Penting, Ini Manfaat Melatih Keterampilan Fungsi Eksekutif bagi Anak

Memiliki fungsi eksekutif yang baik bagi anak itu penting karena berpengaruh hingga di dunia kerja

5 November 2020

Penting, Ini Manfaat Melatih Keterampilan Fungsi Eksekutif bagi Anak
Freepik/pvproductions

Keterampilan fungsi eksekutif merupakan istilah umum yang digunakan untuk menggambarkan keterampilan berbasis neurologis yang mencakup kontrol mental serta pengaturan diri pada anak. 

Jika keterampilan ini tidak dikembangkan dengan baik, ini dapat menghambat kemampuan anak untuk melakukan beberapa hal dasar seperti pergi atau belajar di sekolah, menjaga hubungan, melakukan sesuatu secara mandiri atau mengatasi rasa cemas karena adanya persaingan.

Mama perlu mengetahui mengapa keterampilan fungsi eksekutif penting bagi anak.

Agar lebih mudah dimengerti, berikut Popmama.com merangkum penjelasan dan manfaat melatih keterampilan fungsi eksekutif anak.

Editors' Picks

1. Apa Fungsi Eksekutif?

1. Apa Fungsi Eksekutif
Freepik/katemangostar

Keterampilan fungsi eksekutif adalah kemampuan di otak anak yang mengacu pada sistem manajemen otak. Keterampilan ini membantunya dalam membuat rencana, menetapkan tujuan  dan fokus menyelesaikan sesuatu. Kemampuan ini penting untuk dilatih sejak usia balita.

Jika keterampilan ini tidak berkembang dengan baik maka anak-anak mungkin akan kesulitan menjalankan fungsi eksekutif dan hal itu dapat memengaruhi kehidupan mereka di rumah maupun di sekolah.

2. Jenis Fungsi Eksekutif

2. Jenis Fungsi Eksekutif
Freepik/torwaiphoto

Fungsi eksekutif secara luas dapat dikategorikan menjadi tiga jenis berikut:

  • Memori kerja

Keterampilan ini membantu untuk menyimpan informasi dalam pikiran dan kemudian menggunakannya dalam beberapa cara atau cara lain. Misalnya, seorang anak dapat menggunakan keterampilan ini untuk membaca sebuah bab untuk mendapatkan informasi dan kemudian menjawab pertanyaan berdasarkan pengetahuan yang dimiliki.

  • Berpikir fleksibel atau fleksibilitas kognitif

Keterampilan ini membantu dalam memikirkan sesuatu dengan berbagai perspektif atau lebih dari satu cara. Misalnya, seorang anak dapat menggunakan konsep yang dipelajari dalam matematika di berbagai bidang lainnya.

  • Pengendalian hambatan

Keterampilan ini membantu anak untuk mengendalikan godaan dan mengabaikan berbagai gangguan. Misalnya, keterampilan ini dapat membantu seorang anak untuk mengendalikan dirinya dari tindakan impulsif ketika ia melihat kue coklat dan dengan demikian mengatur emosinya.

3. Manfaat melatih Fungsi Eksekutif untuk anak

3. Manfaat melatih Fungsi Eksekutif anak
Freepik/pressfoto

Berikut beberapa manfaat melatih keterampilan fungsi eksekutif pada anak-anak:

  • Inisiasi

Ini membantu anak untuk memulai atau memulai tugas, yang berarti menghasilkan ide-ide independen, tanggapan dan strategi pemecahan masalah terkait.

  • Penghambatan

Ini membantu anak untuk menghentikan dirinya sendiri pada waktu yang tepat, yang meliputi pikiran dan juga tindakan. Kurangnya hambatan dapat membuat anak menjadi impulsif.

  • Kontrol emosional

Ini membantu anak dalam memodulasi respons emosionalnya dengan mengingat alasan perasaan dan pikirannya.

  • Memori kerja

Ini membantu dalam menahan atau mempertahankan memori untuk menyelesaikan tugas apa pun atau tugas terkait.

  • Pantau diri sendiri

Ini membantu dalam memeriksa atau memantau kinerja atau tindakan seseorang setelah menyelesaikan tugas tertentu atau terkait.

  • Shift

Ini membantu anak untuk secara efektif berpindah dari satu situasi ke situasi lain dan juga berpikir secara fleksibel sesuai tuntutan situasi.

  • Membuat perencanaan

Ini membantu anak untuk melakukan aktivitas saat ini dan masa depan dengan mengantisipasi kejadian di masa depan, menetapkan target, dan mengembangkan strategi sebelumnya, untuk melakukan aktivitas tertentu.

  • Mengatur

Keterampilan fungsi eksekutif untuk anak-anak ini membantu mereka dalam menjaga atau membangun ketertiban di suatu tempat atau saat melakukan suatu aktivitas. Dengan kata lain, membantu anak dalam mengerjakan berbagai tugas atau aktivitas secara sistematis.

Itulah manfaat melatih keterampilan fungsi eksekutif pada anak. Jangan disepelekan karena ini adalah hal yang memengaruhi kemampuan anak hingga di lingkungan sekolah, pergaulan bahkan di lingkungan kerjanya nanti.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.