5 Tips agar Cepat Hamil Setelah Lepas KB Implan

Setelah memutuskan untuk melepas KB implan, banyak perempuan yang ingin segera mendapat kehamilan

26 April 2020

5 Tips agar Cepat Hamil Setelah Lepas KB Implan
skata.info
KB implan sering jadi solusi pasangan suami istri untuk membatasi jumlah anak

Program Keluarga Berencana atau KB memang sering dijadikan solusi oleh pasangan suami istri yang ingin membatasi jumlah anak. Jenis KB pun ada banyak macamnya, ada yang berupa pil, suntik, bahkan ada juga implan.

Khusus bagi Mama yang menggunakan KB implan, mungkin Mama akan mengalami kesulitan hamil selepas penggunaan KB tersebut. Tapi Mama tidak perlu khawatir lagi, karena ada beberapa tips untuk bisa cepat hamil setelah lepas KB implan.

Bagaimana Tips Hamil Setelah Lepas KB Implan?

1. Istirahat yang cukup

1. Istirahat cukup
ilovetherapie.ca

Jika Mama ingin segera hamil setelah melepaskan KB implan, maka Mama harus melakukan berbagai kebiasaan yang terkait dengan perubahan hormon yang mungkin terjadi.

Ketika Mama menggunakan alat kontrasepsi bentuk hormonal seperti KB implan, maka kelenjar yang berfungsi sebagai penghasil hormon endoktrin akan ditekan fungsinya.

Apabila Mama ingin lekas hamil, Mama harus membuat hormon ini dihasilkan dengan cara mengoptimalkan fungsi kelenjar. Cara terbaik adalah dengan istirahat yang cukup agar tubuh bisa melakukan perbaikan dengan sendirinya.

Editors' Picks

2. Konsumsi makanan bergizi

2. Konsumsi makanan bergizi
Pixabay/jack3928

Untuk mempercepat kehamilan, Mama tidak boleh lepas dari pola makan yang sehat. Ketika tubuh mendapatkan nutrisi yang baik, maka proses metabolisme tubuh pun akan berjalan dengan baik.

Hal ini sebenarnya masih berkaitan dengan poin pertama, yakni untuk membantu tubuh Mama melakukan pembiasaan terhadap fungsi kelenjar penghasil hormon endoktrin.

Selain itu, nutrisi dari makanan bergizi juga penting untuk persiapan pembuahan kelak. Beberapa kandungan gizi yang tidak boleh Mama lewatkan antara lain adalah AHA, DHA, omega 3, dan lain sebagainya.

Kandungan-kandungan tersebut terkandung di makanan yang beragam seperti sayur, buah-buahan, daging merah, dan ikan.

Selain makanan bergizi, Mama juga jangan ragu untuk mengonsumsi suplemen penyubur. Namun, pastikan Mama mengonsumsi suplemen penyubur yang telah diresepkan oleh dokter agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

3. Menjaga tubuh tetap bugar

3. Menjaga tubuh tetap bugar
tinybuddha.com

Menjaga kebugaran tubuh merupakan salah satu cara untuk bisa hamil setelah lepas KB implan. Untuk menjaga kebugaran tubuh, Mama bisa melakukan olahraga agar metabolisme tubuh Mama akan menjadi lebih lancar.

Selain itu, olahraga ringan seperti berjalan kaki ternyata juga dapat melancarkan kelenjar endokrin kembali. Tidak hanya melakukan olahraga saja, Mama juga tidak boleh lupa untuk beristirahat yang cukup. Istirahat ini akan berguna sebagai bekal pembuahan nantinya.

4. Hindari stres

4. Hindari stres
Unsplash/Kaci Baum

Banyak ibu yang menjadi stres karena tidak kunjung hamil. Padahal, stres ini dapat menyebabkan sistem metabolisme tubuhnya akan menjadi kacau. Sehingga dengan begitu keinginan untuk cepat hamil akan sulit tercapai.

Jangan terlalu fokus pada bagaimana cara mendapatkan kehamilan, melainkan fokuslah pada menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Dengan begitu, tubuh akan siap untuk menerima kehamilan kelak jika saatnya tiba.

5. Lakukan hubungan seks di waktu yang tepat

5. Lakukan hubungan seks waktu tepat
bobbiphoto.com

Ya, salah satu tips untuk bisa cepat hamil adalah dengan melakukan hubungan suami istri di waktu yang tepat. Cari tahu kapan masa subur Mama dengan menghitung dari siklus menstruasi. Dengan begitu, kemungkinan untuk hamil pun akan lebih besar.

Selain itu, kesuburan suami juga penting diperhatikan. Sebab, kehamilan hanya akan terjadi jika kondisi sperma baik dan sehat.

Itulah 5 tips agar cara cepat hamil setelah lepas KB implan yang bisa Mama coba. Apapun yang terjadi, jangan menyerah. Selain itu, sebaiknya Mama juga tidak mengonsumsi obat-obatan penyubur kandungan tanpa resep dokter. Jangan lupa juga untuk tetap jaga kesehatan fisik dan mental ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.