Bolehkah Anak Makan Es Krim saat Sariawan?

Sariawan yang mengganggu konon bisa diatasi dengan makan es krim. Benar tidak ya?

11 Oktober 2021

Bolehkah Anak Makan Es Krim saat Sariawan
Freepik/Elenagurova

Siapa yang tak terganggu jika menderita sariawan? Rasanya sungguh menyiksa karena sakitnya. Belum lagi jika tersenggol tanpa sengaja saat berbicara atau makan.

Bisa dibayangkan jika si Kecil yang mengalaminya, Ma? Tak heran bila sedang sariawan si Kecil akan merengek dan rewel berkepanjangan. 

Banyak orang yang berpendapat bahwa es dapat meringankan rasa tak nyaman di mulut akibat sariawan. Lantas, bolehkah anak makan es krim saat sariawan? Berikut ini Popmama.com merangkum informasinya:
 

1. Penyebab sariawan pada anak

1. Penyebab sariawan anak
Freepik/User6624752

Ada berbagai faktor penyebab sariawan pada anak. Yang umum terjadi karena luka saat anak tak sengaja menggigit bagian dalam pipi atau mengunyah sesuatu yang kasar sehingga melukai mulut. Tambalan gigi yang tajam juga bisa mengakibatkan sariawan. 

Faktor lain yang dapat menyebabkan sariawan pada anak adalah kelelahan, kekurangan vitamin B12 atau zat besi, dan menderita penyakit seperti penyakit Celiac atau Crohn. Sementara sariawan yang seringkali diderita anak juga bisa disebabkan karena turun-temurun keluarga.

Editors' Picks

2. Gejala sariawan pada anak

2. Gejala sariawan anak
Freepik/Zilvergolf

Anak yang mengalami sariawan mungkin akan rewel, menangis, dan menjadi moody. Jika mama memeriksa bagian mulut anak, akan ditemukan pembengkakan di daerah sekitar sariawan, dengan luka berbentuk bulat, yang biasanya berwarna merah atau kuning. 

Biasanya sariawan ditemukan di bagian dalam bibir, bagian dalam pipi, bawah permukaan lidah, dan dasar mulut. Sangat jarang muncul sariawan di langit-langit mulut.

3. Mengatasi sariawan pada anak

3. Mengatasi sariawan anak
Freepik/Sawitchayawing
Dok. Jovee

Sebagian besar sariawan tidak memerlukan perawatan khusus apabila tidak mengganggu aktivitas anak sehari-hari. Sariawan umumnya bisa sembuh dengan sendirinya. Tetapi jika cukup mengganggu, obat-obatan yang dijual di apotek dapat mengurangi rasa tidak nyaman. Pastikan obatnya sesuai dengan usia anak mama.

4. Bolehkah anak makan es krim saat sariawan?

4. Bolehkah anak makan es krim saat sariawan
Pixabay/Capri23auto

Makanan atau minuman dingin dapat membantu mengurangi nyeri pada mulut. Es krim bisa menjadi salah satu cara menenangkan ketidaknyamanan akibat sariawan yang dirasakan oleh anak.

Es krim rasa apapun bisa bekerja dengan baik kok, Ma. Mama bisa memberikan es krim ini pada anak saat ia mengeluh sariawannya sakit. Tetapi ingat, meskipun bisa meringankan rasa sakit pada sariawan yang diderita anak, jangan terlalu sering memberikannya ya, Ma. Apalagi jika es krim tersebut terbuat dari banyak gula karena bisa mengganggu asupan gizi harian anak.

5. Mencegah sariawan pada anak

5. Mencegah sariawan anak
Freepik/User18526052
Anak menggosok gigi ketika mandi.

Apabila sariawan yang diderita anak karena tak sengaja menggigit lidah atau bibirnya, hal ini tentu tidak bisa dihindari ya, Ma.

Tetapi untuk kasus-kasus tertentu, sariawan pada anak bisa dicegah. Misalnya dengan menggosok gigi dan berkumur menggunakan pasta gigi dan obat kumur yang mengandung triclosan. 

Pilih sikat gigi dengan bulu yang halus, pastikan area mulut selalu terhidrasi, dan hindarkan anak mengonsumsi makanan yang bentuknya tajam seperti keripik. 

Semoga informasi ini bermanfaat. 

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.