Bermanfaat untuk Kesehatan, Begini 5 Fakta Unik Passion Flower

Passion flower tak hanya cantik, namun juga punya manfaat untuk kesehatan lho

20 Mei 2021

Bermanfaat Kesehatan, Begini 5 Fakta Unik Passion Flower
Pexels/nietjuh

Apakah Mama pernah mendengar nama passion flower atau passiflora sebelumnya?

Bunga berwarna ungu yang punya penampilan cantik ini tak hanya cocok sebagai hiasan rumah, tetapi juga berkhasiat yang baik untuk kesehatan. Khasiat yang terdapat pada bunga ini telah dikenal di Amerika sejak 200 tahun lalu. 

Penduduk asli Amerika biasanya menggunakan passion flower ini untuk mengatasi berbagai kondisi. Ini termasuk untuk bisul, luka, sakit telinga, bahkan masalah ginjal. 

Jika Mama ingin mengetahui informasi lebih detail, kali ini Popmama.com telah merangkum beberapa fakta unik dari passion flower.

Cek yuk, Ma!

1. Meredakan anxiety dan insomnia

1. Meredakan anxiety insomnia
Gardeningknowhow.com

Dilansir dari Healthline, menurut National Center for Complementary and Integrative Health (NCCIH) dibutuhkan penelitian lebih banyak untuk menilai potensi penggunaan passion flower ini. 

Namun, beberapa studi menunjukkan bahwa passion flower dapat membantu meredakan anxiety dan insomnia. Bahkan spesies lain dari bunga ini dapat diramu dan digunakan untuk untuk mengobati masalah perut.  

Editors' Picks

2. Dapat menenangkan pikiran

2. Dapat menenangkan pikiran
Unsplash/mikan0414

Salah satu jenis passion flower yang disebut Passiflora incarnata dianggap ampuh membantu menenangkan pikiran seseorang dan mengurangi kecemasan. 

Dalam masa percobaan yang dirilis dalam Phytotherapy Research, beberapa partisipan telah mengonsumsi teh herbal dengan purple passion flower atau nama lain dari P. incarnata dalam dosis harian. Seminggu kemudian, mereka menginformasikan bahwa kualitas tidur semakin meningkat dan lebih nyenyak.

Pada akhirnya, peneliti tersebut menganjurkan bahwa purple passion flower dapat membantu orang dewasa dalam mengatasi gangguan tidur yang ringan. 

Tak hanya itu, beberapa percobaan lainnya juga menunjukkan bahwa purple passion flower bisa meredakan anxiety. Sebuah studi yang dilaporkan dalam jurnal Anesthesia and Analgesia. Meneliti efek dari bunga tersebut kepada pasien yang dijadwalkan ingin operasi.

Pasien yang mengonsumsi bunga ini ternyata tidak mengalami kecemasan yang berlebih. 

3. Bisa menenangkan perut

3. Bisa menenangkan perut
Unsplash/juliakadel

Jenis lain dari passiflora, yakni passiflora foetida dianggap bisa mengobati masalah pencernaan loh, Ma.

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Indian Journal of Pharmacology, peneliti telah mencari tahu lebih lanjut potensi bunga satu ini dalam mengobati tukak lambung pada tikus. 

Selain itu, studi lain yang diterbitkan di BioMed Research International memperlihatkan manfaat dari Passiflora serratodigitata, di mana mereka menemukan bahwa ekstrak daun dan batangnya dapat menyembuhkan tukak lambung pada tikus. Akan tetapi, diperlukan penelitian yang lebih banyak pada manusia. 

Efek Samping dan Risiko Ketika Dikonsumsi

Efek Samping Risiko Ketika Dikonsumsi
Unsplash/chaotictoejam

Secara umum, ekstrak dalam passion flower aman dikonsumsi. Kendati demikian, ada kemungkinan akan terjadinya efek samping. Efek samping yang bisa dirasakan seperti mengantuk, pusing dan kebingungan. 

Oleh sebab itu, ekstrak bunga ini tidak boleh dikonsumsi dengan obat penenang yang telah dianjurkan. Perlu diingat ini tidak aman untuk ibu hamil atau ibu menyusui.

Hal ini dikarenakan, esktrak dari passion flower akan menyebabkan kontraksi jika dikonsumsi saat hamil. 

Bagaimana Cara Mengonsumsi Passion Flower?

Bagaimana Cara Mengonsumsi Passion Flower
Unsplash/villena_francis

Untuk mengonsumsi passion flower, Mama bisa tambahkan passion flower kering ke dalam rebusan air yang akan menjadi teh herbal. Passion flower kering atau teh kemasan bisa ditemukan di berbagai toko makanan sehat.

Selain itu, Mama juga bisa menemukannya dalam bentuk ekstrak cair, kapsul dan tablet. Sebelum mengonsumsi passion flower sebagai pengobatan alternatif, sebaiknya melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Mengingat untuk bisa menilai manfaat serta risiko yang kemungkinan akan terjadi nantinya usai dikonsumsi. 

Nah, itulah beberapa fakta unik dari passion flower. Ternyata tak hanya memiliki penampilan yang cantik, tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan.

Semoga informasinya bermanfaat ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.