5 Skill yang Anak Perlukan Sebelum Masuk Sekolah TK

Yuk, latih si Kecil skill berikut sebelum memasuki sekolah pertamanya

17 Januari 2022

5 Skill Anak Perlukan Sebelum Masuk Sekolah TK
Freepik/Yaoinlove

Memasuki usia 4 hingga 5 tahun, umumnya para orangtua sudah mulai mempersiapkan putra putri mereka untuk memulai sekolah perdananya di Taman Kanak-Kanak atau TK.

Saat si Kecil akan memasuki TK, sudahkah Mama mempersiapkan segala kebutuhan dan skill yang harus mereka miliki? Pasalnya, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan agar nantinya anak mama lebih siap dalam memasuki sekolah perdananya.

Lantas, skill apa saja yang perlu anak persiapkan sebelum masuk TK?

Berikut Popmama.com akan merangkumkan ulasan tentang skill anak sebelum masuk TK. Disimak yuk, Ma!

1. Perhatikan usia anak mama

1. Perhatikan usia anak mama
Freepik

Hal utama yang perlu Mama siapkan adalah usia si Kecil. Sesuai dengan peraturan Mendikbud Nomor 44 Tahun 2019 tentang PPDB masuk sekolah TK, anak-anak yang bisa memulai sekolah kanak-kanak ini adalah mereka yang sudah berusia 5 tahun atau paling rendah 4 tahun untuk kelompok A. Jadi, di usia si Kecil yang sudah menginjak 4-5 tahun, Mama sudah bisa kok mendaftarkannya ke sekolah TK.

Editors' Picks

2. Belajar bangun pagi

2. Belajar bangun pagi
Freepik/aaalll3110

Nah, jika anak mama sudah mencapai usia yang ditetapkan, maka hal selanjutnya adalah mempersiapkan diri anak dengan skill lainnya. Berikutnya adalah melatih anak untuk terbiasa bangun pagi. Agar tidak ada drama saat membangunkan, maka cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengajaknya tidur lebih awal. Dengan begitu, anak pun tidak akan kekurangan jam tidurnya dan juga siap memulai hari di sekolah.

3. Latih kemandirian anak

3. Latih kemandirian anak
Freepik

Skill penting lainnya yang perlu anak siapkan saat akan masuk TK adalah kemandirian. Beberapa sikap mandiri anak usia TK yang bisa Mama lakukan di antaranya:

  • Melatih anak untuk terbiasa ke kamar mandiri sendiri atau lolos toilet training.
  • Melatihnya menggunakan pakaian sendiri.
  • Melatihnya untuk membuka botol minum atau makanan sendiri.
  • Mulai mengurangi waktu untuk menunggu anak belajar, sehingga anak lebih mandiri.

4. Berani berbicara

4. Berani berbicara
Freepik/Artfolio

Meski tujuan orangtua mendaftarkan anaknya sekolah TK adalah untuk mendapatkan pembelajaran baru, namun anak juga perlu memiliki skill kemampuan dalam bicara, Ma.

Saat anak mama sudah mulai berani bicara di depan umum, maka ini akan memudahkan mereka nantinya untuk berinteraksi dengan guru, serta teman-temannya di sekolah. Mama bisa mengajarkan si Kecil etika berbicara yang baik agar terbiasa berpendapat nantinya.

5. Latih motorik anak

5. Latih motorik anak
Pexels/cottonbro

Di usia TK ini, anak biasanya sudah mulai terlatih sistem motoriknya. Agar lebih siap sebelum memulai sekolah perdananya, Mama bisa kembali melatih motorik anak dengan mengajarkan membuka atau menutup tas sendiri.

Melatihnya bagaimana memegang pensil, menulis, mewarnai, menggambar, dan kegiatan seru lainnya yang dapat membantu meningkatkan motorik anak. Dengan begitu, anak pun menjadi lebih siap untuk memulai sekolahnya.

Nah, itulah beberapa skill yang anak perlukan sebelum memulai sekolah TK. Yuk, latih anak mama sedini mungkin agar nantinya mereka lebih siap saat memasuki sekolah perdananya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk