Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

6 Penyebab Bercak Hitam pada Tanaman

Ternyata tanaman bisa terinfeksi bakteri dan virus juga lho, Ma

14 Oktober 2021

6 Penyebab Bercak Hitam Tanaman
Smartgardenguide.com

Bercak hitam pada tanaman merupakan kondisi yang bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Penyakit bercak hitam pada tanaman biasanya terjadi saat kondisi lembap.

Tanaman yang rentan bisa mengalami bercak hitam yang muncul pada daun. Selain itu, bercak hitam juga terkadang pada tangkai daun, batang, serta bagian bunga dari tanaman.

Tentunya Mama tidak menginginkan tanaman kesayangan mengalami bercak hitam yang bisa mengurangi keindahannya. Oleh karena itu, Mama perlu tahu apa yang menjadi penyebab bercak hitam pada tanaman agar bisa melakukan tindak pencegahan.

Nah, kali ini Popmama.com telah merangkum beberapa penyebab bercak hitam pada tanaman. Langsung saja simak informasinya yuk, Ma!

1. Penurunan usia

1. Penurunan usia
Smartgardenguide.com

Dilansir dari Smart Garden Guide, usia merupakan salah satu faktor yang memengaruhi daun bagian bawah.

Namun, bercak hitam karena faktor usia tidak akan terjadi pada banyak daun sekaligus. Jadi, jika tanaman Mama mengalami bercak hitam pada seluruh daun sekaligus, maka ada kemungkinan bercak hitam disebabkan oleh faktor lain. 

Mama dapat memperlambat prosesnya dengan cara memberikan perawatan yang tepat pada tanaman. Cobalah untuk membersihkan daun-daunnya dan memutar tanaman sesekali, sehingga semua daun mendapatkan bagian cahaya yang membantu tanaman dapat tumbuh dengan maksimal.

2. Overwatering atau menyiram tanaman secara berlebihan

2. Overwatering atau menyiram tanaman secara berlebihan
Freepik/freepik

Hal yang perlu Mama perhatikan dalam menanam berbagai tumbuhan, yakni jumlah air dan frekuensi menyiram yang tepat. Setiap tanaman memiliki kebutuhan air yang berbeda-beda, sehingga perlu memahami kebutuhan air sesuai dengan jenis tumbuhan yang Mama tanam.

Overwatering atau penyiraman berlebihan pada tanaman merupakan kasus yang paling umum, sehingga menjadi penyebab tanaman hias layu atau mati.

Bercak hitam merupakan salah satu tanda bahwa tanaman mendapatkan air yang berlebihan. Jadi, sebaiknya perlu memahami kebutuhan air setiap jenis tanaman. 

Editors' Picks

3. Infeksi jamur

3. Infeksi jamur
Freepik/azerbaijan-stockers

Bercak hitam pada tanaman juga bisa disebabkan oleh infeksi jamur. Perlu Mama ketahui bahwa setiap tanaman memiliki kekuatan yang berbeda-beda dalam melakukan pertahanan terhadap jamur. Jadi, Mama perlu berhati-hati jika menanam tanaman yang rentan terinfeksi.

Patogen jamur menyukai kondisi basah dan lembap. Jamur dapat menyebar dengan mudah dari tetesan atau cipratan air. Maka dari itu, infeksi jamur bisa menjadi tanda tanaman terlalu lembap atau air terlalu lama menempel pada daun.

Mama bisa mengurangi risiko tanaman terinfeksi jamur dengan cara membuat tanaman sedikit lebih kering dan pastikan daunnya tidak basah. Alangkah baiknya jika Mama menyiram tanaman di pagi hari, sehingga dedaunan dapat mengering dengan sempurna.

4. Infeksi bakteri dan virus

4. Infeksi bakteri virus
Freepik/master1305

Tidak hanya menyerang manusia, bakteri dan virus juga bisa menginfeksi tanaman lho, Ma.

Bercak hitam pada daun tanaman hias bisa menjadi gejala penyakit bakteri atau virus yang menyerang tanaman. Tanaman yang dalam kondisi stres akan lebih rentan untuk terinfeksi bakteri dan virus.

Jika mulai mencurigai adanya infeksi pada tanaman, sebaiknya singkirkan daun yang menunjukkan gejala dan langsung musnahkan dengan aman untuk menghindari kontaminasi lebih lanjut. 

Selain itu, sterilkan alat yang mama gunakan untuk merawat tanaman. Pastikan juga ada jarak pada setiap tanaman satu sama lain agar bakteri dan virus tidak mudah menyebar.

5. Ancaman hama

5. Ancaman hama
Pixabay/Erik Karits

Alasan lain tanaman mengalami bercak hitam adalah serangan hama berupa serangga. Serangga bisa berupa kutu daun, tungau laba-laba, dan kutu putih.

Serangga bisa berkumpul dalam jumlah yang cukup banyak, sehingga menyebabkan tanaman tidak sehat. Mereka juga bisa mengeluarkan nektar manis yang menumbuhkan jamur jelaga hitam.

Hama ini dapat berkurang jika disemprot dengan pestisida ramah lingkungan seperti sabun insektisida atau minyak hortikultura. Mama bisa menyemprot pestisida dengan rutin pada tanaman yang terdeteksi terserang hama untuk mencegah tanaman mengalami bercak hitam.

6. Penyebab lain yang berpotensi menyebabkan bercak hitam pada tanaman

6. Penyebab lain berpotensi menyebabkan bercak hitam tanaman
Freepik/wirestock

Selain beberapa faktor di atas, ada banyak kemungkinan lain yang mungkin dapat memunculkan bercak hitam pada tanaman. Beberapa faktor yang mungkin menyebabkan bercak hitam pada tanaman antara lain:

  • Kekurangan nutrisi yang dibutuhkan tanaman.
  • Sunburn atau paparan sinar matahari yang intens sehingga dapat menghanguskan dan merusak permukaan daun. 
  • Kelembapan yang rendah yang menyebabkan bercak-bercak kering pada daun.
  • Suhu dingin atau berangin yang menyebabkan tanaman mengalami stres.
  • Kualitas air yang kurang baik atau tanaman sensitif terhadap kontaminan.

Nah, itulah beberapa penyebab yang dapat memunculkan bercak hitam pada tanaman. Yuk, mulai kenali dengan baik kebutuhan tanaman agar Mama tidak keliru dalam merawatnya.

Semoga informasi ini membantu dan menjadi pengetahuan baru ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk