Sempat Alami ISK, Putra Arie Untung dan Fenita Dirawat di Rumah Sakit

Tindakan khitan pun diambil agar penyakit yang diderita Yusuf Athalla ini tidak bertambah parah

7 Januari 2022

Sempat Alami ISK, Putra Arie Untung Fenita Dirawat Rumah Sakit
Instagram/@ariekuntung

Di awal tahun 2022 ini, sebuah kabar datang dari keluarga pasangan Arie Untung dan Fenita Arie. Sang Putra yang bernama Yusuf Athalla, dirawat di rumah sakit. Apa penyakit yang diderita Yusuf dan bagaimana kondisinya saat ini?

Berikut ini Popmama.com merangkum informasinya untuk Mama:

1. Yusuf alami infeksi bakteri

1. Yusuf alami infeksi bakteri
Instagram/@yussuf_athalla

Putra bungsu pasangan Arie Untung dan Fenita Arie ini mengalami infeksi bakteri. Dokter mendeteksi adanya dua infeksi bakteri yang menyerang Yusuf, yaitu infeksi bakteri dari lambung dan infeksi saluran kemih (ISK), seperti yang dijelaskan Fenita Arie dari Youtube Cerita Untungs hari Senin (3/1).

Imbas dari serangan bakteri tersebut membuat Yusuf harus mendapatkan perawatan intensif di rumah sakit karena kondisinya drop.

Editors' Picks

2. Infeksi bakteri diduga karena kebiasaan buruk

2. Infeksi bakteri diduga karena kebiasaan buruk
Instagram/@yussuf_athalla

Penyebab infeksi bakteri yang dialami Yusuf masih belum diketahui secara pasti. Namun, dijelaskan oleh Arie, dokter mengatakan bahwa bakteri bisa masuk ke saluran kemih karena kebiasan buruk anak, seperti suka menahan buang air kecil atau pun buang air kecil tidak tuntas. Hal ini mengakibatkan saluran kemih menjadi sarang bakteri.

3. Demam dan mual silih berganti

3. Demam mual silih berganti
Instagram/@yussuf_athalla

Sebagai bentuk penanganan, Yusuf pun harus diopname selama tiga hari di rumah sakit. Selama itulah Yusuf mengalami demam yang naik-turun. Tak hanya itu, infeksi bakteri yang diderita Yusuf pun membuatnya mengalami mual-mual. 

4. Dokter menyarankan untuk dikhitan

4. Dokter menyarankan dikhitan
Instagram/@yussuf_athalla

Infeksi bakteri perlu tindakan yang tepat agar tidak merembet menjadi penyakit lain yang lebih fatal. Untuk itulah dokter menyarankan tindakan khitan untuk menangani masalah yang diderita Yusuf. "Karena kita nggak tahu itu bakterinya dari mana," ujar Fenita.

Meski sempat kebingungan, namun Arie dan Fenita sepakat untuk menyetujui tindakan khitan yang disarankan dokter walaupun usia Yusuf masih 5 tahun. Tindakan ini diambil sesegera mungkin karena dikhawatirkan sakit yang diderita Yusuf bisa semakin parah dan mempertimbangkan efisiensi karena tindakan khitan langsung dilakukan saat itu juga di rumah sakit.

5. Apa itu infeksi saluran kemih (ISK)?

5. Apa itu infeksi saluran kemih (ISK)
Freepik

Infeksi saluran kemih atau ISK adalah penyakit yang disebabkan karena bakteri yang masuk ke kandung kemih sehingga menyebabkan infeksi. Umumnya bakteri E.coli adalah penyebab terjadinya ISK. 

ISK tidak hanya bisa dialami orang dewasa, melainkan juga anak-anak. Sebanyak 8 dari 100 anak perempuan dan 2 dari 100 anak laki-laki mengalami ISK, dilansir dari Urology Care Foundation

Apabila tidak segera ditangani ISK dapat mengakibatkan anak mengalami kerusakan ginjal. Oleh karenanya ISK pada anak harus segera ditindaklanjuti, baik itu dengan obat-obatan atau tindakan khitan pada anak laki-laki, seperti yang dilakukan pada Yusuf, anak dari Arie Untung dan Fenita.

Mari kita doakan agar Yusuf segera pulih dan semoga informasi seputar ISK ini dapat berguna untuk Mama.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.