Mudah! Ini Dia 7 Tips Belajar Menggambar untuk Anak

Begini cara efektif ajarkan anak menggambar, Ma!

9 Mei 2019

Mudah Ini Dia 7 Tips Belajar Menggambar Anak
Freepik

Menggambar merupakan salah satu keterampilan yang tak bisa diperoleh begitu saja. Dibutuhkan sebuah proses belajar agar seseorang bisa menghasilkan karya-karya yang indah.

Nah, bagi semua orangtua yang ingin anaknya bisa menggambar, maka biasakanlah ia untuk melatih kemampuan menggambarnya sejak dini.

Jika didukung dengan fasilitas dan cara mendidik yang tepat, si Kecil juga pasti bisa menggambar dengan baik. 

Meskipun mengajarkan anak TK menggambar tidaklah mudah, namun ternyata ada 7 tips yang dapat Mama lakukan agar proses mengajar dapat berjalan secara efektif.

Kira-kira apa saja tipsnya?

Berikut Popmama.com telah merangkum beberapa diantaranya.

1. Mulailah dengan bentuk sederhana

1. Mulailah bentuk sederhana
Freepik

Anak bisa mulai diajak belajar menggambar dengan memintanya untuk membuat bentuk-bentuk yang sederhana, seperti bulat, kotak, segitiga, jajar genjang, oval, dan lain-lain.

Jika si Kecil sudah mahir membuat bentu-bentuk sederhana tersebut, mintalah ia untuk menggambar benda tunggal yang bentuknya sederhana seperti apel, jeruk, mangga, stroberi, dan sebagainya.

2. Biarkan anak menjiplak terlebih dahulu

2. Biarkan anak menjiplak terlebih dahulu
Pexels/Pixabay

Menjiplak menjadi metode belajar gambar yang banyak digunakan oleh para orangtua untuk diterapkan pada anak-anaknya.

Meski tidak boleh dibiasakan, namun sebagai permulaan biarkanlah anak menjiplak terlebih dahulu. Dengan menjiplak, ia akan belajar untuk menggambar bentuk dari sebuah benda.

3. Berikan fasilitas lengkap

3. Berikan fasilitas lengkap
Pexels/Pixabay

Dukunglah anak untuk belajar dengan memberikannya fasilitas menggambar yang lengkap. Berikan alat-alat menggambar yang ia sukai dan membuatnya semakin bersemangat untuk belajar.

Lengkapilah alat gambarnya, mulai dari buku gambar, pensil warna, krayon, hingga cat air dan kuas.

Editors' Picks

4. Berikan kesempatan menggambar bebas

4. Berikan kesempatan menggambar bebas
Freepik

Jangan terus mengaturnya, biarkanlah anak untuk menggambar bebas sesuai dengan keinginannya. Menghambat kreativitas anak sangatlah tidak baik untuk perkembangan motoriknya.

Setelah ia menggambar, jangan lupa juga untuk memberikan apresiasi atas gambar yang ia hasilkan. Memberikan apresiasi pada anak merupakan hal yang wajib dilakukan agar ia dapat tumbuh menjadi anak yang percaya diri.

5. Berikan pilihan warna

5. Berikan pilihan warna
Pixabay/CatalinSerban

Biarkan anak menggambar dengan bermacam-macam warna.

Menggambar dengan warna akan membuat anak menjadi lebih bersemangat untuk menggambar apalagi jika orangtua menyediakan warna-warna pilihan kesukaan anak.

6. Berikan media yang unik

6. Berikan media unik
Freepik/Prostooleh

Jangan terus menerus meminta anak menggambar dengan menggunakan kertas atau buku gambar. Sekali-kali cobalah ajak ia untuk menggambar di papan tulis atau mungkin di dinding khusus bila perlu.

Agar semakin mengasah imajinasinya, Mama juga dapat melatih anak menggambar di kaca saat sedang hujan dan berembun atau di pasir halus.

Lebih menyenangkan dan pastinya tak akan membuatnya bosan!

7. Berikan contoh pada anak

7. Berikan contoh anak
Freepik/katemangostar

Cara lainnya adalah dengan memberikan contoh langsung kepada anak. Mama bisa membimbing si Kecil, misalnya dengan menggambar benda-benda tertentu kemudian membiarkannya mencontoh gambar tersebut.

Latihlah ia secara terus menerus hingga anak bisa menggambar seperti yang Mama contohkan.

Nah, itulah 7 tips mudah melatih anak belajar menggambar. Tugas orangtua hanyalah memberikan fasilitas lengkap dan memberinya apresiasi serta dukungan saat anak menunjukkan hasil karyanya.

Semoga tips kali ini dapat bermanfaat dan membantu, ya!

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!