Hamil 19 Minggu, Rianti Cartwright Sempat Ngidam Jajanan Pasar

Rianti ngidam bandros sama odading nih, Ma!

5 Maret 2020

Hamil 19 Minggu, Rianti Cartwright Sempat Ngidam Jajanan Pasar
Instagram.com/riantic

Rianti Cartwright dan Cassanova Alfonso yang sempat gagal menjalani program IVF alias bayi tabung, kini akhirnya sedang bahagia karena mereka akan segera kehadiran anggota baru. 

Pasalnya Rianti kini telah hamil dan masuk usia kehamilan minggu ke-19, setelah menanti selama 9 tahun terakhir. 

Dalam sebuah video yang diunggah berjudul (IN VITRO FERTILIZATION) JOURNEY - Part 1 dan Part 2, Rianti dan Cas benar-benar menjelaskan perjuangan mereka untuk memiliki anak pertama. Walau sempat gagal, pasangan ini tetap percaya akan mukjizat dari sang Pencipta. 

Kini Rianti sedang fokus menjaga kehamilan pertamanya, termasuk untuk masalah kesehatan. 

"With everything that’s been going on, I think i’ll just stay at home this week," tulis Rianti. 

Terkait dengan penyebaran virus corona yang sudah masuk ke Indonesia, Rianti pun memutuskan untuk tetap tinggal di rumah jika tak ada keperluan yang mendesak. Hal ini pun dilakukan tentunya karena ingin menjaga kesehatan si Kecil di dalam kandungan. 

Di Instagram pribadinya, Rianti pun banyak berbagi pengalaman mengenai proses menjalani IVF serta cerita lain terkait kehamilan pertamanya yang bentar lagi akan masuk 5 bulan. 

Jika Mama ingin mengetahui beberapa cerita yang sempat dibagikan oleh Rianti, kali ini Popmama.com telah merangkumnya. 

Perjuangan Rianti menanti anak pertama bisa menjadi motivasi tersendiri nih, Ma!

1. Sempat melakukan akupuntur saat proses IVF

1. Sempat melakukan akupuntur saat proses IVF
Instagram.com/riantic

Saat melalui proses IVF, Rianti pun melakukan terapi akupuntur untuk mendapatkan berbagai manfaat positfnya. Rianti melakukan akupuntur selama 12 kali pertemuan dan dilakukan Tangkuban Perahu Healthcare. 

The treatments are still painful though and (strangely) emotional. This next story is especially fot all the other women (and men) out there still on their fertility journey (semangat yas),” tulis Rianti di salah satu unggahan InstaStory pribadinya. 

Dilansir dari ScaryMommy dikatakan bahwa akupuntur sudah selama bertahun-tahun disebut sebagai cara dalam meningkatkan peluang kehamilan saat menjalani IVF. 

Sebuah studi di tahun 2016 juga mengatakan dengan menjalani prosedur akupuntur, tanpa disadari akan mendapatkan beragam manfaat positif. Berikut beberapa manfaat yang didapat ketika menjalani terapi akupuntur, antara lain:

  • Akupuntur dapat membantu seseorang ketika menjalani beragam tahapan selama IVF. 
  • Terapi akupunktur mampu merangsang pengeluaran zat opioid endogen, sehingga berpengaruh positif karena mampu memberikan respons terhadap stres biologis maupun psikologis. 
  • Pada tahap stimulasi sel telur, terapi akupuntur mampu memicu pelepasan neurotransmiter yang dapat memengaruhi hormon serta responsifitas telur.
  • Pada tahap persiapan embrio transfer, terapi akupuntur dapat memengaruhi aliran darah uterus (rahim) dengan bantuan kinerja saraf simpatis di rahim.

Baca juga:

Editors' Picks

2. Ketika melalui 2ww, Rianti lebih banyak istirahat di rumah 

2. Ketika melalui 2ww, Rianti lebih banyak istirahat rumah 
Instagram.com/riantic

Lewat Instagram pribadinya, Rianti menggunakan fitur tanya jawab untuk berbagi pengalamannya di kehamilan pertama kali ini. Salah satu warganet pun menanyakan kepada Rianti, sekaligus meminta tips agar dirinya yang sedang program IVF dapat melalui 2ww dengan lancar. 

Selama ET aku di rumah aja. Nggak bedrest total, tetapi hari ke 1-4 sebisa mungkin di kamar aja gogoleran, baca buku dan nonton.

Jalan hanya ke toilet atau sekitar dalam rumah saja dan aku juga nggak menerima tamu. Di minggu kedua lebih santai (karena udah agak bosan juga) jadi seringnya di sofa ruang tamu. 

Ke dapur, tetapi nggak melakukan kegiatan yang berat. Pakai kaos kaki terus. Mencoba dibawa santai (walaupun susah), banyak doa dan berserah. 

Begitulah pengalaman yang dibagikan oleh Rianti sebagai sebuah jawaban ketika sedang melalui 2ww. 

Perlu diketahui bahwa 2ww merupakan istilah atau singkatan dari 2 weeks wait. Ketika sedang menjalani prosedur IVF, momen 2 minggu ini dirasa cukup mendebarkan karena tetap harus santai dan rileks. 

Selama 2ww biasanya tubuh pun sudah mulai diperlakukan seperti orang hamil, sehingga perlu mengonsumsi makanan yang bergizi. 

Makanan yang kaya protein dan asam folat perlu menjadi prioritas selama tahapan ini nih, Ma. 

Selain tetap perlu menjaga tubuh dengan banyak istirahat dan mengonsumsi makanan bergizi, usahakan juga untuk tetap rileks agar pikiran tenang serta terhindar dari stres. 

3. Rianti ngidam jajanan Sunda saat menjalani trimester pertama 

3. Rianti ngidam jajanan Sunda saat menjalani trimester pertama 
Instagram.com/riantic

Melalui Instagram pribadinya, Rianti menceritakan bahwa kehamilan anak pertama ini merasakan ngidam. 

Sama seperti ibu hamil lain, fase ngidam pasti tidak akan pernah lepas. Bahkan hal ini seolah tak bisa ditawar dan harus dilalui selama menjalani proses kehamilan. 

Saat si Kecil terlahir, tak jarang fase ngidam selama hamil seolah menjadi pengalaman lucu untuk pasangan suami istri. Terlebih untuk ibu hamil yang termasuk ke dalam kategori ngidam unik atau aneh

Fase ngidam yang sempat dijalani oleh Rianti di trimester pertama terbilang unik. Rianti ngidam jajanan Sunda yang sudah jarang sekali ditemui di Jakarta. 

Selama trimester pertama ngidamnya jajanan Sunda, seperti bandros sama odading. Sampai beli cetakannya online dan minta tolong tanteku untuk bikinin, soalnya di Jakarta jarang ada. 

Untungnya walaupun mual dan muntah terus waktu trimester pertama, masih bisa makan dengan lahap. 

Saat hamil, ada juga yang pernah ngidam makanan Sunda seperti Rianti? 

4. Memperlihatkan baby bump saat usia kehamilan jalan minggu ke-18 

Lewat aplikasi video musik kekinian bernama Tik Tok, Rianti mulai memperlihatkan baby bump. Aplikasi yang sedang hits ini memang sedang menjadi favorit banyak orang, termasuk ibu hamil. 

When you have time on set and too much sugar. cc: @cathysharon @deblovesquats.

On a serious note, there was a time I didn’t think i’d have a baby bump. Thank you so much to everyone who has walked with us on this journey for the past 9 years. Hari ini kehamilanku pas 18 minggu 6 hari, praise God. 

Dalam ceritanya yang diunggah ke Instagram ini, Rianti mengaku masih sangat bahagia dengan keajaiban yang diberikan oleh sang Pencipta. 

Sehat-sehat terus untuk Rianti hingga proses persalinan nanti. 

Baca juga: Isi Waktu Luang, Acha Sinaga Buat Video Dance saat Hamil Tua

5. Banyak motivasi positif yang dibagikan Cas Alfonso

5. Banyak motivasi positif dibagikan Cas Alfonso
Instagram.com/riantic

Jika Mama sudah memerhatikan pengalaman Rianti dan Cas untuk bisa memiliki anggota baru di keluarganya tentu membutuhkan sebuah perjuangan. Berbagai keajaiban yang luar biasa pun datang di keluarga kecil pasangan ini. 

Cas Alfonso, suami dari Rianti pun seringkali membagikan sebuah kata-kata pengingat tentang sebuah mukjizat dari sang Pencipta. 

Kata-kata yang dituliskan dan dibagikan oleh Cas di Instagram pribadinya, bisa menjadi motivasi tersendiri serta percaya akan adanya mukjizat. 

God has prepared the best for you on the other side of fear. Walk with Him and be victorious.

The size of you miracle depends on the sire of your prayer. Pray BIG prayers. 

You prayed for a miracle, but forgot to ask for instructions after it has happened. 

Itulah beberapa rangkuman cerita yang dibagikan oleh Rianti dan Cas saat ini. Semoga keduanya bisa saling mendukung satu sama lain hingga nanti bisa bertemu langsung dengan anak pertama mereka. 

Tetap semangat!

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.