Anak 4 dan 8 tahun Positif Corona di Cileungsi Dibawa ke Wisma Atlet

Meski sempat minta isolasi mandiri di rumah, Pemerintah merasa di Wisma Atlet akan lebih baik

26 April 2020

Anak 4 8 tahun Positif Corona Cileungsi Dibawa ke Wisma Atlet
Dok. Istimewa / Popmama.com

Viral video berdurasi 2 menit 10 detik yang memperlihatkan 2 orang anak kecil dijemput oleh ambulans dan petugas berpakaian dengan alat perlindungan diri (APD) lengkap. Ternyata kedua kakak beradik tersebut dinyatakan positif Covid-19.

Video disebarkan melalui Whats App grup. Dengan cepat jutaan mata melihat isi dalam rekaman tersebut. 

Yang menghebohkan adalah sebagian mengatakan proses penjemputan tersebut terjadi di Tangerang, dan sebagian membahas kejadian itu di Cileungsi, Bogor.

Berikut Popmama.com telah merangkum informasi selengkapnya.

Editors' Picks

1. Kronologi anak di Cileungsi dijemput petugas medis

1. Kronologi anak Cileungsi dijemput petugas medis
Dok. Istimewa / Popmama.com

Sang adik yang masih berusia 4 tahun terbaring di dalam ambulans, sesekali ia duduk untuk meraih pelukan mamanya. Sang Mama tampak mendampingi di hadapannya. 

Sang Mama terus-menerus menyium anaknya yang sedang sakit, saat itu ia hanya menggunakan masker kain berwarna putih dan hijab panjang terulur menutup tubuhnya.

Tak lama, kakak perempuannya terlihat di gendong diantar masuk ke dalam mobil ambulans. Sang Mama juga langsung menghampiri si Kakak, langsung saja ia mencium anaknya.

Momen ini sempat didokumentasikan warga setempat. 

Dalam video amatir tersebut viral pada Sabtu (25/4/2020) seorang perempuan mengatakan, "Anak bontotnya usia 4 tahun, sama yang tengah 8 tahun ya. Ini semua positif Covid-19. Ini anak usia 4 tahun ya Allah sembuhkan ya Allah."

Dengan mesin tetap menyala, ambulans siap menjemput kedua bocah warga Ciulengsi Kabupaten Bogor.

2. Bupati Bogor benarkan dalam video itu adalah warganya

2. Bupati Bogor benarkan dalam video itu adalah warganya
IDN Times

Ade Yasin selaku Bupati Bogor mengatakan bahwa video itu direkam di salah satu perumahan yang berada di Kecamatan Cileungsi, kabupaten Bogor. 

Ade Yasih juga menjelaskan, "Tiga dari empat penghuni rumah terkonfirmasi positif Covid-19, Ibu dan dua anaknya yaitu laki-laki 4 tahun dan perempuan berusia 8 tahun itu positif Covid-19."

Ketiga pasien sempat berobat ke RS Hermina.

"Ketiganya berobat ke Rumah Sakit Hermina ketika muncul gejala seperti Covid-19. Lalu dari pemeriksaan swab menunjukkan bahwa ketiganya Covid-19. hasilnya keluar kemarin 15 April 2020," ungkap Ade Yasin.

3. Pasien langsung isolasi di RS darurat Wisma Atlet

3. Pasien langsung isolasi RS darurat Wisma Atlet
IDN Times

Mulanya ketiga orang tersebut minta untuk isolasi mandiri di rumah saja, namun Ade Yasin memerintahkan Dinas Kesehatan untuk menjemputnya dan dibawa ke Rumah Sakit Darurat di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat.

"Pada 21 April 2020 malam dibawa ke Wisma Atlet," kata Ade Yasin.

Ia memerintahkan demikian karena menurutnya perawatan di sana lebih baik daripada keluarga tersebut melakukan isolasi mandiri di rumah. Semua demi keamanan pasien yang 2 diantaranya masih anak-anak.

Semoga anak 4 tahun dan 8 tahun tersebut bisa mendapat penanganan terbaik sehingga segera pulih dan kembali berkumpul di rumah seperti semula dalam keadaan sehat semuanya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.