengajar handal, mewarnai, serta mendongeng.

Jika tertarik, Mama bisa langsung mengunduh aplikasi Bintang Kecil melalui Playstore atau pun App Store yang ada pada gadget Mama sekalian.

Editors' Picks

2. Sekolah Musik Indonesia

2. Sekolah Musik Indonesia
Sekolahmusikindonesia.id

Sesuai dengan namanya, Sekolah Musik Indonesia (SMI) merupakan sekolah yang bisa dimanfaatkan para orangtua untuk melatih kemampuan anak yang gemar dengan dunia musik.

Sudah lama terbentuk, SMI sendiri kini sudah tersedia di berbagai kota besar di Indonesia, di antaranya SMI BSD, SMI Puncak Permai, SMI Gading Serpong, SMI Madiun, SMI Purwodadi, SMI Satelit Olifant, SMI Semarang, SMI Yogyakarta, SMI Alam Sutra, SMI Sidoarjo, SMI Rungkut, dan SMI Solo.

SMI menyediakan sederet fasilitas pendukung yang bisa digunakan anak untuk mempelajari ragam jenis musik yang mereka pilih, serta studio dan concert hall untuk mengembangkan kemampuan anak. 

Jika si Kecil mulai memperlihatkan ketertarikannya akan dunia musik, nggak ada salahnya lho Mama mendaftarkan dirinya untuk mengikuti kelas musik di SMI.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, Mama bisa mendatangi SMI terdekat yang ada di kota tempat Mama tinggal, atau hubungi call center mereka di 024 - 7609569 dan 024 - 7606254.

3. Yovie Music School

3. Yovie Music School
Instagram.com/yovie_music_school

Pianis sekaligus musikus kebanggaan Indonesia, Yovie Widianto juga turut memudahkan para orangtua untuk melatih kemampuan anak-anak mereka yang memiliki ketertarikan dengan dunia musik.

Melalui Yovie Music School (YMS), musikus yang sudah banyak mengeluarkan karya-karya populer ini ingin mewadahi anak-anak Indonesia yang mau belajar musik. YMS sendiri kini sudah tersedia di beberapa kota di Indonesia, seperti Cibubur, Bandung, Cirebon, dan Yogyakarta.

Dengan pelatih profesional, Yovie Music School menyediakan berbagai kelas seperti kelas olah vokal, piano, gitar dan lainnya sebagainya. Tak hanya sebagai wadah untuk melatih kemampuan anak di bidang musik, tetapi juga mencari bakat muda untuk menjadi musisi handal yang siap meramaikan industri musik Tanah Air.

Di tengah pandemi seperti sekarang ini, YMS sendiri tetap memberikan pengajaran berupa kelas online yang bisa anak ikuti dari rumah. Melansir dari Instagram @yovie_music_school, Mama bisa mendapatkan potongan harga 50% untuk biaya pendaftaran serta 20% untuk biaya kursusnya.

Bagaimana, tertarik mencoba dan mendaftarkan anak mama pada Yovie Music School? Untuk info pendaftaran, Mama bisa langsung mengunjungi Instagram mereka atau melalui WhatsApp di nomor 0812-1022-1172.

4. Gigi Art of Dance

4. Gigi Art of Dance
Instagram.com/gigiartofdance

Jika sebelumnya sekolah musik yang diperuntukan bagi anak-anak mama dengan ketertarikan di dunia musik, kali ini ada kegiatan menari yang bisa anak mama ikuti melalui Gigi Art of Dance. 

Mulai dari kelas menari tradisional, hingga tarian internasional lainnya, anak mama akan dilatih untuk bisa mengembangkan kemampuannya dalam menari. Gigi Art of Dance sendiri berlokasi di gedung Anindhaloka lantai 3, tepatnya berada di Jl. YRS No.20, RT.2/RW.1, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330.

Jika masih bingung ingin mengikuti kelas menari apa, di sini juga bisa berkonsultasi lebih dulu untuk menentukan kelas mana yang sesuai dengan usia perkembangannya. Untuk usia 4 hingga 12 tahun, disediakan beberapa kelas seperti kids jazz, kids hip hop, dan juga kids Kpop.

Bagaimana, tertarik mendaftarkan si Kecil pada kelas-kelas menari di Gigi Art of Dance? Jika masih bingung, Mama bisa kok mendaftarkan anak untuk mengikuti Free Trial Week. Caranya dengan mengunjungi link yang tertera pada Instagram resmi mereka di @gigiartofdance.

5. Rumah Main STrEAM

5. Rumah Main STrEAM
Rumahmainstream.org

Selain belajar melalui sekolah formal, si Kecil juga bisa kok melatih kemampuannya lewat kelas-kelas online yang penuh dengan kegiatan menarik. Misalnya saja mendaftarkan mereka pada Rumah Main STrEAM. Namanya cukup unik, bukan?

StrEAM sendiri merupakan gabungan materi dari sains, teknologi, bahasa Inggris, seni, matematika, dan permainan tradisional. Bayangkan saja, Ma, semua materi tersebut terbungkus dalam satu kotak penuh yang menggunakan kegiatan seru. Pasti anak tidak akan bosan!

Rumah Mainstream sudah berdiri sejak tahun 2018 silam dengan menawarkan paket kotak main yang berisi 9-10 jenis kegiatan STrEAM untuk dimainkan di rumah. Bagi Mama yang membeli paket kotak main ini, nantinya juga dapat mengikuti kelas online mereka secara gratis, lho.

Setiap permainan telah dilengkapi dengan "Buku Panduan Cara Bermain" yang dapat digunakan orangtua atau orang dewasa sebagai acuan dalam melakukan proses permainan Kotak Main STrEAM secara mandiri. 

Kotak Main STrEAM (KoTim) terbagi ke dalam 2 kelompok usia yaitu KoTim usia 4-6 tahun dan 7-12 tahun. Jika tertarik mencoba dan ingin mengetahui lebih jelas tentang kegiatan seru yang ada di Rumah Main STrEAM, Mama bisa mengunjungi laman Instagramnya di @rumahmainstream.

Itulah beberapa rekomendasi kegiatan seru yang bisa anak mama ikuti untuk melatih tumbuh kembang dan kecerdasannya. Bagaimana, tertarik mendaftarkan anak pada beberapa kegiatan seru di atas?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.