Membuat Merasa Disayang, Ini 5 Manfaat Meluangkan Waktu Bersama Anak

Meluangkan waktu untuk anak merupakan hal berharga bagi mereka. Sudah main dengan si Kecil hari ini?

10 Juli 2021

Membuat Merasa Disayang, Ini 5 Manfaat Meluangkan Waktu Bersama Anak
Freepik/bearfotos

Sudah lebih dari setahun kita hidup di masa pandemi. Segala kegiatan anak dilakukan dari rumah. Mulai dari kegiatan formal seperti sekolah, hingga kegiatan dengan teman atau komunitasnya pun terpaksa dilakukan di rumah saja demi keamanan bersama.

Wajar jika anak merasa jenuh dan mulai kehabisan ide harus melakukan apa lagi. Terkadang berita seputar Covid-19 juga terus berkembang sehingga menciptakan rasa takut pada anak.

Meski begitu, orangtua juga harus tetap semangat untuk mendampingi anak-anak di masa pandemi. Orangtua kini bukan hanya sebagai pelindung, melainkan juga guru dan teman bagi anak.

Jika mau menantang diri sendiri, sebenarnya kondisi pandemi ini akan cocok untuk meningkatkan bonding antara orangtua dengan anak bagi sebagian keluarga.

Yuk Ma, Pa, mari luangkan waktu untuk keluarga. Semangat terus untuk menjaga si Kecil. Ini dia beberapa manfaat meluangkan waktu bersama anak-anak di rumah yang telah Popmama.com rangkum.

1. Komunikasi lebih lancar

1. Komunikasi lebih lancar
Freepik/tirachardz

Dengan meluangkan waktu bersama, orangtua dan anak jadi bisa berdiskusi tentang banyak hal. Seperti pengetahuan baru yang ingin anak tanyakan, bahkan masalah yang sedang anak hadapi.

Dengan meluangkan waktu, anak juga jadi lebih terbuka pada orangtua. Sehingga orangtua bisa memantau perkambangan anak, baik perkembangan kesehatan fisik dan mentalnya serta pergaulannya.

Anak juga jadi tidak sungkan untuk bercerita pada orangtua. Yang penting ketika Mama dan Papa sudah bisa meluangkan waktu, coba untuk membuka pikiran bagaimana rasanya menjadi anak di masa pandemi seperti saat ini.

Editors' Picks

2. Meningkatkan rasa percaya diri

2. Meningkatkan rasa percaya diri
Pixabay/ White77

Mama dan Papa bisa membantu anak lebih mengenali kekurangan dan kelebihannya. Selain itu, penting bagi anak untuk mengetahui apa yang bisa membuatnya merasa sedih ataupun senang.

Jika sudah memahami semua hal itu, orangtua bisa membantu anak untuk mengembangkan kemampuan anak. Sehingga anak bisa lebih percaya diri dalam kehidupan sosialnya.

Tak lupa, anak juga bisa jadi melindungi diri sendiri ketika ia memahami apa yang bisa membuatnya sedih.

3. Mengajarkan kebaikan

3. Mengajarkan kebaikan
Freepik/gpoInstudio

Saat meluangkan waktu bersama anak, orangtua bisa mengajarkan banyak nilai-nilai kebaikan. Tidak sekadar mengajarkan, tapi Mama dan Papa juga bisa memberi contoh yang baik.

Dengan melihat secara nyata, maka anak akan lebih mudah belajar dan meniru. Pada akhirnya, kebiasaan baik akan tumbuh menjadi kebiasaan dalam diri anak.

4. Membuat anak merasa disayang

4. Membuat anak merasa disayang
Freepik/gpoInstudio

Manfaat meluangkan waktu bersama anak adalah membuat anak merasa disayang. Ini yang paling penting, anak merasa dikasihi, diperhatikan dan merasa terlindungi. Hal ini membuat anak merasa dirinya penting bagi keluarganya.

Melakukan kegiatan bersama-sama membuat anak merasakan kehadiran orangtuanya. Lakukanlah hal-hal menyenangkan bersama, mulai dari bercerita hingga main board game. Pasti seru deh, Ma!

5. Mengajarkan rasa bersyukur pada anak

5. Mengajarkan rasa bersyukur anak
teachingcatholickids.com

Dengan meluangkan waktu bersama anak tentu bisa memberikan banyak pengalaman baru bagi si Kecil. Hal ini tentu membuat anak lebih mudah untuk belajar bersyukur. 

Ia akan merasa dirinya beruntung karena banyak hal bisa dilakukan bersama orangtuanya. Misal saja seperti memasak, melukis, bermain atau belajar bersama. Kemudian hal ini dapat menumbuhkan rasa cinta pada diri sendiri. 

Itulah manfaat meluangkan waktu bersama anak. Jadi tunggu apa lagi Ma, Pa? Usahakan untuk selalu bisa meluangkan waktu bersama keluarga ya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.