7 Bahan Alami untuk Penumbuh Rambut

Bahan untuk menumbuhkan rambut ini mudah didapat

24 September 2021

7 Bahan Alami Penumbuh Rambut
Pexels/Helena Ije

Rambut yang sehat dapat memberikan kesehatan pada penggunanya. Maka dari itu, saat rambut mengalami masalah kerontokan tidak hanya ada masalah pada kesehatan saja, tetapi juga kepercayaan diri menurun.

Untuk bisa menumbuhkan rambut secara alami maka Mama harus menggunakan bahan-bahan alami agar tidak ada efek samping yang memberatkan. Berikut Popmama.comulas beberapa bahan alami yang bisa kamu gunakan sebagai berikut:

1. Lidah buaya mengandung banyak vitamin

1. Lidah buaya mengandung banyak vitamin
Unsplash/pisauikan

Tanaman lidah buaya sudah lama dipercaya sebagai bahan alami untuk menyuburkan rambut karena mengandung berbagai vitamin dari A, C, dan juga E. Selain dapat menumbuhkan rambut, lidah buaya juga sangat baik untuk mengurangi ketombe, minyak yang berlebih, dan juga bisa menyegarkan kulit kepala.

Cara penggunaannya pun cukup mudah, yakni oleskan gel lidah buaya di kulit kepala dan juga rambut beberapa kali dalam setiap minggunya. Kamu juga bisa menggunakan produk perawatan rambut yang mengandung lidah buaya.

2. Lemon

2. Lemon
Pixabay/Morgan4uall

Lemon merupakan bahan alami lainnya yang bisa Mama coba untuk menumbuhkan rambut. Selain langsung dari buahnya, Kamu bisa menggunakan lemon yang sudah dijadikan jus dan dibalurkan pada rambut maupun kulit kepala.

Untuk menggunakan lemon ini juga cukup mudah, yakni tinggal oleskan rambut dan juga kulit kepala memakai perasan lemon maupun sudah dalam bentuk jus lemon dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu, Mama bisa membilas rambut dengan sampo dan keringkan rambut setelah keramas.

Editors' Picks

3. Minyak kelapa telah dikenal luas sebagai penumbuh raambut alami

3. Minyak kelapa telah dikenal luas sebagai penumbuh raambut alami
encian.hr

Bahan lainnya yang bisa digunakan adalah minyak kelapa dan juga sudah sering dianggap sebagai penumbuh rambut alami. Di dalam Minyak Kelapa mengandung asam lemak yang mampu mengurangi protein yang hilang pada rambut.

Penggunaan minyak kelapa ini bisa digunakan sebelum maupun setelah mencuci rambut. Kamu juga bisa sekalian memijat kulit kepala sekalian atau dibiarkan saja seharian penuh jika rambut cenderung kering.

4. Minyak ikan bisa ditemukan dalam suplemen

4. Minyak ikan bisa ditemukan dalam suplemen
Pexels/Pixabay

Untuk minyak ikan sendiri bisa didapatkan melalui suplemen atau bisa juga dari ikan yang memang mengandung minyak ikan tinggi seperti Salmon. Minyak Ikan memiliki banyak nutrisi dan protein sehingga bisa dijadikan penyubur rambut alami.

Suplemen minyak ikan bisa didapatkan di apotek atau toko makanan dengan berbagai merk. Pastikan Mama mematuhi batas konsumsinya agar hasilnya dapat maksimal.

5. Jus bawang bombay ternyata bisa menumbuhkan rambut

5. Jus bawang bombay ternyata bisa menumbuhkan rambut
Pixabay/costanzimarco

Bagi sebagian orang aroma bawang bombay ini sangat menusuk hidung, namun ternyata bumbu dapur ini dapat digunakan sebagai bahan penumbuh rambut. Selain itu, bawang bombay juga dapat melancarkan sirkulasi darah pada daerah kulit kepala dan juga meningkatkan pertumbuhan keratin pada rambut.

Masukkanlah bawang bombay pada blender hingga semua bawang bombay menjadi cairan. Setelah itu tambahkan sedikit air dan oleskan pada kulit kepala serta rambut, diamkan hingga 15 menit dan cuci rambut kembali menggunakan sampo.

6. Minyak zaitun punya manfaat baik bagi rambut

6. Minyak zaitun pu manfaat baik bagi rambut
Pixabay/Siala

Minyak Zaitun terdapat banyak senyawa yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Meskipun begitu, masih ada yang harus diteliti lebih lanjut mengenai khasiat dari minyak zaitun tersebut.

Cara menggunakan minyak zaitun ini tidak jauh berbeda dengan poin sebelumnya, yakni siapkan minyak zaitun pada sebuah wadah lalu oleskan pada kulit kepala dan rambut sampai rata. Setelah itu, lakukan keramas kembali memakai shampo.

7. Perbanyak makanan yang kaya protein asupan zat besi

7. Perbanyak makanan kaya protein asupan zat besi
Pixabay/NatureFriend

Cara yang terakhir adalah penanganan dari dalam, yakni konsumsi makanan yang mengandung zat besi. Perlu diketahui bahwa zat besi sangat diperlukan untuk menumbuhkan rambut agar tetap sehat.

Beberapa contoh makanan yang mengandung zat besi adalah bayam, biji labu, daging sapi yang rendah lemak, dan sejenisnya. Konsumsilah makanan tersebut secukupnya saja untuk mendapatkan banyak khasiat.

Beberapa bahan alami yang sudah disebutkan tadi bisa menjadi referensi untuk agar dapat menumbuhkan rambut. Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.