5 Kelebihan Ikan Lele sebagai Menu MPASI

Selain murah dan praktis, ikan lele mengandung banyak nutrisi lho, Ma!

10 Oktober 2019

5 Kelebihan Ikan Lele sebagai Menu MPASI
usatoday.com

Disamping memberikan ASI, Mama diperbolehkan memberikan Makanan Pendamping ASI atau MPASI saat si Kecil sudah berusia enam bulan ke atas.

Selain memberikan tambahan nutrisi, MPASI merangsang lidah dan gigi si Kecil dengan variasi rasa dan tekstur makanan. MPASI juga membiasakan si Kecil untuk makan makanan yang sehat.

Salah satu tantangan dalam memberikan MPASI adalah menentukan menu yang sehat dan bergizi tapi juga enak. Banyak menu yang bisa dipilih. Menu dengan bahan dasar ikan biasanya sangat digemari karena mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tumbuh kembang si Kecil.

Nah, jika Mama ingin membuat variasi MPASI dengan bahan dasar ikan, Mama bisa mencoba ikan lele. Meskipun banyak mitos seputar ikan ini, nyatanya lele sangat baik untuk MPASI lho, Ma.

Berikut lima kelebihan ikan lele sebagai menu MPASI yang berhasil dirangkum oleh Popmama.com.

1. Mudah ditemukan dan harganya terjangkau

1. Mudah ditemukan harga terjangkau
Unsplash/Life is fantastic

Orang Indonesia sangat menggemari ikan lele. Tidak heran ikan ini termasuk ikan yang sangat mudah ditemukan. Bahkan mungkin lebih mudah ditemukan dibandingkan jenis ikan lainnya. Mama tidak perlu repot mencarinya ke pasar-pasar tertentu.

Selain itu, ikan lele juga dijual dengan harga yang terjangkau. Hanya dengan mengeluarkan Rp 20.000 hingga Rp 30.000 Mama sudah bisa mendapatkan satu kilogram ikan lele. Sungguh solusi yang praktis dan murah meriah.

Editors' Picks

2. Mengandung banyak nutrisi

2. Mengandung banyak nutrisi
Archanaskitchen

Meskipun murah, ikan lele tidak bisa diremehkan. Ia mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh si Kecil. Sebut saja protein, Omega-3, Omega-6, dan vitamin. Protein sangat dibutuhkan untuk memperkuat sistem imun tubuh dan perkembangan sel otak si Kecil. Sedangkan Omega-3 dapat meningkatkan kecerdasan dan daya ingat si Kecil.

Ikan lele juga termasuk ikan dengan kandungan lemak dan kalori yang rendah lho, Ma. Dalam 100 gram ikan lele saja hanya terdapat 122 kalori dan 6.1 gram lemak. Meski demikian, tetap batasi porsi makan ikan lele agar tidak berlebihan ya, Ma.

3. Memiliki kandungan merkuri yang rendah

3. Memiliki kandungan merkuri rendah
news.utexas.edu

Merkuri adalah sejenis logam berat yang dihasilkan dari aktivitas pabrik maupun rumah tangga. Logam ini banyak ditemukan pada jenis ikan laut karena banyaknya limbah yang dialirkan ke laut.

Merkuri sangat berbahaya bagi tubuh. Ia dapat memicu keracunan merkuri hingga kerusakan saraf. Angka resiko ini pun lebih tinggi pada bayi dan anak-anak.

Untungnya, ikan lele adalah salah satu ikan dengan kandungan merkuri yang rendah. Jadi Mama tidak perlu khawatir memberikan ikan lele sebagai menu MPASI.

4. Praktis dan mudah diolah

4. Praktis mudah diolah
Pexels/Amsw Photography

Ikan lele bisa dijadikan pilihan saat Mama tidak punya waktu yang banyak untuk menyiapkan MPASI. Pasalnya ikan ini sangat mudah diolah. Mama hanya perlu mencuci ikan hingga bersih, membuang kulit dan duri, lalu mengukus dagingnya. Durinya pun mudah diangkat sebab lele hanya memiliki tulang besar di tengah dan tulang kecil di bagian siripnya yang langsung semua terangkat saat sirip dibuka.

Salah satu menu yang bisa dicoba adalah bubur ikan lele. Campurkan daging ikan lele yang sudah dikukus dengan bubur, lalu tambahkan wortel dan tempe sebagai variasi. Bubur ikan lele pun sudah siap disajikan.

Selain bubur, ada banyak menu MPASI ikan lele yang bisa dicoba. Mama tidak perlu takut kehabisan ide!

Baca juga: Kumpulan Resep MPASI Berbahan Lele yang Penuh Gizi dan Lezat

5. Rasanya enak dan gurih

5. Rasa enak gurih
Unsplash/Kazuend

Rasa adalah salah satu faktor penting dari sebuah makanan. Faktor ini akan menentukan apakah makanan tersebut akan dimakan dengan lahap atau tidak. Tidak hanya si Kecil, Mama pun pasti kurang lahap jika rasa makanan yang ada kurang enak.

Untuk masalah ini, Mama tidak perlu khawatir. Pasalnya ikan lele sudah terkenal dengan rasanya yang enak dan gurih. Mama sendiri mengakuinya kan?

Menyajikan menu MPASI dengan bahan dasar ikan lele dijamin akan membuat si Kecil lebih lahap. Bahkan tidak hanya sebagai bahan dasar, ikan lele juga bisa digunakan untuk menambah cita rasa pada menu MPASI lain yang terasa hambar.

Itu dia lima kelebihan ikan lele untuk menu MPASI. Jadi, apa resep MPASI ikan lele mama hari ini?

Baca juga:

Topic:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.