Lewat Pinterest, Raisa Mencari Referensi Gendongan Bayi untuk Zalina

Kira-kira Raisa memilih jenis gendongan bayi seperti apa ya, Ma?

9 April 2019

Lewat Pinterest, Raisa Mencari Referensi Gendongan Bayi Zalina
Instagram.com/raisa6690

Nama Raisa Andriana mungkin termasuk sosok artis yang jarang membicarakan soal kehidupan pribadinya ke publik, termasuk momen persalinan hingga keseharian dari Zalina Raine Wyllie.

Meskipun sempat tertutup dan belum membagikan banyak cerita mengenai putri kecilnya. Tepat pada (2/3/2019) lalu, untuk pertama kalinya Raisa mengunggah foto Zalina. 

Jika diperhatikan di Instagram pribadinya ada foto tangan Zalina yang seolah bertumpu di atas telapak tangan Raisa dan telapak Hamish Daud. Wajah menggemaskan dari putri pertama pasangan ini pun sedikit terlihat. 

Walau cukup menutup kehidupan pribadinya, Raisa termasuk orangtua yang memerhatikan kebutuhan Zalina termasuk cara menggendong. Popmama.com sempat mengikuti akun Pinterest dari Raisa dan menemukan beberapa jenis gendongan yang ingin diterapkannya. 

Untuk Mama yang ini mengetahui jenis gendongan bayi pilihan Raisa untuk Zalina, Popmama.com sudah merangkumnya berdasarkan referensi Pinterest pribadinya.

Penasaran apa saja? Disimak yuk, Ma!  

1. Gendongan jenis Stretchy Wrap

1. Gendongan jenis Stretchy Wrap
Pinterest.com/raisa6690

Melalui akun Pinterest pribadinya terlihat sekali kalau Raisa sering mencari berbagai referensi untuk berbagai hal, salah satunya untuk urusan anak. Jika Mama perhatikan di salah satu folder Pinterest bernama baby milik Raisa pasti akan melihat beberapa referensi detail foto yang sudah disimpannya. 

Salah satunya video yang tersimpan memperlihatkan seorang perempuan sedang memperagakan membuat gendongan bayi jenis stretchy wrap. Perlu diketahui kalau stretchy wrap adalah salah satu jenis gendongan berbahan dasar kain katun lembut yang cukup elastis. 

Stretchy wrap termasuk jenis gendongan yang cocok untuk bayi baru lahir. Bahkan jenis ini termasuk dalam kategori yang aman karena mampu menahan beban bayi dengan berat badan 7 hingga 8 kg. 

Selain itu, stretchy wrap dapat memberikan kehangatan tersendiri karena bahannya cukup elastis dan dapat menutupi seluruh tubuh si Kecil. Hal inilah yang membuat jenis gendongan ini cukup booming serta hampir dipakai oleh semua para Mama saat baru melahirkan.  

Namun, stretchy wrap kurang cocok bila dipakai dalam waktu lama karena mudah melorot. Maka dari itu, Mama tidak bisa menggunakan jenis gendongan ini terlalu lama apalagi jika tubuh si Kecil cukup berat.

Baca juga: Kompak! Raisa dan Syahrini Unggah Foto Momen Membahagiakan

Editors' Picks

2. Gendongan jenis Meh Dai

2. Gendongan jenis Meh Dai
Pinterest.com/raisa6690

Saat mencari jenis gendongan untuk putri pertamanya, Raisa tidak hanya menyimpan sebuah video pengaplikasian stretchy wrap kepada seorang bayi saja. Istri dari Hamish Daud ini juga menyimpan salah satu foto yang merupakan referensi gendongan jenis meh dai. 

Meh dai termasuk adaptasi modern dari jenis gendongan tradisional dari masyarakat Tiongkok. Penggunaan gendongan ini membuat beban terbagi pada kedua bahu, pinggang serta punggung. Cocok sekali digunakan untuk menggendong bayi yang baru lahir. 

Perlu diketahui bahwa meh dai memiliki dua kain pengikat yang diikatkan pada pinggang dan dua kain pengikat lainnya diikatkan melewati pundak. Meh dai dapat digunakan untuk gendongan depan atau belakang . 

Itulah dua jenis gendongan yang sempat dijadikan referensi oleh Raisa agar bisa diaplikasikan oleh putri pertamanya.

Kira-kira kapan Raisa banyak bercerita mengenai kesehariannya bersama Zalina melalui Instagram pribadinya ya, Ma?

Baca juga: Pasca Raisa Melahirkan, Hamish Daud Mengubur Ari-Ari Anak Pertamanya

Tips Memilih Gendongan Bayi yang Aman dan Nyaman

Tips Memilih Gendongan Bayi Aman Nyaman
Unsplash/Derek Owens

Popmama.com sudah pernah membahas bagaimana cara memilih gendongan bayi. Penelitian mengatakan bahwa gendongan yang aman dan nyaman dapat menenangkan bayi agar tidak mudah rewel. Bahkan sebuah gendongan dapat membangun ikatan batin yang erat antara orangtua bersama anaknya. Sebelum menggendong anak, Mama perlu menerapkan beberapa tips ini seperti:

1. Pilih tipe gendongan yang sesuai

Setiap orangtua tentu menerapkan jenis gendongan yang berbeda-beda, apalagi ada banyak tipe gendongan di luar sana. Tipe-tipe gendongan yang perlu diketahui, seperti:

  • Hipseat
  • Meh dai
  • Stretchy wrap
  • Woven wrap
  • Ring sling
  • Pouch sling
  • Narrow based carrier
  • Soft structure carrier

Sebenarnya Mama dibebaskan untuk memilih jenis gendongan apa saja yang dapat diterapkan ke si Kecil. Usahakan untuk selalu mengutamakan kenyamanan serta keamanan bayi dalam setiap jenis gendongan yang akan digunakan. 

2. Mencoba terlebih dahulu saat membeli 

Gendongan bayi tentu menjadi sebuah kebutuhan dasar yang diperlukan saat memiliki seorang anak. Namun, usahakan untuk tidak asal membeli. Pastikan untuk memilih bahan gendongan yang tidak terlalu panas dan mudah untuk dicuci. 

Saat ingin membeli, Mama juga perlu mencoba terlebih dahulu berbagai jenis gendongan bayi yang ada. Pastikan juga untuk mencari tahu terlebih dahulu cara menggunakannya. Bila merasa terlalu sulit saat pengaplikasian, ada baiknya untuk mengganti jenis gendongan yang lain. 

Usahakan tidak terlalu memaksa jika jenis gendongan tersebut kurang nyaman ya, Ma. 

3. Selalu mengetahui cara menggendong bayi yang tepat

Perlu diingat kalau kenyamanan serta keamanan bayi saat digendong menjadi hal utama. Meskipun begitu, Mama juga perlu benar-benar nyaman saat menggendong si Kecil dengan berbagai aktivitas.

Pastikan kalau postur tubuh saat menggendong bisa mantap dan tidak terganggu sama sekali, seperti ketika sedang berdiri, berjalan, bergerak hingga saat duduk menggunakan jenis gendongan yang sudah dipilih. 

Itulah beberapa tips dalam memilih gendongan bayi yang aman dan nyaman dapat memberikan pengetahuan baru. Semoga memberikan inpirasi dan bisa diterapkan untuk si Kecil!

Baca juga: 7 Bahaya yang Perlu Mama Tahu Saat Gunakan Gendongan Bayi Hadap Depan

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;