Begini Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Selama Hamil

Masalah gigi dan mulut berisiko menyebabkan keguguran. Simak cara merawat gigi yang benar saat hamil

7 November 2018

Begini Cara Menjaga Kesehatan Gigi Mulut Selama Hamil
momtricks.com

Tahukah Mama bahwa perempuan hamil lebih rentan terserang penyakit gigi dan mulut? Ya, sebagian besar perempuan hamil berisiko terserang penyakit gigi dan mulut yang dapat mempengaruhi kesehatan janin di perut.

Pasalnya, selama hamil kadar hormon progesteron mengalami peningkatan hingga 10 kali lipat dari kondisi normal.

Hal inilah yang memicu timbulnya masalah pada gigi dan mulut, diantaranya gigi berlubang dan gingivitis.

Gingivitis atau radang gusi termasuk infeksi mulut yang disebabkan oleh bakteri. Kondisi ini biasanya terjadi pada calon mama di trimester awal kehamilan yang ditandai dengan gusi bengkak dan mudah berdarah. Jika tidak segera diobati, gingivitis dapat menyebar ke bagian mulut lainnya.

Selain faktor meningkatnya hormon progesteron, perempuan hamil memiliki pH air liur yang lebih asam dibandingkan perempuan yang tidak hamil.

Sehingga jika tidak dibersihkan dengan baik, hal ini dapat memicu berkembangnya bakteri yang kemudian menyebabkan berbagai penyakit gigi dan mulut.

1. Pengaruhnya terhadap kondisi janin

1.	Pengaruh terhadap kondisi janin
Unsplash/Peter Kasprzyk

Meskipun terlihat sepele, penyakit gigi dan mulut yang dialami oleh perempuan hamil ternyata membawa dampak yang cukup signifikan pada perkembangan janin. Infeksi bakteri ini beresiko menyebabkan bayi lahir prematur, berat badan rendah atau bahkan keguguran.

Pasalnya, menurut sejumlah penelitian, bakteri penyebab gingivitis dapat masuk ke dalam aliran darah, paru-paru dan perut bayi. Kondisi inilah yang menjadi penyebab utama kematian janin.

Editors' Picks

2. Cara merawat gigi dan mulut yang benar

2.	Cara merawat gigi mulut benar
medicalnewstoday.com

Sangat penting bagi calon mama untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Sebab kebanyakan masalah gigi dan mulut berkaitan dengan syaraf, sehingga sulit untuk melakukan tindakan medis pada kasus yang berat.

Syaraf pada gigi berkaitan dengan perkembangan janin, maka tentu saja masalah gigi dan mulut dapat mengganggu pertumbuhannya.

Nah, untuk menghindari berbagai penyakit gigi dan mulut, pastikan Mama rajin membersihkan mulut dengan menyikat gigi minimal dua kali sehari.

Kemudian bersihkan kotoran atau sisa makanan yang terselip di gigi menggunakan dental floss atau berkumur dengan pembersih mulut bebas alkohol. Mama juga dapat mengunyah permen karet yang mengandung xylitol untuk mengurangi plak pada gigi.

Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter gigi jika Mama merasakan gejala sakit gigi atau radang gusi.

Semakin cepat ditangani, maka dapat segera menghambat perkembangan bakteri di mulut.

Terakhir, batasi konsumsi makanan atau minuman yang mengandung gula agar kesehatan gigi dan mulut Mama tetap terjaga.

Baca juga: Jangan Keliru, Begini 5 Cara Perawatan Gigi Saat Hamil

Topic: