7 Rekomendasi Merek Obat Pilek untuk Bayi

Pastikan berikan bayi obat pilek yang sesuai dengan dosisnya ya, Ma

17 Oktober 2021

7 Rekomendasi Merek Obat Pilek Bayi
Freepik/Kay4yk

Bayi sangat rentan terkena pilek karena sistem kekebalan tubuhnya belum sekuat orang dewasa. Apalagi saat musim pancaroba perubahan suhu udara sangat berpengaruh pada tubuh.

Pilek pada anak biasanya ditandai dengan hidung tersumbat, tenggorokan sakit dan bersin-bersin.

Hal ini tentunya akan membuat bayi merasa tidak nyaman sehingga mengganggu pola makan dan pola tidurnya.

Oleh karena itu, Mama perlu sigap dalam mengatasi pilek pada si Kecll.

Saat ini, banyak sekali obat pilek yang dijual di apotek atau e-commerce yang memiliki kandungan bermacam-macam. Mama bisa memilih obat batuk yang sesuai dengan usia dan gejala yang dialami bayi.

Nah, kali ini Popmama.com telah merangkum beberapa rekomendasi merek obat pilek untuk bayi. Langsung saja intip produknya yuk, Ma!

1. Actifed Syrup Orange Pilek & Batuk

1. Actifed Syrup Orange Pilek & Batuk
Farmaku.com

Penyebab pilek pada bayi bisa bermacam-macam, salah satunya adalah alergi.  Actifed dapat meredakan gejala rinitis alergi, flu, dan selesma pada bayi. Obat ini mengandung Pseudoefedrin HCl dan Triprolidine yang mampu meredakan gejala pilek pada bayi sehingga ia bisa bernapas lega kembali.

Obat ini tersedia dalam bentuk sirup 60 ml yang dijual di apotek atau e-commerce dengan kisaran harga Rp 81.700.

2. Bodrexin Pilek Alergi PE

2. Bodrexin Pilek Alergi PE
Dok. Bodrexin

Gejala alergi akan sangat mengganggu anak karena ia akan sering bersin-bersin setiap waktu. Nah, jika si Kecil pilek disebabkan oleh alergi, Mama bisa memberikan obat yang khusus untuk meringankan pilek alergi dan bersin-bersin pada bayi. 

Bodrexin Pilek Alergi PE memiliki kandungan phenylephrine yang aman sebagai dekongestan dan membantu melegakan hidung tersumbat. Obat ini tersedia dalam bentuk sirup 56 ml dengan rasa jeruk yang disukai anak-anak. Mama bisa membeli obat ini di apotek atau e-commerce dengan kisaran harga Rp 10.500.

Editors' Picks

3. NatraBio Children C & F

3. NatraBio Children C & F
Dok. Natural Farm

Dalam memilih obat untuk dikonsumsi bayi, sebaiknya pilih yang terbuat dari bahan alami dan tidak mengandung alkohol. NatraBio Children C & F (Cold & Flu) dapat menjadi pilihan Mama karena merupakan salah satu obat yang terbuat dari bahan alami sehingga lebih aman untuk bayi.

Obat ini dapat membantu meredakan gejala flu pada anak-anak seperti  hidung tersumbat, sakit tenggorokan, bersin-bersin, ingusan, sakit kepala, demam dan terkadang disertai mual dan muntah. Mama bisa mendapatkan obat ini di e-commerce dengan kisaran harga Rp 320.000 dengan ukuran 30 ml.

4. OBH Combi Batuk Plus Flu Anak

4. OBH Combi Batuk Plus Flu Anak
Shopee.co.id

Biasanya anak akan lebih mudah meminum obat yang memiliki rasa yang enak dan manis. OBH Combi Batuk Plus Flu Anak merupakan obat batuk dan flu yang tersedia dalam empat pilihan rasa yang disukai anak-anak, yaitu strawberry, madu, jeruk dan apel.

Obat ini mengandung paracetamol dan chlorphenamine maleate yang dapat melegakan hidung bayi. Obat ini bisa didapatkan di apotek atau e-commerce dengan kisaran harga Rp 18.900.

5. Panadol Anak dengan Paracetamol

5. Panadol Anak Paracetamol
Dok. Panadol

Paracetamol dikenal dapat meredakan gejala yang biasanya dialami oleh orang yang menderita flu, seperti demam, sakit kepala, serta badan nyeri atau pegal-pegal. Panadol Anak mengandung bahan aktif paracetamol 100mg/ml yang dapat membantu meredakan demam pilek pada bayi. 

Obat ini tersedia dalam bentuk sirup dengan rasa cherry vanilla yang disukai anak. Mama bisa membeli obat ini di apotek atau e-commerce dengan kisaran harga Rp 35.600 dengan ukuran 15 ml.

6. Pim-Tra-Kol Sirup

6. Pim-Tra-Kol Sirup
HDmall.id

Pim-Tra-Kol merupakan obat bayi yang mengandung zat aktif paracetamol, guaifenesin, ephedrine HCl, dan chlorpheniramine maleat yang dapat meringankan gejala flu seperti hidung tersumbat, sakit kepala, demam, dan bersin-bersin yang disertai dengan batuk. 

Obat ini berbentuk sirup dengan ukuran 60 ml. Selain itu, obat ini tersedia dengan rasa cherry, melon, dan juga lemon yang disukai anak-anak. Mama bisa membeli obat ini di e-commerce atau apotek terdekat dengan kisaran harga Rp 15.000.

7. Traminic Pilek

7. Traminic Pilek
Blibli.com

Triaminic Pilek merupakan obat sirup untuk meringankan gejala flu seperti hidung tersumbat dan bersin-bersin yang disebabkan oleh alergi pada saluran pernapasan atas bayi.

Obat ini mengandung pseudoephedrin yang bekerja sebagai nasal dekongestan untuk mengurangi pembengkakan dan penyumbatan pada hidung bayi.

Obat ini juga mengandung chlorpheniramine maleate (CTM) untuk mengobati gejala alergi seperti rhinitis dan urtikaria.

Mama bisa membeli obat ini di apotek atau e-commerce dengan kisaran harga Rp 82.900 dengan ukuran 60 ml.

Nah itulah beberapa rekomendasi obat untuk meredakan pilek pada bayi. Untuk anak di bawah usia 2 tahun, sangat disarankan untuk berkonsultasi pada dokter sebelum memilih obat.

Merek obat pilek untuk bayi di atas mungkin bisa jadi pilihan, tapi tetap konsultasikan pada dokter anak terlebih dulu ya, Ma. Selalu ingat bahwa kesehatan si Kecil merupakan hal yang perlu diutamakan ya, Ma! Semoga informasi ini membantu.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.