Album 'Semar & Pasukan Monyet' Ardhito Pramono Ajak Anak Bergembira

Extended Play (EP) terbaru berisi 7 lagu anak-anak ini punya kesan tersendiri bagi Ardhito lho

27 April 2021

Album 'Semar & Pasukan Monyet' Ardhito Pramono Ajak Anak Bergembira
Instagram.com/ardhitopramono

Lagu anak-anak di Indonesia disebut semakin menghilang dan tidak banyak pilihannya lagi. Dulu, tahun 2000-an bisa dibilang adalah masa keemasan bagi lagu anak-anak.

Banyak sekali lagu-lagu populer untuk anak yang terkenal pada zaman itu masih didengarkan hingga kini.

Semakin menurunnya eksistensi lagu anak ini membuat sejumlah musisi pun mengambil langkah. Salah satunya Ardhito Pramono, musisi yang populer dengan lagu-lagunya yang berbahasa Inggris tersebut.

Menyadari bahwa penikmat musiknya termasuk kalangan anak-anak dan semakin langkanya
lagu untuk anak saat ini, menjadikan Ardhito Pramono tergugah untuk mewujudkan sebuah proyek Ardhito Pramono For Kids yang akhirnya diberi judul 'Semar & Pasukan Monyet'.

Proyek Extended Play (EP) itu akan berisikan 7 lagu yang ditulis Ardhito dengan menyelami dunia anak untuk melahirkan karya yang bisa dinikmati oleh anak-anak pula.

Bagaimana EP terbaru dari Ardhito Pramono ini?

Berikut Popmama.com rangkum informasi selengkapnya.

Editors' Picks

1. Jadi salah satu proyek berkesan untuk Ardhito Pramono

1. Jadi salah satu proyek berkesan Ardhito Pramono
Instagram.com/sonymusicid

Proses kreatif membuat lagu adalah perjalanan sakral setiap musisi. Termasuk bagi Ardhito Pramono ketika menyiapkan proyek 'Semar & Pasukan Monyet'. Diakui oleh penyanyi kelahiran 1995 ini jika ini salah satu proses kreatif yang menyenangkan baginya. 

Bersama Aldy Permana sebagai produser, ia melalui proses rekaman yang relatif singkat lho. 

"Melalui EP ini saya ingin memperkenalkan dan mengingatkan kembali  betapa kayanya kita dengan cerita-cerita asli Indonesia. Itulah mengapa akhirnya saya memilih karakter wayang Semar sebagai tokoh utama di proyek ini," jelas Ardhito dalam siaran tertulisnya, Jumat (23/4/2021).

Ardhito memaparkan bahwa karakter Semar identik dengan seorang yang bijak, seorang filsuf yang mempertanyakan banyak hal sekaligus seorang pengasuh dan dekat dengan anak-anak. Sedangkan Pasukan Monyet menggambarkan anak-anak yang melihat dan meneladani Semar.

2. Lagu dalam EP 'Semar & Pasukan Monyet' akan dirilis bertahap

2. Lagu dalam EP 'Semar & Pasukan Monyet' akan dirilis bertahap
Instagram.com/ardhitopramono

EP ini akan berisi 7 lagu yang dirilis secara bertahap. Lagu 'Something New' adalah single pembuka dari album ini. Lagu ini terdengar seperti lagu folk akustik Ardhito dengan guitar based dari lagu 'Cigarettes of Ours'. 

Hal ini dilakukan oleh Ardhito karena memang ditujukan sebagai jembatan menuju dunia anak yang festive dan ceria pada lagu-lagu berikutnya. 

"Lagu ini adalah gerbang pembuka petualangan di dunia Semar dan Pasukan Monyet," pungkas Ardhito.

Walaupun tidak banyak musisi yang melahirkan karya yang spesifik untuk anak-anak, beberapa nama telah melakukannya dan menjadi inspirasi Ardhito dalam mengerjakan project ini diantaranya Family Time by Ziggy Marley, The Johnny Cash Children’s Album by Johnny Cash, Snacktime! by Barenaked Ladies, "Class of 3000" by Andre 3000.

3. Lewat album ini, Ardhito ingin karyanya membawa kegemberiaan bagi anak-anak

3. Lewat album ini, Ardhito ingin karya membawa kegemberiaan bagi anak-anak
Instagram.com/ardhitopramono

Musisi bersuara dan berpendapat lewat karya, dengan meluncurkan proyek EP 'Semar & Pasukan Monyet' ini Ardhito ingin meninggalkan semacam warisan. Sesuatu yang bisa dikenal, dikenang dan terus dinikmati oleh berbagai kalangan usia.

Proyek 'Semar & Pasukan Monyet' adalah karya musik yang membawa kegembiraan masa anak-anak ditengah keluarga. Format visual dari 'Semar & Pasukan Monyet' juga akan segera tayang pada channel Youtube Ardhito Pramono. Setiap hari Jumat satu per satu track pada EP ini akan dirilis.

Itulah tadi informasi mengenai peluncuran EP terbaru Ardhito Pramono yang berisi lagu khusus untuk anak-anak. Wah, siapa nih yang menantikan album baru Ardhito ini?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk