hanco

7 Manfaat Bayam Merah untuk Tubuh Ibu Hamil

Ada yang sudah tahu apa saja manfaat dari bayam merah?

15 Juli 2019

7 Manfaat Bayam Merah Tubuh Ibu Hamil
bukalapak.com/LAPAK BENIH

Berbagai jenis sayuran yang dikonsumsi selama masa kehamilan tentu memberikan banyak nutrisi untuk tubuh serta janin di dalam kandungan, salah satunya bayam merah.

Bayam jenis ini dapat tumbuh di daerah yang memiliki iklim tropis seperti Indonesia serta beberapa negara Asia lainnya. 

Saat dikonsumsi, Mama pasti akan merasa bahwa bayam merah memiliki sensasi rasa yang sedikit manis. Selama masa-masa kehamilan, bayam merah dapat diolah menjadi sebuah salad sayur atau disajikan bersama makanan lain. 

Selain itu, Mama pun dapat menjadikan bayam merah sebagai sebuah jus yang baik untuk kesehatan tubuh. Dengan berbagai olahan dari bayam merah, kali ini Popmama.com telah merangkum beberapa manfaat yang dapat dirasakan oleh tubuh ketika mengonsumsinya. 

Simak manfaat mengonsumsi bayam merah bagi kesehatan ibu hamil berikut yuk, Ma! 

1. Mengobati anemia agar tidak kekurangan darah merah

1. Mengobati anemia agar tidak kekurangan darah merah
bubhub.com.au

Ibu hamil rentan mengalami anemia apalagi ketika tubuh tidak mengandung cukup sel darah merah yang seharusnya dapat membawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh. Risiko anemia selama masa kehamilan dapat lebih tinggi saat Mama mengalami beberapa kondisi, seperti:

  • Sedang menjalani kehamilan anak kembar. 
  • Jarak kehamilan cukup dekat dari yang sebelumnya. 
  • Kurang mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi apalagi seringkali mengidap anemia sebelum hamil. 

Ibu hamil yang mengonsumsi bayam merah dapat membantu mengobati anemia apalagi kandungan zat besi di dalamnya cukup tinggi. 

Ketika ingin mengonsumsinya, Mama dapat membuat jus atau mengolah bayam merah dengan campuran makanan lainnya. 

Baca juga: 6 Penyebab Anemia pada Ibu Hamil

2. Melancarkan proses pencernaan untuk mencegah sembelit 

2. Melancarkan proses pencernaan mencegah sembelit 
Freepik

Permasalahan sembelit cukup umum terjadi saat sedang hamil. Sembelit dapat dialami oleh lebih dari 38 persen ibu hamil yang sedang mengandung, sehingga perlu memerhatikan pola makan selama kehamilan. 

Salah satu jenis makanan yang bisa dikonsumsi yaitu bayam merah. Dilansir dari Parenting FirstCry perlu diketahui bahwa sayuran yang satu ini dapat membantu sistem pencernaan menjadi lebih baik selama menjalani masa-masa kehamilan. 

Bayam merah memiliki sumber serat tinggi yang sangat baik, sehingga kinerja usus di dalam tubuh pun dapat optimal. 

Baca juga: 4 Cara Mudah Mencegah Sembelit saat Hamil

3. Mengurangi rambut rontok agar menjadi lebih sehat

3. Mengurangi rambut rontok agar menjadi lebih sehat
fleabites.net

Selama masa kehamilan seringkali perubahan hormonal seperti progesteron menyebabkan rambut lebih kering, kusam, rapuh hingga lebih rontok.

Terkadang keluhan yang terhadap kerontokan rambut cenderung lebih sering terjadi setelah kehamilan masuk trimester kedua. 

Untuk mengatasi masalah rambut ini, Mama dapat meminimalisir dengan perasan air bayam merah dengan campuran garam secukupnya. 

Jika sudah tercampur secara merata, ada baiknya diaplikasikan kurang lebih tiga kali seminggu agar rambut bisa menjadi indah dan sehat. 

Perasan air bayam ini dapat langsung diminum secara langsung atau dijadikan masker rambut secara keseluruhan. Perlu diketahui bahwa perasan air bayam ini terdapat kandungan mineral serta vitamin yang tinggi, sehingga membantu rambut lebih sehat hingga menguatkan akar rambut selama masa-masa kehamilan. 

Baca juga: Jangan Panik Dulu Ma, Inilah Penyebab Rambut Rontok saat Hamil

Editors' Picks

4. Meningkatkan kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit

4. Meningkatkan kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit
Pexels/walking photographer

Selama menjalani masa-masa kehamilan, makanan serta minuman yang dikonsumsi selama masa kehamilan perlu diperhatikan dengan baik. Apalagi nutrisi dari ibu hamil sangat penting, sehingga perlu diperhatikan karena membantu kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

Jika sebelumnya banyak ibu hamil yang mengetahui kalau daya tubuh selama hamil bisa diperkuat oleh beberapa makanan seperti telur, sup ayam, bawang putih, daging merah dan yogurt.

Namun, perlu diketahui bahwa bayam merah pun dapat meningkatkan daya tahan tubuh. 

Bayam merah mengandung tinggi akan vitamin A yang dapat membantu tubuh ibu hamil semakin stabil selama masa-masa kehamilan. 

Baca juga: Demi Nutrisi Ibu Hamil, 5 Makanan Ini Dapat Meningkatkan Imun Tubuh

5. Memperbaiki penglihatan serta kesehatan mata selama hamil 

5. Memperbaiki penglihatan serta kesehatan mata selama hamil 
Freepik/javi_indy

Memasuki trimester kedua, ibu hamil cenderung mengalami gangguan mata seperti penglihatan mudah kabur, mata terasa kering hingga mata merah. Kondisi ini wajar terjadi karena adanya perubahan hormon kehamilan serta fluktuasi tekanan darah. 

Untuk mengatasi permasalahan mata selama menjalani masa kehamilan, ada baiknya mengonsumsi bayam merah karena kaya akan vitamin A. Faktanya kebutuhan harian tubuh akan vitamin A sangat dibutuhkan karena bermanfaat untuk memperbaiki sel-sel yang rusak bahkan memperbaiki gangguan kesehatan mata. 

Baca juga: Memasuki Trimester Kedua, Waspadai 7 Gangguan Mata Pada Ibu Hamil

6. Membantu perkembangan janin menjadi lebih optimal 

6. Membantu perkembangan janin menjadi lebih optimal 
Freepik/Valeria_Aksakova

Secara umum, bayam merah mengandung beberapa jenis zat gizi yang berguna untuk tubuh selama masa kehamilan. Bayam merah sendiri memiliki kandungan protein, lemak, karbohidrat, vitamin dan mineral. 

Selain itu, kandungan folat dan betain yang terdapat pada bayam merah dapat membantu proses perkembangan serta pertumbuhan janin. Tanpa disadari bayam merah yang dikonsumsi selama hamil dapat mengurangi risiko cacat saat dilahirkan bahkan kandungannya dapat membantu anak lebih pintar. 

Banyaknya kandungan dari bayam merah dapat berguna untuk kesehatan nih, Ma. 

Baca juga: Ma, Kenali Perkembangan Janin di Fase Trimester Kedua Kehamilan

7. Sumber antioksidan yang baik untuk tubuh

7. Sumber antioksidan baik tubuh
Freepik/Yanalya

Untuk Mama yang seringkali memerhatikan kesehatan selama masa kehamilan tentunya paham kalau sumber zat antioksidan bermanfaat saat ingin menghilangkan efek dari radikal bebas. Adanya antioksidan dengan mengonsumsi makanan sehat tentu dapat meningkatkan fungsi sistem imun menjadi lebih optimal. 

Bayam merah termasuk salah satu sayuran yang menjadi sumber antioksidan. Jika dikonsumsi secara rutin, kandungan di dalam bayam merah ini dapat menangkal berbagai penyakit berbahaya seperti kanker. 

Selain itu, zat zeaxanthin di dalam bayam merah menjadi jenis antioksidan yang membantu melindungi mata dari sinar UV. 

Itulah beberapa manfaat mengonsumsi bayam merah selama masa kehamilan. Semoga informasi ini semakin membantu kesehatan terus terjaga ya, Ma!

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!